nastak.beybehAvatar border
TS
nastak.beybeh
Sandiaga Uno Dapat Laporan BMKG Ada Patahan Gempa di Berlan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapatkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait ada patahan gempa di Berlan, Matraman. BMKG meminta agar Pemprov DKI meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gempa di wilayah Jatinegara tersebut.

"Ada patahan yang selama ini tidak aktif," ujar Sandiaga di Balaikota DKI, Selasa 13 Februari 2018.

BMKG mengunjungi Balaikota DKI pada Senin, 12 Februari 2018. Sandiaga Uno menyampaikan bahwa salah satu yang didiskusikan dalam pertemuan itu adalah patahan gempa di kawasan Berlan.

Menurut Sandiaga Uno, BMKG tengah mempelajari data dari tahun 1916 mengenai pergerakan patahan tersebut. "Saya diberikan laporan untuk meningkatkan kewaspadaan di daerah sana," ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Kepala BPBD DKI Jupan Royter Tampubolon menanyakan potensi gempa susulan setelah gempa Lebak kemarin. "Dan itu yang disampaikan oleh mereka," kata Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga Uno, setiap kali gempa terjadi ada yang disebut golden period, yakni waktu 20 detik yang dibutuhkan dari indikasi awal sampai gempa sampai sini kalau jaraknya sejauh 200 kilometer. Pemprov DKI dan masyarakat harus menentukan prosedur standar untuk antisipasi gempa dalam periode waktu yang amat singkat tersebut.

"Nah, mengenai patahan ini, yang selama ini tidak terlalu aktif dan tidak terlalu dipantau. Kami harus harus pantau, apalagi kejadian seperti ini kami berkoordinasi," kata Sandiaga.

Saat ini, kata Sandiaga Uno, telah disepakati menindaklanjuti MoU antisipasi gempa dan kerja sama antara BMKG dengan BPBD, Damkar, Satpol PP. "Saya sudah menunjuk Pak Budi Utomo, staf khusus di kantor Wagub untuk menindaklanjuti," ungkapnya.

Sumur

Jadi kapan ibukota negara pindah? Udah ga aman kayaknya..
0
3.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.