• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gak rutin ganti oli? Ini masalah yang mungkin akan terjadi pada motor ente, Gan!

abee.Avatar border
TS
abee.
Gak rutin ganti oli? Ini masalah yang mungkin akan terjadi pada motor ente, Gan!


Halo agan/sista~



Kali ini ngomongin soal ganti oli. Sebagai pengendara motor, kita pasti ngerasain gimana performa mesin kita dari hari ke hari. Gimana performa tarikan mesin setelah mesin motor di service. Bahkan sesimpel performa mesin setelah ganti oli. Pasti bisa dong ngerasain perbedaannya.

Tapi, gak jarang kita males buat service motor ataupun ganti oli secara rutin. Nah, ini penting banget buat kalian yang suka masih males buat ganti oli. Ternyata kalau kita gak ganti oli secara rutin, biasanya akan timbul beberapa masalah pada mesin motor kita.
Lalu, apa aja sih masalah yang bisa timbul kalau kita gak rutin ganti oli? Ini dia beberapa masalahnya, Gan!



1. Mesin Motor Akan Mudah Mengalami Overheating

Udah tau kan’ apa itu overheat? Nah, kalau kita gak rutin ganti oli, mesin motor kita bisa dengan mudah mengalami overheat, bro. Kenapa overheat? Karena, oli yang berfungsi mendinginkan mesin kualitasnya sudah jelek, jadi pendinnginan mesin gak akan maksimal. Nah ini dia yang bikin mesin motor kita akan mudah mengalami overheat.



2. Bahan Bakar Akan Menjadi Lebih Boros

Salah satu fungsi oli mesin adalah untuk melumasi pergesekan antar komponen mesin. Ketika oli gak rutin di ganti, biasanya akan membuat pergesekan mesin semakin kasar dank eras. Kok semakin kasar dan keras? Padahal ada oli nya. Nah, semakin kasar dan keras ini penyebabnya karena kualitas oli menurun, jadi gak bisa melumasi komponen mesin dengan maksimal. Ketika komponen mesin bekerja lebih kasar dan lebih keras, bahan bakar yang digunakan pun akan lebih boros.



3. Tarikan Mesin Akan Terasa Lebih Berat

Lagi-lagi, oli mesin jadi penyebabnya! Oli mesin juga bisa bikin tarikan motor berasa lebih berat kalau oli mesin tersebut gak diganti secara rutin. Tarikan motor akan lebih berat karena pergesekan mesin saat kita berkendara gak terlumasi dengan baik. Oli mesin yang gak diganti secara rutin akan menurun kualitasnya, sehingga gak dapat melumasi mesin dengan baik, bro!



4. Komponen Mesin Pun Akan Lebih Mudah Rusak

Ketika oli mesin sudah lama tidak diganti, secara otomatis oli mesin udah gak bagus kualitasnya dan kotor. Ketika oli kotor dan gak bagus kualitasnya, hal ini akan berakibat pada rusaknya komponen bagian dalam mesin. Bagian mesin yang terkenda dampaknya biasanya silinder, piston, dan sebagainya. Oli yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin dapat menyebabkan mesin bekerja secara berlebihan, dan berpotensi menimbulkan karat, goresan, dan yang paling parah terbakar, bro!





Nah, itu dia beberapa kemungkinan yang akan terjadi kalau oli mesin motor kita gak diganti secara rutin. Untuk mengganti oli motor pun, kita perlu memilih oli yang sesuai dengan mesin motor kita. Misalnya motor kita matic, kita pelu memilih oli khusus untuk mesin motor matic. Kalau motor kita vespa, kita juga perlu memilih oli yang sesuai. Kalau untuk matic, ada Eni Oil i-Ride 4T Matic yang bisa kita coba. Karena terbuat dari base oli pilihan, dengan bahan additive khusus jadi bisa mendapatkan efisiensi bahan bakar dan tarikan jadi lebih enteng.

Jadi, sekarang udah tau kan apa akibatnya kalau oli mesin gak diganti secara rutin?
Masih mau malas ganti oli, Gan?!


Keep Safety Riding!
emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir emoticon-Ngacir




KOMENTAR KASKUSER


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:





Diubah oleh abee. 15-02-2018 09:08
anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
30.1K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.