BronbayAvatar border
TS
Bronbay
4 Fakta Keliru Tentang Shaolin
Biara Shaolin kuno sering dijadikan simbol dalam dunia bela diri. Dari Bruce Lee, Jet Lee bahkan sampai Kung Fu Panda pun dianggap mampu meyebarkan filsafat Buddhis ke seantero Bumi. Namun, meskipun Shaolin telah menjadi bagian integral dari budaya global kita, kebanyakan dari kita hanya sedikit yang tahu tentang fakta Shaolin sebenarnya.



1.Shaolin Dimulai oleh Orang India
Biara Shaolin adalah bagian integral dari budaya Tionghoa sehingga orang sering terkejut mengetahui bahwa pendirinya sebenarnya bukan orang China. Dikenal sebagai Batuo atau Buddhabhadra, pendiri Shaolin adalah seorang biarawan Budha yang mengembara dari India yang tiba di Kekaisaran Wei Utara sekitar tahun 464 M. Dia berkhotbah di sana selama beberapa dekade sebelum Kaisar Xiaowen memerintahkan pembangunan Biara Shaolin di Mount Song, di provinsi Henan sekarang, dan menjadikan Batuo sebagai abbas pertamanya. Sumber dari periode ini jarang diberitakan, namun vihara pertama tersebut telah berfungsi sebagai pusat untuk menerjemahkan teks-teks Buddhis ke dalam bahasa China. Di bawah kepemimpinan Batuo, para biksu mengikuti aliran Buddhisme Hinayana. Karena aliran Hinayana sangat sulit untuk diikuti bahkan bagi para biarawan sekalipun, biara tersebut sangat sulit untuk berkembang. Sejak kedatangan Budhidharma, seorang biksu India lainnya, Aliran Hinayana dibuang dan diganti dengan Buddhisme Chan (Zen), yang diikuti oleh para biarawan Shaolin sampai hari ini.

2. Shaolin Bukan Satu-satunya Pencetak Prajurit Biksu
Bertentangan dengan kepercayaan yang sudah dikenal, Sebenarnya Shaolin tidak memegang monopoli atas bisnis 'prajurit biksu'. Berabad-abad sebelum Shaolin didirikan, biara-biarawan Buddha China lainnya telah menyimpan senjata dan berlatih seni bela diri. Shaolin sendiri dibangun untuk menjadi pusat pembelajaran yang damai. Menurut legenda, Saat kedatangan Budhidharma pada abad ke-5 atau ke-6 Masehi, para biksu Shaolin mulai mempraktikkan keterampilan bertarungnya pada abad ke-14. Di India, Naga Sadhus pernah menjadi pejuang yang paling banyak menggunakan senjata dan berperang dari semua sekte Hindu. Para pemuja Siwa, para Sadhus dikenal oleh wisatawan saat ini sebagai orang suci Hindu yang mengenakan celana jepit dengan rambut kusut, tapi selama masa Mughal mereka termasuk di antara prajurit yang paling ditakuti. Para biksu Budha juga berlatih bela diri dan seni, yang disebut Bool Kyo Mu Sool (Buddhist Temple Martial Arts). Di Jepang, Sohei, atau "prajurit biksu", pernah menguasai wilayah-wilayah besar, bahkan di Tibet, ada persaudaraan biksu prajurit di bawah komando Dalai Lama.

3. Kung Fu Bukan Dari Shaolin
Di Cina, dikatakan bahwa "semua seni bela diri muncul dari Shaolin." ini adalah fakta yang keliru. Tidak ada pelatihan tempur yang dilembagakan selama beberapa abad setelah Shaolin didirikan. Para bhikkhu berpartisipasi dalam pertempuran dan membantu mendirikan Dinasti Tang (618-907 M), namun tidak ada bukti bahwa mereka telah mengembangkan bentuk pertarungan yang unik. Sejarawan percaya bahwa para bhikkhu selama Dinasti Tang hanya menggunakan persenjataan umum dan tidak begitu ahli dalam seni bela diri dibandingkan tentara lainnya. Sementara catatan paling awal tentang seni bela diri Shaolin berasal dari abad ke-14, para biksu mungkin mulai mengkhususkan diri dalam bertarung selama abad ke-12. Keahlian Shaolin dalam pertarungan langsung hanya bisa dilakukan pada abad ke-16. Sementara itu, sejarah kung fu dapat ditelusuri kembali jauh sebelum biara Shaolin didirikan. Sejarah Musim Semi dan Musim Gugur, yang mungkin terdiri antara 800-500 SM, merujuk teknik bela diri "hard" dan "soft", menjadi filosofi kung fu inti saat ini. Pada masa Dinasti Ming (1336-1644 M.), ketika Shaolin pertama kali dikaitkan dengan keunggulan bela diri, justru kung fu sudah umum di seluruh China.

4. The Jieba
Penggemar film kung fu pasti sering melihat dan memperhatikan bahwa biksu Shaolin sering digambarkan dengan sembilan titik melingkar (tiga baris dari tiga titik) di dahi mereka. Titik-titik itu dikenal dengan sebutan Jieba. Jieba adalah sebuah tanda suci yang ditempatkan pada seorang bhikkhu oleh tuannya atau Abbas sebagai tanda bahwa ia telah menyelesaikan pelatihannya. Jieba memiliki arti penting dalam Shaolin-setiap titik menandakan salah satu aturan dasar perilaku yang harus diikuti setiap bhikkhu. Sayangnya, Jieba adalah hal yang dilarang sampai saat ini. Penyematan Jieba melibatkan upacara panjang, dimana para biksu harus melakukan meditasi intens dan pengkondisian fisik selama satu bulan. Pada klimaks upacara tersebut, sembilan batang dupa ditempelkan di bagian atas kepala dengan pasta. Tongkat dupa ini kemudian dibiarkan menyala sampai kulit kepala hangus dan benar-benar hitam.Pada tahun 2007, pemerintah China akhirnya mengumumkan pencabutan sebagian dari larangan tersebut, yang memungkinkan para biarawan untuk menghidupkan kembali tradisi kuno tersebut. Hanya 100 bhikkhu yang dianggap siap secara fisik dan mental untuk menerima Jieba, dan hanya 43 yang benar-benar menjalani upacara pemberian 'merek' tersebut. Sampai saat ini, hanya ada satu orang Barat yang diketahui telah menerima Tesino Jieba-Franco, yang juga dikenal sebagai Shi Yan Fan, seorang biarawan kelahiran Italia yang sekarang mengelola sebuah kuil yang berafiliasi di California.

Prosesi Penyematan Jieba


TERIMA KASIH SUDAH MAMPIR DI THREAD ANE. JADILAH PEMBACA YANG SOPAN DAN BAIK.MOHON DIRATE GAN SIS..BIAR ANE TAMBAH SEMANGAT... emoticon-Angkat Beer

JIKA TIDAK SUKA DENGAN TULISAN ANE.....TINGGALKAN GAN..'
JIKA MENURUT AGAN BERMANFAAT...GIVE RATING GAN...
JIKA AGAN MENDUKUNG ANE....CENDOLIN GAN...

jangan lupa, ikuti youtube: bronbay.channel yang akan menyajikan berita-berita unik lainnya. Support aku ya gan sis...dengan cara like dan subscribe :

trima kasih gan sisku...




MY ANOTHER ATRCLE :
5 Unknown Fact dari Lagu Best Hits Era1990anNEW
4 (empat) Penemuan Fenomenal Yang Ternyata Diciptakan oleh Anak Remaja NEW
5 (LIMA) LOST CITIES YANG KINI MENJADI ICON WISATA POPULER NEW
5 (LIMA) LOST CITIES YANG KINI MENJADI ICON WISATA POPULER NEW
JIKA TELINGA BISA BERBICARA NEW
Kisah Cinta Terlarang Yang Merubah Sejarah (a real inspirational story)
GA CUMA HANYA DIKENAL BERINGAS, INOVASI INI MEMBUAT BANGSA VIKING SUPERIOR HOT THREAD
4 FAKTA KELIRU TENTANG SHAOLIN HOT THREAD
4 ORANG ANEH YANG PERNAH MENGGEMPARKAN DUNIA SIRKUS HOT THREAD
Selain Yahudi Kaum Ini juga diperlakukan kejam era Nazi Jerman HOT THREAD
5 fakta Mencengangkan Sex Zaman Kuno!! HOT THREAD
UNTOLD STORY BY PELAKOR (BASE ON TRUE STORY) HOT THREAD
Top Secret!! 5 Fakta Pribadi Tentang Tokoh Sejarah Dunia yang Tidak diketahui HOT THREAD
Jangan Asal Makan Aja!!! beberapa hal yang harus diketahui tentang jamur HOT THREAD
WASPADA...!!! BONEKA SEX ANAK-ANAK DIJUAL ONLINE!! HOT THREAD
Jika Robot ini Hadir, Berapa Banyak Pengangguran Muncul di Indonesia HOT THREAD
Diubah oleh Bronbay 25-01-2020 18:06
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
45.2K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.