Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boykeadamAvatar border
TS
boykeadam
Transaksi Online akan Dipajaki, Pedagang: Belum Tepat Waktunya
Transaksi Online akan Dipajaki, Pedagang: Belum Tepat Waktunya

Jakarta - Pemerintah berencana mengenakan pajak e-commerce. Wacana ini pun menimbulkan pertanyaan, tepatkah pengenaan pajak saat industri e-commerce baru tumbuh berkembang di Indonesia?

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Aulia Ersyah Marinto memandang, saat ini belum tepat untuk menerapkan pajak e-commerce. Meskipun boleh saja jika pemerintah mau berwacana dari sekarang.

"Sekarang ini waktu yang tepat untuk berwacana, belum waktu yang tepat untuk menerapkannya," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Rabu (21/2/2018).

Apalagi, kata Aulia, saat ini belum ada data yang kredibel tentang dunia e-commerce. Pihaknya bersama Badan Pusat Statistik (BPS) masih melakukan tahap pengumpulan data.

"Tentunya pajak atau apapun regulasinya harus menunggu survey dong. Setelah itu dilihat perkembangannya. Jadi kalau kapan tepatnya agak terbuka jawabannya, ya kita bilang beberapa tahun ke depan," tuturnya.

"Tapi kalau ingin berwacana dan melihat bagaimana kelak menarik pajak, ya dengan senang hati dari sekarang kita obrolin," tambahnya.

Meski begitu, pria yang juga menjabat sebagai CEO Blanja.com ini menyambut baik sikap pemerintah yang juga ingin memajaki transaksi jual beli via media sosial. Dengan begitu ada kesetaraan di dalam ranah bisnis online.

"Cobalah cari solusinya yang setara perlakuannya. Semua platform, marketplace, media sosial, instant messaging juga dikenakan. Kami menyambut baik," tutupnya

SUMBER
0
999
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.