Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Percaya gak sih kalau sebenarnya teknologi itu makin murah ?
Halo agan dan sista sekalian, semoga yang masih cari kerja segera mendapat pekerjaan yang diidamkan. Pada setuju gan kalau semakin hari teknologi itu semakin berkembang. Teknolgi dalam mempermudah kehidupan manusia berkembang jauh lebih efektif jika kita sejenak melihat kebelakang.Tapi terkadang kita belum bisa menggunakan teknologi terbaru karena harga yang sangat tinggi. Tapi apakah agan dan sista sadar kalau teknologi itu sebenarnya makin murah ? Coba saja lihat harga Apple Macintosh PowerBook yang dibanderol $2,299 pada awal peluncurannya tahun 1991. Bandingkan dengan laptop sekarang yang jauh lebih bagus dengan harga yang lebih murah. Nah, apa sih yang membuatn teknologi itu makin murah. Yuk, kita bahas sama - sama.

Percaya gak sih kalau sebenarnya teknologi itu makin murah ?


1. Memang sebagai tujuan

Spoiler for Mulus:


Salah satu tujuan utama teknologi adalah mempermudah kehidupan manusia. Dari hal tersebut bisa dirumuskan kalau seharusnya semakin lama teknologi harus semakin efisien. Untuk apa menciptakan teknologi jika ternyata tidak lebih efisien daripada teknologi yang sudah ada dari segi harga maupun kegunaan. Mungkin secara harga akan lebih mahal. Tetapi secara nilai guna pastinya akan lebih besar.

2. Sudah banyak produsen

Spoiler for Mulus:


Mungkin pada awalnya teknologi baru akan terasa sangat mahal. Sebut saja monitor beresolusi 4K yang pada awal peluncurannya berharga lebih dari sepuluh juta rupiah. Bandingkan dengan sekarang dimana monitor 4K bisa didapat dengan harga kurang dari lima juta rupiah. Pada kenyataannya, semakin banyak supply, maka harga akan semakin tertekan. Sah - sah saja untuk menjadi seorang early adopter. Tetapi ane pribadi lebih memilih menjadi golongan mainstream dan mulai berpikir mengadopsi teknologi ketika harganya sudah mencapai equilibrium.

3. Perkembangan teknologi itu sendiri

Spoiler for Mulus:


Teknologi yang lama tentunya akan terganti dengan teknolgi yang baru. Nah, tentunya dengan teknologi baru yang akan menjadi mainstream nantinya, teknologi yang sebelumnya pun akan menjadi lebih murah. Apalagi teknologi tersebut berkembang dengan pesat. Tidak jarang lho, teknologi lama pun masih bisa dipakai untuk kebutuhan waktu itu meskipun ada teknologi baru yang sudah keluar. Tidak sedikit juga yang berpikir bahwa teknologi yang lama akan lebih efisien karena menimbang faktor harga, suku cadang, tenaga manusia, dan lain - lain.

*****


Nah, dari poin - poin di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa harga teknologi bukan semakin mahal melainkan semakin murah. Adopsi teknologi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Tujuan teknologi adalah membantu kehidupan kita bukan malah menyusahkan. Sekian dulu dari ane, terima kasih sudah sudi mampir dan membaca. Kalau agan dan sista berkenan menambah atau mengoreksi silahkan sampaikan di kolom komentar.

Ane dengan senang hati menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Polling
0 suara
Percaya gak gan ?
0
10.9K
80
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.