alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.69 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a7d2fb65c779812038b456a/makanan-khas-daerah-ngapak-yang-mesti-dicoba
Lapor Hansip
09-02-2018 12:20
Makanan Khas Daerah 'Ngapak' Yang Mesti Dicoba
Past Hot Thread
Halo, Selamat datang di thread ane.. emoticon-I Love Indonesia

Oke, kali ini ane mau bahas tentang makanan yang belakangan ini lagi ane kangenin, makanan khas dari tanah 'Ngapak' yeyyyy... emoticon-Matabelo

Haha, berhubung ane orang Ngapak asli yang lagi merantau nih ditanah orang. Pastinya ada dong perbedaan lidah ane sama makanan khas daerah sini. Meski kadang nama makanannya sama tapi rasanya kurang ngena gitu dilidah..

Jadi kadang ane suka kangen sama makanan khas kampung halaman emoticon-Frown

Oke ini beberapa makanan khas tanah ngapak yang musti agan dan sista coba nihhh...

1. Mendoan, makanan ini terbuat dari tempe yang di potong tipis – tipis dan dibalur dengan tepung terigu atau gandum dan di goreng. Mendoan lebih enak dan mantap bila dimakan ketika hangat, dan disertai cabe rawit hijau untuk di gigit bareng, istilahnya "nyigit" dalam istilah setempat.

Mendoan


2. Tahu Brontak, terbuat dari tahu biasa yang berwarna coklat lalu di belah dan diisi sayur kobis sebelum digoreng. Kemudian di balur dengan tepung terigu. Mungkin di daerah lain disebut tahu isi.

Tahu Brontak


3. Thempleng, thempleng biasa di sebut dengan peyek. Peyek terbuat dari tepung terigu dan kacang tanah. Di Cilacap sendiri peyek ada dua macam yaitu peyek urang (udang), dan peyek kacang. Biasanya peyek digoreng dengan bentuk bundar namun di Cilacap tidak, di Cilacap peyek di goreng dengan bentuk yang tidak berpola atau biasa di sebut “asal goreng”. Peyek biasa di temui di warung – warung makan yang ada atau biasanya ada di acara – acara hajatan.

Peyek


4. Lanthing, makanan ini umumnya di temui di daerah Kebumen jawa tengah. Makanan ini terbuat dari singkong yang di parut dan di bentuk seperti angka delapan atau seperti gelang. Lanthing biasanya di temui dengan warna merah dan putih.

Lanthing


5. Tahu masak, makanan yang satu ini agaknya mirip gado – gado. Tahu masak biasanya di buat dadakan jika ada yang beli. Makanan ini terbuat dari sambel kacang, kubis, kecambah, kupat atau lontong, dan tahu yang iris kotak – kotak. Dan yang paling khas yaitu dicampur dengan kerupuk banggi yang di remuk dan di taburi di atasnya. Kuliner ini disebut “kupat tahu”.

Tahu Masak


6. Karedok, makanan ini di adopsi dari daerah Banjarsari Jawa Barat, tapi di Cilacap sudah menjadi tradisi, mungkin karena Cilacap sudah berbatasan dengan Jawa Barat. Makanan ini tidak jauh berbeda dengan gado – gado dan kupat tahu. Jika gado – gado dan kupat tahu terbuat dari sayuran yang sudah matang, karedok sebaliknya terbuat dari sayuran yang masih mentah. Misalnya kubis, wortel, mentimun, kacang panjang dan juga kecambah lalu di aduk dengan sambal kacang, dan ditaburi kerupuk yang sudah di remuk atau bisa juga di tambah dengan makanan lain seperti lontong atau tahu.

Karedok


7. Gembus, makanan ini berasal dari olahan singkong yang diparut kemudian digoreng dengan bentuk menyerupai gelang, atau agak mirip-mirip donat. Bisa dibilang juga "donat jawa", cuma lingkarannya agak lebih besar. Makanan ini di Cilacap banyak ditemui terutama kalau sedang ada hiburan pasar malam di Alun - alun atau hajatan yang nanggap hiburan seperti wayang kulit misalnya, selalu ditemui pedagang Gembus ini. Ini makanan kesukaan ibu ane nih, hehe...

Gembus


Sebenernya masih banyak lagi makanan - makanan khas dari daerah Ngapak yang lain, kalo agan dan sista mau nyobain bisa main - main deh ke Cilacap, Purwokerto dan sekitarnya. Dijamin banyak makan enak dehhhh emoticon-Jempol

Sekian thread ane kali ini, terima kasih emoticon-Toast

0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 13 dari 14
18-02-2018 19:48
Tempe kemul? Geblek? Mi ongklok?
Lanthing kalo ditempat ane namanya alen-alen
0
18-02-2018 19:57
bumi panginyongan..
0
18-02-2018 20:01
makanan khas pasti sedap dong ,nikmatnya itu lagi ughttt dia
0
18-02-2018 20:03
mendoan sama tahu brontak rata2 pasti selalu ada di warteg
0
18-02-2018 20:05
Sauto kaga ada bre ? emoticon-Leh Uga
0
18-02-2018 20:13
emoticon-Ngakakwah itu semua enak - enak brayyy...
0
18-02-2018 20:15
Mendoan sama gembus, mantap bikin kangen kampung halaman
0
18-02-2018 20:15
Tahu kupat klu banyumas dah perasaan ane sebagai org banyumas. emoticon-Bingung
0
18-02-2018 20:27
Ane paling suka mendoan....emoticon-Betty
0
18-02-2018 20:28
ane cilacap bre. nih lg makan mendoan ma tahu brontak + nyigit + kopi + udud emoticon-2 Jempol
0
18-02-2018 20:33
esuk nyong bakulan lah tahu aci
0
18-02-2018 20:41
Wah enak tuh bre...emoticon-Matabelo

Quote:
Mampir ke Sumedang gansis... emoticon-Monggo
0
18-02-2018 20:46
Tempatbane rujak cingur bree sama lontong balapemoticon-Leh Uga
0
18-02-2018 20:47
gembus baru denger ane
0
18-02-2018 20:59
Quote:Original Posted By lapar.bang
Tempatbane rujak cingur bree sama lontong balapemoticon-Leh Uga


petisss wajib ya breee, sayangnya ane kagak suka petis tuhh
0
18-02-2018 21:28
Koreksi semending ya bro, nek mendoan digawe sekang tempe sing diiris tipis-tipis, kuwe tah udu mendoan bro.. Sangertiku tempe mendoan emang dicetak tipis, ora diiris tipis. njur nangapa disebut mendoan kuwe karena nggorenge ora ngasi garing alias masih mendo. Njur muncul lah akronim mendoan, singkatan dari Mendo dipangan..
0
18-02-2018 21:37
wahh mesti dicoba tuh gan
0
18-02-2018 21:44
tempe mendhowan tiada lawan wes
sing penting ngapak in aja he he he he
0
18-02-2018 22:39
Jadi kangen pengen ke Bumireja Cilacap emoticon-Big Kissemoticon-Cendol Ganemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
0
19-02-2018 00:23
Men - do - an ything

emoticon-2 Jempol
0
Halaman 13 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.