Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tikaa0711Avatar border
TS
tikaa0711
Rafflesia arnodii Beda Dengan Bunga Bangkai
Siapa sih yang gak tau bunga Rafflesia arnoldii? Bunga Rafflesia ini ternyata sudah 25 tahun ditetapkan sebagai bunga Nasional Indonesia, berdasarkan penetapan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993.

Rafflesia arnoldii diberi gelar puspa langka. Dalam bahasa Indonesia sendiri Rafflesia arnoldii disebut juga padma raksasa. Bunga Rafflesia ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia emoticon-Wowemoticon-Wow keren kan? Dengan kelopak berwarna merah terang dan motif bunga parasit ini punya bau yang sangat busuk dan menyengat. Nah karena bau busuk itulah, Rafflesia arnoldii sering dianggap sama dengan bunga bangkai.

Quote:


Keduanya adalah bunga yang beda. Walaupun memang sama-sama punya bau yang busuk, Rafflesia arnoldii bukanlah bunga bangkai. Bunga Bangkai punya nama latinnya sendiri yaitu Amorphopallus titanum atau Titan Arum

Seperti yang dikutip dari WWF dalam https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...-bunga-bangkai, Rafflesia arnoldii adalah tanaman parasit yang punya 5 mahkota bunga dengan tekstur kasar, oh iya bunga ini juga gak punya akar, batang dan daun loh gan.

Ketika mekar, bunga ini memiliki diameter 70-110 cm, tingginya 50 cm dengan berat bisa sampai 11 kg  emoticon-Belo

Uniknya, bunga Rafflesia ini punya penggemar kecil yaitu serangga emoticon-Cool Karena bau busuk dari bunga akan menarik serangga khususnya lalat untuk membantu pernyerbukannya. Bau busuk ini tercium paling kuat saat siang hari setelah 3-4 hari mekar. Bunga ini juga punya siklus hidup yang pendek.

Setelah menunggu mekar selama 9 bulan, bunga ini bakalan mekar selama 5-7 hari dan akhirnya akan mati.

Bunga Rafflesia arnoldii tersebar di kawasan hutan pegunungan Jawa Barat, hutan dataran rendah pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, Taman Nasional Meri Betiri, Kebun Raya Bogor, dan hutan tropis di Sumatera. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sekarang diteapkan sebagai pusat konservasi Raffelsia arnoldii.

Ada Beberapa jenis bunga Rafflesia yang tumbuh di Indonesia misalnya Rafflesia arnoldii (Sumartera Barat, Bengkulu, dan Aceh), R. borneensis (Kalimantan), R. ciliata (Kalimantan Timur),
R. horsfilldii (Jawa) , R. patma (Nusa Kambangan dan Pangandaran), R. rochussenii (Jawa Barat), dan yang terakhir R. contleyi (Sumatera bagian Timur).

Bunga Bangkai


Quote:


Nah kalau yang ini namanya bunga bangkai beda dengan Rafflesia arnoldiikan? Bunga bangkai punya batang yang menjulang keatas, jadi bunganya tidak menempel dengan tanah.

Ketika mekar, bunga bangkai terlihar seperti bunga terompet dengan bagian tengah yang lebih tinggi di banding bagian kelopaknya.

Bunga bangkai bisa tumbah dengan tinggi sampai 4 meter dan diameter sekitar 1,5 meter. Pada tahun 2004 lalu, Kebun Raya Cibodas pernah mengumumkan bahwa bunga bangkai yang mekar itu tingginya mencapai 3,17 meter emoticon-Matabelo

Kalau bunga Rafflesia arnoldii itu bunga parasit, maka bunga bangkai adalah bunga yang hidup diatas umbinya sendiri guys.

Bunga bangkai punya 2 fase hidup yang muncul bergantian, yaitu fase vegetarian (aseksal) dan generatif (seksual).

Jadi sekarang udah bisa bedain dong mana yang Rafflesia arnoldii mana yang bunga bangkai? emoticon-2 Jempol
nona212
nona212 memberi reputasi
1
13.2K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.