thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Meriahnya Malam Imlek di Pecinan Jakarta

Foto: Dok. Pribadi

Hari Raya Tahun baru Cina atau Imlek 2569 Kongzili diperingati pada Jumat, 16 Februari 2018. Satu hal yang paling diingat dari perayaan Imlek adalah ucapan “Gong Xi Fa Cai” dalam bahasa Mandarin atau “Gung Hey Fat Choi” dalam bahasa Kanton. Tapi tau nggak arti dari Gong Xi Fa Cai ini? Ternyata artinya adalah “semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan” yang dinilai tidak menggambarkan semangat Imlek. Menurut dosen senior jurusan Studi China Universiti Malaya, Prof. Dr. Yam Kah Kean, yang lebih tepat adalah “Xin Nian Kuai Le” yang berarti Selamat Tahun Baru.

Berada di Kawasan Pecinana Jakarta, tepatnya di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat di malam Imlek, Kamis malam (15/2/2018) terlihat meriah. Meski hujan turun seharian, namun menurut Imlek identik dengan hujan, bukan? Beberapa kalangan juga menganggap hujan saat Imlek adalah simbol keberkahan.

Perayaan Tahun Baru Imlek bukan hanya berlangsung di negara asalnya, Cina, tapi juga di beberapa negara di Asia seperti Taiwan, Hong Kong, Macau, Singapura, Indonesia, Malaysia, Korea, Thailand, Vietnam, Kamboja, Mauritius, Australia dan Filipina. 


Foto: Dok. Pribadi

Malam ini Wihara mulai ramai sejak pukul 19.00 meski hujan mengguyur. Warga Tionghoa mulat dari yang muda sampai tua bersembahyang di wihara untuk menyambut malam Imlek atau pergantian tahun dari 2568 ke 2569. 

Tradisi sembahyang di kelenteng, bukan hanya menyambut kedatangan dewa pembawa rezeki atas kehidupan, kesehatan, kebaikan dan rezeki yang udah diberikan selama 1 tahun lalu, tapi juga yang akan datang. 


Foto: Dok. Pribadi


Foto: Dok. Pribadi



Foto: Dok. Pribadi

Selain pembakaran dupa, Imlek juga identik dengan lilin dan berbagai macam buah segar sebagai perlengkapan ibadah. Lilin berarti penerangan yakni agar kita terus diberikan penerangan ketika menjalani kehidupan. Sedangkan dupa/ hio bertujuan untuk menambah konsentrasi saat berdoa. Untuk buah-buahan segar, biasanya yang dibawa saat beribadah paling tidak ada 5 warna dengan berbagai macam buah. Maknanya adalah agar keluarga diberikan keselamatan. 



Foto: Dok. Pribadi


Foto: Dok. Pribadi


Foto: Dok. Pribadi


Foto: Dok. Pribadi

Malam Imlek di Wihara Dharma Bakti dipenuhi oleh ribuan pengemis musiman yang berasal dari luar kota Jakarta. Mereka sengaja datang saat Imlek dan menunggu angpau dari orang yang sembahyang. Menunggu angpau bukan hanya tahun ini, tapi setiap perayaan Imlek. 

Perayaan Imlek biasanya diisi dengan beberapa tradisi seperti makan bersama keluarga, membagikan angpau dan juga jadi berkumpul serta silaturahmi dengan keluarga. 

Akhir kata, ane mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2569. Semoga kebahagiaan, kesehatan dan kesuksesan selalu mengiringi langkah kaki kita. 

emoticon-Imlekemoticon-Imlek



Referensi:
1 2 

Diubah oleh thatwasfun 16-02-2018 04:07
0
13.4K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.