Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
MA Menangkan Agung Podomoro soal Izin Superblok di Medan

Jakarta - Mahkamah Agung memenangkan Agung Podomoro Land soal izin superblok Podomoro City di Medan, Sumatera Utara. Sebelumnya, izin pembangunan apartemen dan pusat bisnis itu dicabut oleh majelis kasasi MA.

Kasus bermula saat LSM setempat, Yayasan Citra Keadilan, menggugat PT Sinar Menara Deli, yang mengantongi izin pembangunan dari Wali Kota Medan tertanggal 24 Maret 2015. Dalam perjalanannya, Agung Podomoro mengakuisisi proyek tersebut.

Citra Keadilan menggugat soal izin amdal karena dinilai tidak memenuhi syarat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kasus pun bergulir ke pengadilan.

Pada 28 Oktober 2015, Pengadilan Tata Usaha Negara Medan membatalkan izin tersebut. Tapi putusan itu berbalik arah di tingkat banding. Pada 3 Maret 2016, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan menyatakan gugatan Citra Keadilan tidak bisa diterima.

Perkara pun masuk kasasi. Pada 11 Agustus 2016, MA akhirnya menyatakan batal Keputusan Wali Kota Medan Nomor 645/299 K tentang IMB kawasan itu.

Atas hal itu, pengembang melakukan upaya hukum luar biasa, yaitu PK. Apa kata majelis PK?

"Membatalkan putusan MA Nomor 274 K/TUN/2016 tanggal 11 Agustus 2016. Mengadili kembali, menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya," demikian lansir panitera MA sebagaimana dikutip dari website-nya, Selasa (23/1/2018).

Duduk sebagai ketua majelis adalah Syarifuddin. Selain sebagai hakim agung, ia sehari-hari merupakan Wakil Ketua MA. Adapun anggota majelis PK adalah hakim agung Yosyan dan Yulius. Menurut ketiganya, amdal sudah ada dan diberikan atas proyek itu sesuai peraturan yang berlaku.
(rvk/asp)

https://news.detik.com/berita/d-3828...rblok-di-medan

menang gan
0
1.3K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.