• Beranda
  • ...
  • Games
  • “MENGENANG GAME HARVEST MOON BACK TO NATURE”

bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
“MENGENANG GAME HARVEST MOON BACK TO NATURE”


Untuk kamu yang merasa anak 90-an, pasti pernah mengenal bahkan memainkan game “Harvest Moon Back Too Nature”, game yang biasa dimainkan oleh saya di PS 1 ini memang memiliki kenangan yang mendalam.
     Mudah dimainkan, dan memiliki misi yang unik membuat game ini sangat cepat untuk digemari dan bahkan banyak orang yang tidak bisa move on setelah memainkannya, termasuk saya hehehe...
       Dan untuk kamu yang belum mengenal mengenai game ini, saya akan bercerita sedikit mengenai game legend ini.
      “Kamu akan diminta memainkan tokoh bernama Jack(bisa diganti namamu sendiri), dia merupakan pewaris dari kebun kakeknya yang sudah meninggal.
       Sebelumnya kamu pernah berkunjung ke kebun kakekmu, dan membantunya untuk mengurus kebun yang besar, bermain dengan Sapi, Kuda, Anjing dan dikejar Ayam adalah kebiasaanmu selama di kebun kakek.
         Suatu waktu kamu merasa bosan dan pergi ke kebun di dekat gunung, dan tidak sengaja kamu bertemu dengan seorang gadis seusiamu disana, dan mulailah kamu dan dia menjadi sahabat( itulah jodohmu nanti).
       Namun masa-masa bahagiamu harus berakhir karena kamu harus kembali ke kota, dan sebelum kamu pergi,  gadis itu memintamu berjanji untuk kembali.
       Setelah hampir sepuluh tahun kamu pun menepati janjimu dan kembali ke kebun kakekmu, namun disana ternyata akan dibangun taman bermain, jika kebun kakekmu tidak dirawat.
       Maka wali kota pun memintamu untuk tinggal dan merawat kebun kakekmu yang terkenal tersebut, dan agar kebun kakekmu tidak digusur untuk dijadikan taman bermain.
     Kamu pun setuju, karena kamu juga tidak mau kenanganmu di masa kecil terkubur, dan juga mencari keberadaan gadis kecil itu sekarang, dan kamu di beri waktu tiga tahun saja untuk merawat kebun kakekmu yang sekarang menjadi milikmu.
     Jika tiga tahun kamu gagal maka kamu akan diusir dan kebunmu akan dijadikan taman bermain oleh salah satu perusahaan.”
 
     Lalu apa yang bisa membuatmu bertahan ? sebenarnya banyak faktor yang membuatmu dapat bertahan.
       Di awal game ini kamu hanya akan diberi uang 500 gold, seekor Anjing, kebun luas, kandang ayam, kandang sapi dan domba, dan kandang kuda.
        Sapi, domba dan Ayam bisa kamu beli, namun untuk Kuda kamu akan dapat percuma dari Penjual Sapi dan Domba (Barley).
      Tips untuk mendapatkan Kuda adalah kamu siapkan terlebih dahulu uang untuk membeli sikat di Blacksmith atau Pandai Besi dengan harga 800 gold, setelah membeli sikat kamu bisa datang ke Barley tanggal 4-8  di Musim Semi pertama, pukul 08.00-10.00 AM.
     Nanti kamu akan menemui event dimana kamu akan mendapati Barley dan cucunya sedang bingung karena tempat mereka penuh dan tidak dapat memelihara kuda lagi.
     Maka Barley berpikir untuk memberikannya kepadamu, dan disanalah kamu akan mendapat Kuda dengan kamu memberi nama sendiri.
      Lalu bagaimana cara agar mendapat uang ? diawal game kamu akan di datangi oleh Zack dialah pengepul barang jualanmu, Ingat !!! tidak semua barang bisa dijual disini !!!.
      Disinilah trik untuk memulai game dengan mendapat hasil banyak lebih cepat !!!.
 
·        


       PERTAMA KAMU KUMPULKAN SEMUA BENDA YANG BISA DIJUAL DI PAGI HARI
     Sembari menunggu supermaket buka ( pukul 09.00 AM) maka sebaiknya kamu mengambil jenis barang yang bisa dijual ( biasanya terletak di pemandian dan dekat Rumah Gotz) lalu dimasukan di peti yang sudah disediakan.
     Jika dirasa masih ada waktu, kamu bisa menambang ( di gua waktu otomatis berhenti) biasanya tas hanya muat 2 ditambah 1 untuk dipegang diatas topi.
     Jika sudah mendapat 3 barang tambang segera di masukan ke peti, dan pergi menuju ke Supermarket,
·         HABISKAN UANG UNTUK MEMBELI BIBIT
     Diawal game, kamu fokuskan pada mencari uang, dan mendekatkan diri ke penduduk, untuk meraih juara festival bisa di lakukan di tahun kedua (Masak, Lomba Balap Kuda dsb. Yang memerlukan dana).
     Nah, diawal game uang 500 G hanya dapat untuk membeli bibit tanaman di supermarket, saran saya sih habiskan uang untuk beli bibit yang dapat dipanen dalam waktu singkat jangan membeli cucumber atau mentimun karena walaupun bisa dipanen berkali-kali tetapi lama.
      Kentang adalah solusinya, karena butuh waktu yang lebih cepat dan dijual juga harganya lumayan.
·         GUNAKAN TIPE MENANAM BIBIT SEPERTI DIBAWAH INI

     CATATAN : UNTUK WARNA COKLAT ADALAH TANAH YANG DITANAMI ATAU YANG DI CANGKUL

·         BELI AYAM
     Setelah satu kali panen, biasanya uang yang terkumpul bisa untuk membeli Ayam, jadi usahakan menabung ya !!! dan beli pakan ayam juga agar ayammu tidak mati.
     Ayam sangat berguna untuk menambah pundi-pundi penghasilanmu, namun jangan buru-buru menjual telur.
     CATATAN: usahakan untuk menetaskan telur-telur sampai kandang penuh, di setiap proses penetasan memerlukan waktu 3 hari, jadi selama tiga hari telurmu bisa dijual untuk menambah penghasilan.
 
·         BERSAHABAT DENGAN BARLEY DAN DAPATKAN KUDA
    Tips untuk mendapatkan kuda sudah saya bahas di atas, kamu bisa memiliki kuda dengan mendatangi Yodel Farm di pagi hari.
     CATATAN : beli terlebih dahulu sikat di pandai besi.
·         BELI TAS
      Selanjutnya adalah membeli tas, sehingga kamu bisa menyimpang barang-barang lebih banyak dan akan memudahkan kinerja kamu.
   
     Jka semua sudah dilakukan, dan konsisten dalam mengerjakannya, maka di akhir bulan kamu sudah punya lima ekor aya, satu Sapi/Domba, dan kuda.
      Juga jangan lupakan kebunmu, karena hasil panen dari kebun sangat besar, disanalah sebenarnya penghasilanmu bisa didapat berlipat-lipat.
      Selain berkebun dan bercocok tanam, kamu juga bisa menambang, walaupun sebenarnya saya sendiri sangat jarang menambang kalaupun menambang itu hanya 3-6 barang tambang aja sehari, karena menurut saya menambang itu memang penghasil uang secara mudah dan gratis namun juga menghabiskan tenaga banyak.
 
        Harvest Moon BTN memang banyak kenangannya, walaupun ada beberapa versi terbaru dari game ini, namun untuk pecinta Harvest Moon BTN , game versi ini sangat menyenangkan dan berkesan.
      Saya sendiri pun sudah sering memainkannya, bahkan saya ulang-ulang untuk menjajal menikahi beberapa perempuan di desa hehehe..
      Baiklah mungkin itu dulu yang bisa saya bahas, mungkin kapan-kapan bisa saya update lagi atau temen-temen jika punya masukan bisa di kirim di komentar.
Jika ada kritik ataupun saran jangan dipendam hehe, langsung sampaikan saja melalui email : bejocorner11@gmail.com
 
SELAMAT BERNOSTALGIA GAMER MASA LALU !!!


0
6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.