• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Surat Nabi Muhammad SAW Untuk Pendeta Nasrani Biara Santa Katarina Gunung Sinai

xenoprotonAvatar border
TS
xenoproton
Surat Nabi Muhammad SAW Untuk Pendeta Nasrani Biara Santa Katarina Gunung Sinai
Surat Jaminan Nabi Muhammad SAW (Achtiname of Muhammad) Untuk Pendeta Nasrani (Kristen) Biara Santa Katarina Di Gunung SInai Mesir

Di kaki Gunung Sinai, di lokasi yang merupakan tempat suci agama Yahudi, Kristen dan Islam, berdiri salah satu biara tertua yang masih berfungsi saat ini, yaitu Biara Santa Katarina.

Pendirian biara ini dimulai pada tahun 337 Masehi, ketika Ratu Helena, ibu dari Kaisar Konstantinus, memprakarsai pembangunan sebuah gereja di lokasi yang diyakini sebagai tempat Nabi Musa melihat api dari semak duri yang tak terbakar.

Pengembangannya dilakukan oleh Kaisar Justinus antara tahun 527-565 Masehi dengan membangun Basilika Transfigurasi, sehingga namanya menjadi Biara Transfigurasi. Namun, sejak abad ke-9 Masehi menjadi terkenal sebagai Biara St. Katarina dari Alexandria oleh sebab kehadiran relik sang martir di situs itu.

Biara ini tidak hanya menyimpan ribuan manuskrip abad silam dan karya seni Kristen yang mengagumkan, tetapi juga sebuah surat dari nabi junjungan dan pemimpin umat Islam.

Surat yang ditulis tahun 623* Masehi ini berisi tentang perintah Nabi Muhammad untuk menghormati dan melindungi hak asasi dan kebebasan beragama umat Kristen.



Kutipan Bahasa Inggris dan terjemahan dari surat itu:

Quote:

Menurut tradisi, sebuah delegasi dari Sinai memohon perlindungan dari Nabi Muhammad. Hal ini dikabulkan dan sebuah surat ditulis serta disahkan dengan menaruh tangannya di atas dokumen itu.

Pada tahun 1517, Sultan Selim I, dengan mengakui isi dokumen itu, membawanya untuk disimpan dalam perbendaharaan istana di Konstantinopel. Ia pun memberikan salinan untuk disimpan di biara St. Katarina, yang turut disertai gambaran telapak tangan sebagai lambang bahwa dokumen itu disahkan oleh Nabi Muhammad.

Dokumen ini sekarang disimpan di Museum Topkapi di Istambul, Turki.

Biara St. Katarina, yang merupakan salah satu dari situs warisan dunia, merupakan rumah dari manuskrip Alkitab, Kodeks Sinaitikus (ditulis 330-350 Masehi), yang saat ini disimpan di British Library.

Di dalam St. Katarina juga terdapat Mesjid Fatima yang baru-baru ini direnovasi. Bangunan ini merupakan sebuah kapel yang berubah fungsi menjadi mesjid pada tahun 1106 dan tepat berdiri di samping gereja Ortodoks, sehingga minaretnya berdekatan dengan menara lonceng gereja.

Mesjid ini menjadi lambang perlindungan dari para kalifa Mesir, termasuk toleransi dari para biarawan terhadap Islam. Penduduk lokal Beduin, Jabaliya, secara turun-temurun memegang kunci mesjid ini.



sumber
-https://menarapenjaga.blogspot.co.id/2013/08/surat-nabi-muhammad-untuk-biara-kristen.html-
-https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_Jaminan_Muhammad-
-https://en.wikipedia.org/wiki/Ashtiname_of_Muhammad-



Dalam Hukum Islam seorang lelaki muslim boleh menikah dengan wanita ahli kitab dari kalangan judaism, sabian dan nasrani. Dan sang suami wajib memberikan sang istri kebebasan dan perlindungan dalam menjalankan ajaran agamanya.

“Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu” [Surat al-Maidah Ayat 5]

Dan dalam Hukum indonesia Gak Boleh Anda NIkah Beda Agama hehe.

Di eropa dan amerika lelaki muslim yang menikah dengan kaum wanita dari kalangan ahli kitab sih banyak. Hihi

Isi surat Ini adalah perintah Rasulullah SAW wajib di taati oleh umat islam hingga akhir zaman

“Dan Kami tidak Mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (Al-Anbiya’ 107)

Untuk Menambah wawasan dan pengetahuan..
Diubah oleh xenoproton 13-02-2018 10:35
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
71.2K
510
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.