Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
9762
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55eebf7294786846588b456a/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor---part-1
Selamat datang di Thread admapower64 Join Facebook Page untuk PCMO dan HDEO user di sini Unduh Daftar Pelumas PCMO / HDEO / MCO di sini Composed and Edited by Dee santi Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita? Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan
Lapor Hansip
08-09-2015 17:58

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor

Selamat datang di Thread admapower64


Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1



Composed and Edited by Dee santi


Quote:
Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita?

Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan arti pelumas terlebih dahulu. Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya adalah cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas pada umumnya dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mineral dan sintetis. Pelumas mineral berasal dari hasil distilasi minyak bumi, sementara pelumas sintetis berasal dari proses Fischer-Tropsch Process yang menggabungkan Hydrogen dan Carbon. Pelumas Mineral dan Sintetis menurut API atau American Petroleum Institute dibagi ke dalam lima kelompok, diantaranya adalah:
  • API Group I, Base Stock Mineral dengan teknologi proses distilasi fraksi mineral parafin, dengan teknologi tersebut, minyak bumi akan bertambah ketahanan oksidasinya dan juga menyingkirkan zat-zat yang merusak Base Stock tersebut. Proses Distillation dan Solvent Refined tersebut akan meningkatkan VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur > 0.03%, Saturates < 90%.

  • API Group II, Base Stock Mineral dengan teknologi proses sama seperti Group I tetapi ditambahkan dengan Hydrokracked Technology. Dalam hal ini, Base Stock menjadi lebih murni dan lebih mudah untuk ditambahkan additives. Salah satu merek pelumas yang menggunakan Group II Base Stock adalah Shell™ Rotella® dan Pennzoil® PureBase® Perlu diketahui, Royal Dutch Shell adalah pemilik dari Pennzoil dan Quaker State. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, dan Hydrocraked, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur < 0.03%, Saturates > 90%.

  • API Group III, Base Stock ini digadang-gadangkan menjadi salah satu pelopor pelumas dengan Synthetic Technology yang berasal dari Mineral Oil. Teknologi ini dipakai luas oleh banyak Pabrikan pelumas SuperMajor (British Petroleum, Chevron, ConocoPhillips, ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Total), salah satu yang paling terkenal dan fenomenal adalah Base Stock milik Suncor PetroCanada yang menyatakan bahwa pelumas mereka memiliki Base Stock yang murni. Group III sendiri sudah digantikan dengan Group III+ atau VHVI yang merupakan singkatan Very High Enhanced Viscosity Index. Teknologi proses yang digunakan adalah sama dengan Group II tetapi ditambahkan teknologi Hydroisomer, sehingga menjadikan Base Stock dengan 99% Saturasi dan 1% Aromatik. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, Hyrdokracked, dan Hydroisomer, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi ≥120. Di pasaran dunia, Group III+ dipasarkan dengan nama Fully-Synthetic Lubricant, yang common usernya adalah SuperMajor. Ada perbedaan antara pasaran dunia dan Eropa, pasaran dunia Oli Group III+ dapat disebut sebagai Fully-Synthetic, sementara di Eropa Oli Group III+ hanya boleh disebut Synthetic Technology. Untuk membedakannya, bisa dibuka http://www.total.fr/ dimana oli yang dijual sebagian besar di luar Eropa disebut sebagai Fully-Synthetic, maka di Perancis hanya disebut Lubrifiant technologie de synthèse atau Synthetic Technology Lubricant. Di Eropa hanya Group IV dan Group V yang boleh di label dengan Fully-Synthetic Lubricant.

  • API Group IV, Base Stock ini adalah hasil katalisasi antara Hydrogen dan juga Carbon baik dengan Fischer-Tropsch Process atau proses pembentukan olefin lainnya. Base Stock ini dinamakan PAO atau PolyAlphaOlefin, disebut PAO karena bahan dasarnya adalah Olefin. Pengguna Base Stock ini sangatlah jarang, mereka yang menggunakan Base Stock ini biasanya adalah pelumas dengan kategori Top Tier atau Premium. Salah satu pengguna PAO adalah Amsoil Signature Series, Mobil 1, dan Yacco dengan jajaran pelumas Top Tier Mereka. PAO sangat sulit ditambahkan soluble additives, sehingga additives yang bisa ditambah biasanya adalah logam alkali, alkali tanah, atau logam transisi seperti Molybdenum dan Titanium. Logam alkali ditambahkan adalah supaya menambah retensi pelumas untuk menahan asam yang terbentuk saat pembakaran terjadi. PAO memiliki karakteristik yang paling unik, karena memiliki Titik Beku yang rendah hingga -53 C dan Titik Bakar yang tinggi, hingga 270 C. pelumas ini tidak mengandung sulphur karena dibuat murni dari Hidrogen dan Carbon, dan memiliki Viscosity Index di atas 140.

    PAO ini dikenal sebagai Base Stock ngambekan, alasannya adalah selain pembuatannya sulit, yaitu apabila oli dengan PAO Based akan dibuat maka bahan-bahan seperti additives pack harus dicampur sebelum menjadi oli. Seperti kita membuat cake, apabila kurang atau kelebihan bahan, maka cake tersebut tidak enak dan tidak bisa dimodifikasi. PAO juga sangat rewel apabila bertemu dengan racun sejenis Sulfur dan TEL atau Tetra-Ethyl-Lead, dan dia tidak bisa ditambah dengan post-mixed additives. PAO juga sangat licin apabila ditambahkan additive Boron Nitride sehingga sangat baik untuk mesin-mesin berbahan dasar Aluminum Silicon. Pada BMW disebut Alusil, pada Mercedes Benz disebut SILITEC, atau pada Yamaha disebut DiAsil. PAO dan Boron Nitride akan membentuk lapisan film sangat kuat dan licin, sehingga akan sangat baik untuk menambah performa mesin. Boron Nitride dan PAO tidak akan menyebabkan selip kopling, karena hanya bereaksi dengan logam Aluminum Silicon saja, tidak dengan komposit Kampas Kopling.


  • API Group V, Base Stock ini biasanya diisi oleh Ester, prosesnya sendiri adalah dengan cara katalisasi asam yang dinamakan dibasic Ester, dengan Alkohol atau CH3OH sehingga dibentuklah Ester dari hasil katalisasi tersebut. Ester biasanya digunakan untuk kompetisi karena kemampuannya untuk mempercepat pembakaran dan juga meningkatkan performa mesin, sehingga mesin balap biasanya menggunakan Ester dan atau campuran PAO dan Ester. Ester memiliki ikatan film yang paling kuat, tetapi kelemahannya adalah umur pakainya cukup singkat, sehingga hanya cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan oli kompetisi. Ester juga berguna untuk ditambahkan ke PAO based supaya mudah untuk di campur dengan additives. cara mengetahui adanya Ester dalam pelumas adalah dengan melihat nilai oksidasi dan TAN dari pelumas tersebut. Sifat alami Ester adalah oksidan dan asam, sehingga nilai TAN pasti ada dalam pelumas tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain adalah Redline, Motul, dan Maxima



Quote:
Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?


Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapat melumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepada mesin motor konvensional.

Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blok mesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.

Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motor adalah suhu operasional, putaran mesin operasional, volume mesin dan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atau radiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan para pemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.

Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh. Tetapi perlu diperhitungkan, mobil berjalan 2,500 RPM dengan kondisi Long Stroke sementara motor berjalan 5,000 RPM dengan kondisi Short Stroke ingat pelumas bekerja untuk melumasi dinding silinder, piston, crankshaft, dan valve train, meski secara teoritis beban mobil terkesan ringan, tetapi secara volumetrik pelumasan lebih besar mobil berkali-kali lipat. Dan oleh sebab itu bisa dipastikan bahwa oli untuk mobil harus lebih baik daripada oli motor.


Ilustrasi: sebuah mobil dengan kapasitas mesin 3,500cc dan berat 2,200 Kg (1997 BMW E38 735iL) berjalan dengan kecepatan 160 Kmh hanya dengan 4,100 RPM di Tachometer.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak. Secara rasio, seharusnya oli motor memiliki volumetrik lebih besar, dan itu berarti kerjanya lebih ringan dibandingkan mobil, apabila kita mengabaikan proses pelepasan panas.

Beban kerja sebenarnya tidak relevan apabila kita membandingkan motor dengan mobil, tetapi bisa kita jadikan acuan, bahwa kerja motor tidak seberat yang kita bayangkan.
  • Motor, Beban: 150 Kg | Kapasitas Silinder: 110 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.733 (Paling ringan)
  • Mobil, Beban: 2,000 Kg | Kapasitas Silinder: 1,300 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.65 (Moderate)
  • Truk, Beban: 20,000 Kg | Kapasitas Silinder: 8,000 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.4 (Paling berat)

Asumsi semua kendaraan di atas di hitung termasuk pengemudi dan penumpang penuh, dari hitungan tidak relevan di atas, kita bisa simpulkan truk memiliki ratio paling berat dan motor paling ringan, sementara mobil tidak seberapa berat dibandingkan dengan truk. Ini acuan sederhana saja, sementara hitungan aslinya lebih rumit, tetapi bisa disimpulkan bahwa oli mereka bisa saling digunakan bergantian, ya bisa saling pakai tetapi memiliki limit masing-masing.


Quote:
Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?


Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:


Ilustrasi: Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30 pelumas Long Drain pertama yang diuji oleh TS hingga 10,000 Km di Honda Vario 110cc, memiliki sertifikasi yang dilarang untuk digunakan pada Motor Kopling Basah.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


  • Mitos Jumlah Molybdenum, banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

  • API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan. API RC/EC biasanya menuntut oli bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama dengan state stay-in-grade, sehingga perlu banyak Organic Additives dan tidak cocok dengan komposit kopling.

  • ILSAC GF-5, tidak disarankan digunakan dalam motor konvensional, karena sifatnya sama seperti API RC/EC menjamin oli dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan bisa menghemat bahan bakar.

  • German Approval Oil, ya seperti namanya German Approval, mengacu kepada Manufacturer Jerman, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz. pelumas dengan sertifikasi baru mereka tidak cocok dengan motor kopling basah, karena ditakutkan mengakibatkan selip kopling. Terlebih pelumas dari pabrikan mereka menuntut Sustain Release untuk beberapa additives dan itu bisa berdampak kepada motor dengan kopling basah.


Apabila dahulu PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, kini banyak yang menggunakan pelumas PCMO untuk motor dengan kopling basah, salah satu contohnya adalah ADNOC Voyager Silver 10W-40, Pertamina Fastron Techno 10W-40, dan Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya. Dan kita kembali ke rumusan awal, baik PCMO, HDEO, dan MCO adalah sama-sama Hydrocarbon Based, sehingga tidak masalah apabila Anda juga mau menggunakan MCO di mobil Anda, hanya saja limitasinya tambah banyak.


Quote:
Mengapa Harus Pelumas Mobil/Diesel (PCMO/HDEO)?


Apa alasan lebih memilih Pelumas Mobil/Diesel dibandingkan Pelumas Motor (MCO)?
  • Longer Drain Interval.
  • Better Performance.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.


Tetapi tidak menutup kemungkinan Pelumas Motor (MCO) juga melakukan tujuan utama dibuatnya thread ini yaitu Resources Saving by Longer Drain Interval Lubricant. Beberapa contoh oli yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama adalah, Liqui Moly 4T, Royal Purple 4T, dan Elf Campione.


Quote:
Saya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:
  • Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedar katanya atau rasanya. Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpa bukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.
  • Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini, karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai Kaskuser lainnya.
  • Do at your own risk, penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
prada567 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 420 dari 473
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
09-02-2018 23:13
Quote:Original Posted By deesanti



Vario 110 FI
Yg ga ada radiatornya yah??
emoticon-Belo

Aq pakein AZO ga nguap c waktu itu
Sekarang lg pake Mobil 1 0W-40


Iyaa sis kipas ga ada radiator wajar ga sih kalo sampe susut gitu apa emg ga cocok yaaa

Ane bawa tiap hari pp 40km
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 05:33

Quote:Original Posted By skywith

Wah mantep juga yaaa kalo gitu oli ravenol. Mengingat oli yang basenya PAO di indonesia tidak sebanyak dulu pilihannya. Kalo sama oli yang sista pakai gimana tuh(mobil1 0w 40). Kayaknya bagus juga itu oli. Kurang lebih juga pula harganya, mohon bimbingannya yaaa sis hehehe


Kalo aq c lebih pegang Ravenol
Karena Made in German
emoticon-Cool

Well
Tp dari base stock emg bagusan Revanol
Kalo balik lg k TBN dkk masih lebih tinggian M1 c
emoticon-Embarrassment

M1 0W-40
Kalo d pake d motor c enak
Kalo d E38 bisa sampe 22,000 Km
emoticon-Belo

Quote:Original Posted By heuristic
halo gan, permisi saya nubi banget soal mesin dan pelumas,

motor saya honda beat 2010 karbu, jujur aja urusan servis2an saya ga paham, bisa di bilang jarang. akhir2 ini kepikiran utk manjain motor saya, karena kantor dan rumah lebih hemat pake motor.

2bulan lalu saya ganti ban di pla*etban, dan mas2nya menawarkan utk ganti oli dan servis kecil, saya setuju dan memilih oli pilihan mas2nya, yaitu motul scooter LE (lengkapnya lupa), awal nya terasa enak, setelah sebulan rasa nya balik seperti sebelum servis dan ganti oli.
dan skrng saya lg bingung kira2 oli apa yg cocok dengan karakter saya yg kurang peka soal mesin.

fyi :
jarak dr rumah ke kantor 8km (16km pulang pergi)
kondisi jalan pagi 70% kemacetan 30% lancar (begitu pula sebaliknya)
motor hanya di pakai buat kerja aja, sabtu minggu parkir doang di garasi.
bbm pake shell vpower.
gaya berkendara selalu di bawah 50kmpj, jarang ngebut2

mohon masukan nya utk oli yg tepat utk motor saya, karena dalam waktu dekat akan saya servis komplit utk mungkin mengganti part2 yg sudah saatnya ganti/rusak.

terima kasih


Setau aq BeAT itu kompresinya ga sampe harus pake RON95
Mendingan pake RON92
Bs jadi olinya ga enak itu karena Fuel Dilution
Makanya bisa rusak duluan olinya
emoticon-Malu

Saran aq
Sesuaiin dulu BBM dengan CR
Terus baru pake oli yg bagusan
Motul itu bagus qo
Kalo pgn lebih bagus, bisa coba2 cek oli Fully Synth yg 30wt
Banyak soale
emoticon-Cool

Quote:Original Posted By mau5trap


Iyaa sis kipas ga ada radiator wajar ga sih kalo sampe susut gitu apa emg ga cocok yaaa

Ane bawa tiap hari pp 40km


Seharusnya c ga masalah
Aq pake 30wt aman2 aja
Mungkin emg bisa jadi ga cocok
emoticon-Malu

Banyak faktor c yg mempengaruhi kinerja oli
Selain kondisi suplai udara
BBM jg pengaruh
Sm mode berkendara
Severe ato normal
emoticon-Embarrassment
1 0
1
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 14:50
Hai gan n sis, saya mau tanya oli pfg itu base stocknya apa yaa?.. trimaksih gan sis
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 15:04
Quote:Original Posted By alan2104
Hai gan n sis, saya mau tanya oli pfg itu base stocknya apa yaa?.. trimaksih gan sis



PFG itu VHVI
emoticon-Malu
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 15:17
Quote:Original Posted By deesanti

PFG itu VHVI
emoticon-Malu


trimaksih infonya sis.. soalnya sya bru pake pfg di wtf 125, bisa long drain brapa km sis?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 18:01
Quote:Original Posted By deesanti

PFG itu VHVI
emoticon-Malu


sya bru pakai di vario wtf, brapa lama drain nya yg aman sis,, maaf bnyak nanyaa suhu, msih newbie😂
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 18:07
Quote:Original Posted By alan2104


trimaksih infonya sis.. soalnya sya bru pake pfg di wtf 125, bisa long drain brapa km sis?


Quote:Original Posted By alan2104


sya bru pakai di vario wtf, brapa lama drain nya yg aman sis,, maaf bnyak nanyaa suhu, msih newbie😂



Tergantung rute n BBM c
emoticon-Embarrassment

Kalo yg biasanya c bisa 10,000 Km
emoticon-Malu
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 18:27
Quote:Original Posted By deesanti

Tergantung rute n BBM c
emoticon-Embarrassment

Kalo yg biasanya c bisa 10,000 Km
emoticon-Malu


rute lancar sangat sis.. bbm always prtamax 92.. trims infonya sis 😁
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-02-2018 19:55
Quote:Original Posted By deesanti




Setau aq BeAT itu kompresinya ga sampe harus pake RON95
Mendingan pake RON92
Bs jadi olinya ga enak itu karena Fuel Dilution
Makanya bisa rusak duluan olinya
emoticon-Malu

Saran aq
Sesuaiin dulu BBM dengan CR
Terus baru pake oli yg bagusan
Motul itu bagus qo
Kalo pgn lebih bagus, bisa coba2 cek oli Fully Synth yg 30wt
Banyak soale
emoticon-Cool




wah ternyata saya selama ini salah ya, saya kira apapun kendaraan nya klo pake oktan yang lebih tinggi maka jadi lebih bersih dan lebih baik, ternyata tak sepenuhnya betul ya.

jadi lebih baik untuk motor honda beat saya pakai nya bensin RON92 (pertamax) atau shell super ya.
dan untuk oli saya jadi tergoda untuk nyoba pakai Pertamina Fastron Techno yang 30wt, apakah itu cocok untuk kendaraan saya ?

dan setelah saya baca page 1 mengenai flushing, untuk filter oli honda beat ada di sebelah mana ya sis ? soal nya selama ini ke bengkel ga pernah di tawarin ganti filter oli beat nya

terima kasih
Diubah oleh heuristic
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-02-2018 11:27
Setau aq BeAT itu kompresinya ga sampe harus pake RON95
Mendingan pake RON92
Bs jadi olinya ga enak itu karena Fuel Dilution
Makanya bisa rusak duluan olinya
emoticon-Malu

Saran aq
Sesuaiin dulu BBM dengan CR
Terus baru pake oli yg bagusan
Motul itu bagus qo
Kalo pgn lebih bagus, bisa coba2 cek oli Fully Synth yg 30wt
Banyak soale
emoticon-Cool



Seharusnya c ga masalah
Aq pake 30wt aman2 aja
Mungkin emg bisa jadi ga cocok
emoticon-Malu

Banyak faktor c yg mempengaruhi kinerja oli
Selain kondisi suplai udara
BBM jg pengaruh
Sm mode berkendara
Severe ato normal
emoticon-Embarrassment
[/color][/font][/quote]

permisi sis, ane baru ambil beat gress juga. mau coba pfg atau amsoil 5w30. lebih cocok yg mana ya sis? thx sebelomnya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-02-2018 16:37
permisi sis ,,minta bimbingan,,,
motor beat pop
bbm kadang pertile / kadanh total 92
kerja ojol sehari bs ngukur aspal 50- 100km lebih,,,
pemakaian kota jkt bgitu dah
gaya make motor khas kurir kejar storan hehe....
Lagi tertarik mau coba PFD atau mungkim ad saram dr sis,,
mohon saran pake oli apa yah,,,? trimkasih atas jawabannya
Diubah oleh androder
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-02-2018 13:24
Quote:Original Posted By mau5trap
Pake vario gan ane make oli pfg ma total penguapan mulu
Apa ane make diesel aja yaa

ane di spacy yg pake ac alam ga ada penguapan pake 0W-20 Amsoil. sempet ganti ke amsoil 0W-30. sekarang mo coba lg oli Q8 ultra 0W-20, tapi keburu terkontaminasi ama oli bekas di BERES. sh*t...

Quote:Original Posted By deesanti

Emg banyak kah masuknya??
Kalo ga banyak mendingan ga usah
IMHO
emoticon-Malu

banyaknya ga tau brp banyak sis.. cuma bak penampungnya kan udah kecampur berbagai sisa oli bekas berbagai merk n berbagai serpihan gram emoticon-Ngakak (S)

nah berhubung sisa oli Q8 dari motor n mobil cuma 500mL, ane rencana sementara mo pake oli eneos 0W-20 buat bersihin sisa oli lama.
Eneos 0W-20


bagus ga sis oli ini? Tq ya..emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By lantana4
permisi sis, ane baru ambil beat gress juga. mau coba pfg atau amsoil 5w30. lebih cocok yg mana ya sis? thx sebelomnya

Quote:Original Posted By androder
permisi sis ,,minta bimbingan,,,
motor beat pop
bbm kadang pertile / kadanh total 92
kerja ojol sehari bs ngukur aspal 50- 100km lebih,,,
pemakaian kota jkt bgitu dah
gaya make motor khas kurir kejar storan hehe....
Lagi tertarik mau coba PFD atau mungkim ad saram dr sis,,
mohon saran pake oli apa yah,,,? trimkasih atas jawabannya

ane bantu sis deesanti dikit ya. cari aja oli buntut 30 gan. ikutin standar pabrikan.. merk bebas aja sesuain ama dompet aja gan.. klo PFD agak berat gan karena buntut 40, tapi klo agan mo coba gpp..

sisanya boleh sis deesanti tambahin
Diubah oleh Tom-An
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-02-2018 14:58
Quote:Original Posted By Tom-An
ane di spacy yg pake ac alam ga ada penguapan pake 0W-20 Amsoil. sempet ganti ke amsoil 0W-30. sekarang mo coba lg oli Q8 ultra 0W-20, tapi keburu terkontaminasi ama oli bekas di BERES. sh*t...


banyaknya ga tau brp banyak sis.. cuma bak penampungnya kan udah kecampur berbagai sisa oli bekas berbagai merk n berbagai serpihan gram emoticon-Ngakak (S)

nah berhubung sisa oli Q8 dari motor n mobil cuma 500mL, ane rencana sementara mo pake oli eneos 0W-20 buat bersihin sisa oli lama.
Eneos 0W-20


bagus ga sis oli ini? Tq ya..emoticon-Shakehand2



ane bantu sis deesanti dikit ya. cari aja oli buntut 30 gan. ikutin standar pabrikan.. merk bebas aja sesuain ama dompet aja gan.. klo PFD agak berat gan karena buntut 40, tapi klo agan mo coba gpp..

sisanya boleh sis deesanti tambahin


rekomen apa gan / sis ?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-02-2018 16:44
Quote:Original Posted By androder


rekomen apa gan / sis ?


klo ane rekomen pake Amsoil (0W-30 ato 5W-30) ato klo agan ada pilihan lain yg buntut 30 gpp
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-02-2018 22:30
Quote:Original Posted By Tom-An
klo ane rekomen pake Amsoil (0W-30 ato 5W-30) ato klo agan ada pilihan lain yg buntut 30 gpp


kira" brpaan ya gan amsoil ? oh stu lgi knp harus 30 buntutny gan? makasih pencerahannya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
13-02-2018 13:59
Gan mw nanya, sy baru mw pake meditran sx untuk jupiter mx 2008, kilometer udah panjang bgt..seblumnya pake enduro racing terus.. Bbm pake pertalite..

Langkah teknisnya brarti ganti filter oli juga trus periode flushingny sampe kapan gan kira2?

Trus setelah flushing kan ganti oli baru lagi dan filter oli kudu ganti lagi ya gan?

Makasih gan.. Segitu dulu pertanyaannya..

0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
14-02-2018 01:36
Quote:Original Posted By heuristic


wah ternyata saya selama ini salah ya, saya kira apapun kendaraan nya klo pake oktan yang lebih tinggi maka jadi lebih bersih dan lebih baik, ternyata tak sepenuhnya betul ya.

jadi lebih baik untuk motor honda beat saya pakai nya bensin RON92 (pertamax) atau shell super ya.
dan untuk oli saya jadi tergoda untuk nyoba pakai Pertamina Fastron Techno yang 30wt, apakah itu cocok untuk kendaraan saya ?

dan setelah saya baca page 1 mengenai flushing, untuk filter oli honda beat ada di sebelah mana ya sis ? soal nya selama ini ke bengkel ga pernah di tawarin ganti filter oli beat nya

terima kasih


Filter beat bentuknya kawat gan,bkn kertas kya suzuki atau yamaha jdi ga perlu diganti klo ga rusak,cukup dibersihin aja.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
14-02-2018 10:50
Suhu
Ane pakai Shell Rimula Rx4 di cs1 ane enak2 aja no problem
Rencana ane mau dipakein ke cb150 old ane km masih 3000an. Tentunya gak perlu flushing karena masih low milleage .
Apa disini ada yang pakai shell rimula di cb 150 old streetfire juga?? emoticon-Malu (S)
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
14-02-2018 15:29
Halo..
Ane mau ikutan tersesat. Ane pakai vario 125 iss cbs. Kemarin ganti oli pakai motul le scooter di km 800. Sekarang sudah 1600an.
Dan mau ganti oli sesat. Menurut suhu2 lbh baik PFG, TQ 9000 future, Motul H-tech 100 plus, liqui moly spesial tech 5w-30?? Mohon saran dan bimbingannya.. karena pakai motul le kurang mantep. Mesin masih kasar dan biasa aja tidak sesuai ekspetasi
Lalu ganti olinya nunggu harus 2000km atau ni nanti di km 1800 bole ganti?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
15-02-2018 00:27
Quote:Original Posted By monomon35
Halo..
Ane mau ikutan tersesat. Ane pakai vario 125 iss cbs. Kemarin ganti oli pakai motul le scooter di km 800. Sekarang sudah 1600an.
Dan mau ganti oli sesat. Menurut suhu2 lbh baik PFG, TQ 9000 future, Motul H-tech 100 plus, liqui moly spesial tech 5w-30?? Mohon saran dan bimbingannya.. karena pakai motul le kurang mantep. Mesin masih kasar dan biasa aja tidak sesuai ekspetasi
Lalu ganti olinya nunggu harus 2000km atau ni nanti di km 1800 bole ganti?


Vote Total Quartz 9000 Future..

hasil test yg di lakukan orang luar jg bagus bgt ini oli ..
hasil test nya sangat memuaskan
0 0
0
Halaman 420 dari 473
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia