Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional

lpdpAvatar border
TS
lpdp
4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional
Film psychological thriller merupakan salah satu sub-genre dari thriller. Cerita dalam genre ini beralur menegangkan, penuh misteri, dan bahkan tak jarang penuh dengan darah-darah. Namun, dalam genre film ini selalu ada sosok peran utama yang mempermainkan unsur psikologi untuk membangun atmosfer thriller itu sendiri.

Shutter Island, Momento, Fight Club, dan Black Swan adalah beberapa dari sekian banyak film dengan genre psychological thriller. Nah, tapi, selain film buatan luar, ternyata Indonesia juga menyumbang kontribusi yang cukup unggul lho di film genre ini. Yuk simak berbagai film psychological thriller karya anak bangsa yang wajib kamu tonton!

Modus Anomali (2012)

4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional

Film arahan Joko Anwar ini memang miliki jalan cerita yang cukup rumit dan kompleks untuk diikuti. Namun, bukan berarti membuatmu pusing. Justru, sisi kelam yang dibalut dengan kepingan puzzle-puzzle misteri ini akan membuatmu betah menonton film yang memiliki judul internasional Ritual ini karena rasa penasaran.

Pada saat genre film horor sedang melemah, Modus Anomali datang sambil membawa genre yang menantang dan film yang membuat semua orang penasaran. Tak heran, Modus Anomali berhasil menjadi salah satu film terbaik Indonesia. Bahkan, Modus Anomali berhasil menyabut sejumlah prestasi di kancah internasional, mulai dari Bucheon Award di Network of Asian Fantastic Award (NAFF) dan melakukan World Premiere di Festival South by Southwest (SXSW) di Austin tahun 2012 lalu.





Killers (2014)

4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional

Film yang disutradarai oleh The Mo Brothers, sineas yang juga membuat karya Rumah Dara ini memberikan suatu hal yang berbeda. Saat Rumah Dara merupakan film horror-slasher, film ini bertema psychological thriller yang menampilkan Oka Antara yang menjadi orang “sakit” lantaran gagal di pekerjaan dan juga gagal dalam hubungan keluarga.

Film yang dirilis tahun 2014 lalu ini sudah mendapatkan banyak penghargaan bergensi, mulai dari official selection di Festival Film Sundance.







Fiksi (2008)

4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional

Film tentang Alisha yang diperankan oleh Ladya Cheryl ini pasalnya merupakan salah satu film yang bercerita tentang cinta segitiga. Namun, yang menjadikannya lebih seru lagi adalah saat Alisha yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan cinta pujaannya, baik dengan melakukan pembunuhan. Tentunya, pembunuhan yang dilakukan Alisha ini merupakan pembunuhan dengan cara halus.

Film yang disutradarai oleh Mouly Surya ini juga tak kalah unggul dalam dunia perfilman, yaitu mendapatkan penghargaan tertinggi dalam Festival Film Indonesia tahun 2008 lalu sebagai film terbaik. Selain itu, ia juga masuk sebagai official selection di Pusan International Film Festival dan World Film Festival Bangkok tahun 2008 lalu.





Pintu Terlarang (2009)

4 Film Psychological Thriller Buatan Indonesia Kelas Internasional

Kalau ngomongin soal film Indonesia, belum afdol rasanya kalau belum menonton Pintu Terlarang yang disutradarai oleh Joko Anwar tahun 2009 lalu ini.

Film ini menceritakan tentang Gambir, pematung sukses yang memiliki istri cantik bernama Talyda, lengkap dengan keluarga yang hangat serta sahabat yang menyayanginya. Namun, Gambir sadar bahwa kehidupannya tidak sesempurna itu setelah ia menemukan sebuah pintu, pintu yang dilarang dibuka oleh siapapun.

Sama seperti film yang lainnya, Pintu Terlarang juga sukses di ajang penghargaan film nasional, menjadi official selection dalam International Film Rotterdam dan meraih penghargaan Best of Puchon yang digelar di Korea Selatan tahun 2009 lalu.




Sumber: https://www.shopback.co.id/blog/4-fi...-internasional

Walaupun tentu belum sebaik dan sedahsyat punya Hollywood seperti Memento dan The Usual Suspect, 4 Film diatas patut kita apresiasi ya gan, semoga kedepan lebih banyak lagi karya yang dihasilkan sutradara dan sineas sineas terbaik Indonesia.

Film dgn genre Thriller Psikologi ini termasuk segmented di Indonesia ya, jarang film begini, padahal fan base nya di Indonesia sangat banyak, termasuk saya salah satunya emoticon-Smilie
Diubah oleh lpdp 20-02-2018 03:36
apawaal
apawaal memberi reputasi
2
4K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.