Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

shadrulyonsAvatar border
TS
shadrulyons
Menyikapi Kesalahan Pemimpin (For all the people in Indonesia)
Pemimpin adalah manusia biasa yang mempunyai kekurangan atau tidak sempurna, baik yang berkonsekuensi dosa atau tidak. Namun sayang, banyak orang melupakan kodrat ini. Mereka menuntut pemimpin mereka sempurna dan dicintai semua rakyatnya. Sebuah tuntutan yang memaksakan seseorang pemimpin untuk sempurna dalam mengurus rakyat atau bidang tertentu lainnya. Berawal dari tuntutan berlanjut kekecewaan akhirnya berujung pembangkangan. Pada akhirnya, terjadi saling menyalahkan antara pemimpin dan rakyat itu sendiri. Semoga Allâh melindungi kita semua dan seluruh pemimpin kaum Muslimin dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski manusia biasa namun seorang pemimpin memiliki kedudukan tersendiri dalam syari’at Islam, sehingga dia harus didengar ucapannya dan ditaati. Kewajiban ini terus melekat walaupun sang pemimpin berbuat kezhaliman dan melakukan penyimpangan, walaupun dia berbuat kefasikan dan kemaksiatan, selama tidak sampai kepada kekufuran dan selama perintahnya bukan untuk maksiat. Jika dia menyuruh melakukan perbuatan maksiat, maka tidak boleh ditaati. Allâh berfirman:


يَا أَيهَا الذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللهَ وَأَطِيعُوا الرسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ ۖ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدوهُ إِلَى اللهِ وَالرسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ ذلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allâh dan taatilah Rasul(-Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allâh (al-Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allâh dan hari kemudian. Yang demikian itu adalah lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS. An-Nisa’/4: 59).

RasûlullâhShalallahu alaihi wasallam bersabda:

عَلَيْكَ السمْعَ وَالطاعَةَ فِى عُسْرِكَ وَيُسْرِكَ وَمَنْشَطِكَ وَمَكْرَهِكَ وَأَثَرَةٍ عَلَيْكَ


Kewajibanmu mendengar dan taat (kepada pemimpin) dalam keadaan engkau susah atau mudah, engkau suka atau engkau, dan mementingkan penguasa atau dirimu. (HR. Muslim)


Dalam menyikapi berbagai kesalahan yang dilakukan oleh penguasa, baik dalam bentuk ketetapan atau keputusan, perkataan maupun perbuatan yang menyelisihi syariat, maka RasûlullâhShalallahu alaihi wasallam telah memberikan petunjuk dalam sabda Beliau :




إِنهَا سَتَكُونُ بَعْدِى أَثَرَةٌ وَأُمُورٌ تُنْكِرُونَهَا قَالُوا يَا رَسُولَ اللهِ كَيْفَ تَأْمُرُ مَنْ أَدْرَكَ مِنا ذَلِكَ قَالَ تُؤَدونَ الْحَق الذِى عَلَيْكُمْ وَتَسْأَلُونَ اللهَ الذِى لَكُمْ

Sesungguhnya setelahku akan terjadi monopoli hak dan perkara-perkara (pada penguasa-penguasa) yang kamu akan mengingkarinya. Para sahabat bertanya, “Apakah yang anda perintahkan kepada orang di antara kami yang mendapati hal itu?” Beliau menjawab, “Kamu tunaikan kewajibanmu dan kamu meminta hakmu kepada Allâh”. (Muttafaq ‘alaihi).

Dari petunjuk Nabi Shalallahu alaihi wasallam ini, rakyat berkewajiban menunaikan hak-hak penguasa dengan mentaatinya dalam perkara yang bukan maksiat serta mendo’akan kebaikan untuknya, tidak membangkang serta tidak melakukan pemberontakan.


Ketaatan yang sesuai dengan ketentuan syariat kepada pemimpin atau penguasa merupakan bentuk realisasi keimanan dan ketakwaan kepada Allâh Subhanahu wa Ta’ala , asasnya ikhlash bukan karena tamak terhadap dunia. Jika ini faktanya, maka pahala dari Allâh pasti akan didapatkan dan keberkahan Allâh akan turun menyapa bumi. Allâh Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya,


وَلَوْ أَن أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلكِنْ كَذبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ


“Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, niscaya Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sebagai akibat perbuatan mereka.


(QS. Al-A’raf/7:96)



Penguasa adakalanya orang baik, tapi terkadang juga sebaliknya. Jika dia orang baik, maka alhamdulillah, namun seandainya ada penguasa yang sudah divonis keluar dari Islam oleh para Ulama, maka diperbolehkan keluar dari ketaatannya dengan syarat memiliki kemampuan dan tidak menimbulkan mafsadat (kerusakan) yang lebih besar bagi umat Islam. Di sini, kita diuji, seberapa besarkah sesungguhnya keimanan kita kepada Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya!
Semoga Allâh  senantiasa melimpah kebaikan kepada para pemimpin kaum Muslimin dan kaum Musilmin.


 
Diubah oleh shadrulyons 22-02-2018 01:44
0
1.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.