News
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a850f225c7798821f8b456d/keluarga-minta-jenazah-adelina-segera-dipulangkan
Koran Sulindo – Keluarga Adelina Lisao, tenaga kerja Indonesia yang meninggal di Malaysia karena disiksa majikannya meminta agar jenazahnya dipulangkan ke kampung halamannya di Nusa Tenggara Timur. “Saya minta agar jenazah anak saya dipulangkan. Kami juga minta agar kasus anak saya di usut hingga tuntas” kata Yohana Banunaek, ibu kandung Adelina Lisao seperti dilansir Tempo.co, Rabu, (14/2
Lapor Hansip
15-02-2018 11:40

Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan

Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan


Koran Sulindo – Keluarga Adelina Lisao, tenaga kerja Indonesia yang meninggal di Malaysia karena disiksa majikannya meminta agar jenazahnya dipulangkan ke kampung halamannya di Nusa Tenggara Timur.
“Saya minta agar jenazah anak saya dipulangkan. Kami juga minta agar kasus anak saya di usut hingga tuntas” kata Yohana Banunaek, ibu kandung Adelina Lisao seperti dilansir Tempo.co, Rabu, (14/2).
Kepada kepolisian Indonesia, Yohana juga meminta agar meninggalnya Adelina diusut tutas dari mulai perekrutan hingga keberangkatannya ke Malaysia.
Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan pemulangan jenazah Adelina Lisao akan dilakukan setelah tuntasnya proses investigasi yang dilakukan kepolisian setempat.
Retno menyebut pemulangan baru bisa dilakukan setelah proses post-mortem selesai.“ “Kita menunggu hari ini. Menurut informasi yang kita peroleh dari otoritas di sana, hari ini ‘post mortem’ akan selesai,” kata Retno kemarin.
Retno menjanjikan Pemerintah Indonesia akan terus  memastikan kasus dugaan penyiksaan WNI di Malaysia itu ditangani serius oleh pemerintah Malaysia. Ia juga memastikan bahwa pihaknya akan terus mendalami kasus tersebut termasuk melakukan pendampingan hukum.
“KJRI akan mengawal proses hukum dan memastikan hak-hak Adelia akan terpenuhi, temasuk dalam hal ini, hak atas kompensasi atau disebut remedial justice,” kata Retno.
Selain itu, pihak pemerintah Indonesia melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang telah mendapatkan hak kompensasi yang akan diberikan keluarga korban dari Adelina.
Senada dengan Retno, Juru Bicara Kemenlu Armanatha Nasir juga menjanjikan akan memastikan Adelina Lisao mendapatkan keadilan termasuk meminta Malaysia memberi perhatian tinggi terhadap kasus tragis yang banyak menimpa pekerja Indonesia.
Nasir juga menambahkan, mengenai kabar yang menyebutkan bahwa Adelina menjadi bagian dari sindikat perdagangan manusia hingga saat ini masih ditelusuri.  “Itu tentunya akan menjadi bagian proses investigasi kita, apa benar bagian sindikat perdagangan orang,” kata Armanatha.
Sementara itu dari pemeriksaan awal yang dirilis kepolisian Malaysia, disebutkan kematian Adelina disebabkan kegagalan sejumlah organ. Adelina dianggap mengidap penyaki anemia dan menjadi korban penelantaran.
Wanita malang itu ditemukan dalam kondisi mengenaskan di rumah majikannya, Sabtu 10 Februari 2018 namun meninggal sehari berikutnya saat menjalani perawatan di rumah sakit.
Adelina Lisao yang beradal dari Desa Abi, Kecamatan Oenino, Kabupaten Timor Tengah Selatan itu diketahui tidur bersama anjing selama sebulan terakhir dan ketakutan saat merespons petugas yang hendak mengevakuasinya. Di tubuh Adelina terdapat nanah dan bekas luka bakar.
Terungkapnya cerita tragis Adelina itu pertama kali diungkap oleh Steven Sim,  seorang anggota parlemen di Penang, Malaysia. Steven mengatakan kantornya pada menerima informasi dari seorang tetangga majikan tentang dugaan penyiksaan terhadap Adelina Lisao.
Steven Sim lantas mengutus asistennya untuk menyelidiki namun majikan Adelina menolak bekerja sama. Sikap majikan itu membuat Steven melapor ke polisi.
Kepala polisi distrik setempat Nik Ros Azhan Nik Abdul Hamid terdapat luka memar di kepala dan wajah Adelina. Selain itu ada juga luka di tangan dan kaki korban yang sudah terinfeksi. Polisi menahan dua orang kakak beradik yang salah satunya merupakan majikan Adelina.
Polisi  juga menahan orang ketiga yang tak lain merupakan ibu dari kedua orang yang ditahan sebelumnya. Polisi menyebut ketiganya akan diselidiki atas dugaan melakukan pembunuhan.
Media lokal melansir sebuah gambar memilukan kondisi Adelina ketika ditemukan di rumah majikannya dengan sebuah tikar robek dengan wajah yang tertutup selimut.
“ni adalah kehilangan nyawa yang tidak masuk akal, namun kita semua tahu dengan sangat jelas bahwa Adelina bukanlah kasus pertama. Kurangnya perlindungan membuat pekerja migran rentan terhadap eksploitasi,” kata Steven Sim seperti dilansir ABC.
Saat ini sektor rumah tangga di Malaysia diperkirakan mempekerjakan lebih dari 200.000 pekerja domestik asal Indonesia. Tingginya kasus penyalahgunaan yang sering berujung pada kematian membuat Indonesia pekerja perempuan bekerja di Malaysia tahun 2009.
Tapi larangan tersebut dicabut tiga tahun kemudian setelah kedua negara setuju untuk meningkatkan perlindungan kepada pekerja domestik.[TGU]
Baca juga; Pekerja Domestik di Malaysia Minim Perlindungan


Sumber berita : http://koransulindo.com/pemulangan-jenazah-adelina-tunggu/
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 11:55
Anjinggg malay emoticon-Marah emoticon-Marah
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:29
Untung ada steven sim
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:32
just info,sebelum ngeblame China jahat nyiksa tki. itu rescue teamnya orang China juga.



tengkyu
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:37
harus dipulangkan segera

emoticon-Mewek


tapi please..... jangan pulang sendiri ya


emoticon-Takut
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:39
Quote:Original Posted By axxlpeace
just info,sebelum ngeblame China jahat nyiksa tki. itu rescue teamnya orang China juga.



tengkyu


Dan yang sesama orang pribumi Indonesia merasa hebat dan nasionalis dengan cuma ngetik kecaman di sosmed, jadiin kasus bahan gosip, lalu tidak berbuat apa2 kepada korban dan calon korban lain.
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:43
resiko mencari uang dalam besar jika dirupiahkan di negeri lain...minimal luka-luka, cacat sementara atau permanen, fatalnya ya tewas karena disiksa majikan.

emoticon-Sorry
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:47
pahlawan nih....
Pulangin dengan hormat....
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:48
ya ampun keji banget jadi manusia.

ini kenapa org indo di siksa gitu rata2 diem2 aja..

perlu juga diajarin bela diri sebelum kerja. mempelajari kontrak kerja dan soal hak kewajiban. masa sih di siksa gitu diem aja emoticon-Mewek

turut berduka semoga gada lagi kasus yg sama. beberapa temen sd dan smp gw ada yg jd tki tp ya alhamdulillah statusnya bahagia2 aja sih selama di perantauan
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 12:59
Moga Indo cepat maju produktif biar org Malaysia yg kerja di Indo bukan sebaliknya.
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 13:00
Quote:Original Posted By cosebel


Dan yang sesama orang pribumi Indonesia merasa hebat dan nasionalis dengan cuma ngetik kecaman di sosmed, jadiin kasus bahan gosip, lalu tidak berbuat apa2 kepada korban dan calon korban lain.


Seharusnya mencari solusi agar tak terulang lg. Bukan sibuk koar2 wacana tp tak ada solusi.
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 13:15
Setau gw yg sering mengalami nasib2 buruk disono itu ya mereka2 yg dateng secara ilegal. Ada banyak TKI ilegal disono.
Namanya ilegal nasibnya ya jgn harap dapet lebih baek. Dari segi pekerjaan jg upah jg ya receh.
Kalo ada apa2 jg jelas sulit buat ngebantunya. Secara kga terdata, terdaftar gimana2nya. Dia kerja ama siapa,sbg apa,dll. Tau2 udah kek yg (srry) diatas.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 15:29
Ada ga sih organisasi pemerintah, di luar negeri yg memonitor para TKI? Misalnya tiap sebulan sekali ada jadwal kumpul semua TKI entah utk pemeriksaan kesehatan, belajar bahasa atau yg lain emoticon-Bingung (S)

Semoga saudari Adelina beristirahat dgn tenang, juga utk keluarga tetap tabah.
Diubah oleh omegalfa
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 20:22
Quote:Original Posted By omegalfa
Ada ga sih organisasi pemerintah, di luar negeri yg memonitor para TKI? Misalnya tiap sebulan sekali ada jadwal kumpul semua TKI entah utk pemeriksaan kesehatan, belajar bahasa atau yg lain emoticon-Bingung (S)

Semoga saudari Adelina beristirahat dgn tenang, juga utk keluarga tetap tabah.


kalau yang legal biasanya ada lah gan
0 0
0
Keluarga Minta Jenazah Adelina Segera Dipulangkan
15-02-2018 20:34
Quote:Original Posted By taufikmuna69
Moga Indo cepat maju produktif biar org Malaysia yg kerja di Indo bukan sebaliknya.


mudah2an ya bray, soalnya ane liat kondisi saat ini (terutama politik & ekonomi) rasanya butuh waktu yg cukup lama
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia