• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kayu Pucang Kalak, Tongkat Komando Bung Karno yang Dipercaya Berkekuatan Gaib

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Kayu Pucang Kalak, Tongkat Komando Bung Karno yang Dipercaya Berkekuatan Gaib
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast



Siapa yang tak kenal Ir. Soekarno? Tentu saja, semua masyarakat Indonesia bahkan mungkin dunia telah mengenalnya. Ir. Soekarno atau lebih akrab disapa Bung Karno adalah tokoh proklamator Indonesia sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama. Bung Karno dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana. Hal-hal yang bersifat misterius pun tak bisa dilepaskan dari sosok Bung Karno. Salah satu hal misterius yang berkaitan dengan Sang Proklamator adalah tongkat komandonya.



Tongkat komando Soekarno dibuat dari kayu jenis pucang kalak. Kayu jenis itu merupakan kayu yang langka. Kayu ini berasal dari pohon pucang yang tumbuh di utara Pacitan, Jawa Timur, tepatnya sebelah selatan Ponorogo. Kabarnya, pohon pucang kalak tumbuh di atas persemayaman keramat.

Tongkat pucang kalak bisa berada di tangan Soekarno karena ada seseorang yang mendatangi Presiden pertama RI itu dengan membawa sebalok pucang kalak yang ditebangnya sendiri. Soekarno pun menerimanya dengan senang hati. Lalu, beliau membawanya ke pengrajin di Yogyakarta untuk dibuat menjadi sebuah tongkat.



Karena alasan tersebut, banyak kalangan berpendapat tongkat Bung Karno adalah tongkat sakti. Namun, ketika Bung Karno dimintai komentar terkait hal itu, beliau mengatakan bahwa tongkatnya hanyalah sebuah kayu biasa yang digunakan untuk menunjang penampilan. Keterangan berbeda disampaikan oleh salah seorang ajudannya. Ia berkisah bahwa suatu hari ia dimintai tolong Bung Karno untuk membawakan tongkatnya tersebut. Saat membawanya, sang ajudan merasa menjadi orang besar yang penuh dengan wibawa.

Dari cerita tersebut, muncul anggapan bahwa barang siapa membawa tongkat pucang kalak itu akan menjadi orang yang berkharisma dan berwibawa. Pendapat itu diperkuat dengan pernyataan bahwa di dalam tongkat disematkan pusaka "sodo lanang". Pusaka tersebut dipercaya menbuat pemakainya memiliki daya tarik yang luar biasa.



Hal aneh lain juga diungkapkan oleh sang ajudan. Pada suatu hari, seorang tamu yang mengunjungi Bung Karno menanyakan isi tongkat komandonya. Bung Karno lantas membuka tongkat tersebut dan lampu di sekeliling pun tiba-tiba padam. Kemudian, tongkat ditutup kembali dan semua lampu kembali menyala.



Kekuatan magis yang dipercaya ada dalam tongkat itu masih menyimpan banyak tanya. Banyak kalangan yang penasaran terkait kebenaran hal itu. Karena hal itu, ada kabar burung yang menyebutkan bahwa banyak pihak yang memperebutkan tongkat komando Bung Karno. Walau demikian, para ahli supranatural mengatakan bahwa tidak semua orang bisa membawa tongkat itu. Hanya mereka yang bersih dan mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan orang banyaklah yang mampu.

Di balik semua kisah misterius tongkat komando pucang kalak, Ir. Soekarno memanglah pemimpin negara yang banyak dipuja dan dihormati. Sekadar info tambahan nih, Bung Karno sebenarnya punya tiga tongkat komando yang dibawa pada aktivitas yang berbeda-beda. Satu tongkatnya mengiringinya ketika berada di luar negeri. Tongkat yang lain mendampingi Bung Karno saat berhadapan dengan para jenderal. Tongkat terakhir dibawa saat menyampaikan pidato. Namun, saat beliau buru-buru, tongkat terakhirlah yang sering ikut bersamanya.



Sumber: Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
7.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.