Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dishwalaAvatar border
TS
dishwala
Walaupun banjir dan Siaga 1, warga Kampung Pulo tetap santai
Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur sejumlah kawasan Bogor dan Jakarta, membuat beberapa sungai atau kali kawasan di dua daerah itu meluap. Salah satunya di kawasan Katulampa, Bogor. Meluapnya air di Katulampa membuat beberapa kali yang ada di Jakarta berstatus siaga 1.

Junaidi salah seorang warga RT 008, RW 003, Kelurahan Kampung Melayu, Kampung Pulo, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, mengatakan, air meluap sudah sejak malam.

"Udah dari malam air meluap, semalam sampai alarm bunyi buat ngasih tahu kalau mau banjir," katanya kepada merdeka.com di Kampung Pulo, Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Senin (5/1).

Pantauan merdeka.com, beberapa warga memenuhi bibir Kali Ciliwung yang berada di Kampung Pulo, Jatinegara Barat. Bukan hanya warga sekitar, beberapa pengendara pun turut sesekali melihat air kali yang meluap dengan mengambil foto untuk diabadikan.

Meskipun air meluap, namun warga belum ada yang melakukan pengungsian dan evakuasi barang-barang berharga di rumahnya masing-masing.

"Warga sih Alhamdulillah belum ada yang ngungsi ini mas," ujar Junaidi. [fik]

https://www.merdeka.com/jakarta/walaupun-banjir-dan-siaga-1-warga-kampung-pulo-tetap-santai.html

NAH KAGA NYESEL KAN JUNAIDIH.. SUNGAINYA UDAH LEBAR KAGA ADA GENANGAN

YG DI DAERAH BERIKUT PASTI KAGA BANJIR LAGI, PALING GENANGAN


Kamis, 29 September 2016 | 07:38 WIB
Jakarta - Ada 12 penggusuran dalam dua tahun kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pengusuran terakhir dilakukan Pemprov DKI di wilayah Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, kemarin.

Berikut 12 penggusuran yang dilakukan Ahok sejak dilantik 19 November 2014 hingga hari ini.

2. Kampung Pulo, Jakarta Timur
Ada ratusan rumah yang digusur Pemprov DKI Jakarta di tempat ini. Alasan penertiban untuk memuluskan program normalisasi sungai Ciliwung. Pengerukan sedimentasi sungai dilakukan agar banjir kiriman dari Bogor tidak meluap ke permukiman warga.

Warga direlokasi ke Rusunawa Jatinegara Barat, Rusun Cibesel dan Rusun Pulogebang di Jakarta Timur.

3. Bidaracina, Jakarta Timur
Bidaracina menjadi kawasan yang terkena imbas dari normalisasi Sungai Ciliwung. Kawasan ini ditertibkan karena akan dibuat sodetan. Menurut Ahok, penggusuran warga Bidaracina dan Kampung Pulo berbeda berdasarkan kepemilikan tanah.

Tanah di Kampung Pulo merupakan milik negara, tanpa ada status sertifikat kepemilikan, sementara Bidaracina memiliki sertifikat, sehingga Pemprov akan membayar ganti rugi kepada mereka yang memiliki sertifikat.

4. Bukit Duri, Jakarta Selatan, Tahap pertama
Penggusuran dilakukan pada 4-12 januari 2016 dengan alasan normalisasi Kali Ciliwung. Warga yang terkena penggusuran di relokasi rusunawa Cipinang Besar Selatan (Cibesel) dan Rusunawa Pulogebang, Jakarta Timur.

Kawasan ini sebelumnya juga pernah dilakukan penggusuran. Ada 97 rumah yang digusur karena berada di bibir Sungai Ciliwung yang akan dinormalisasi. Kala itu, warga Bukit Duri sempat meminta dibangun kampung deret jika mau dilakukan relokasi.

5. Pinangsia, Jakarta Barat
Kelurahan Pinangsia RW 06 memiliki tiga kampung yaitu Kunir RT 04, Balokan RT 05 dan RT 06 di Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Kampung yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini semuanya berada di pinggiran sungai Anak kali Ciliwung.


7. Waduk Pluit, Jakarta Utara
Proyek normalisasi Waduk Pluit yang telah berjalan sejak tahun 2012 ini telah berhasil membongkar 7.000 unit rumah dari 10.000 unit rumah yang ada.

Tahun 2014 sudah ditertibkan 2.000 bangunan, tahun 2015 penertiban tahap II target 2.000 bangunan lagi dan tahap III tahun 2016 target 3.000 bangunan ditertibkan.

8. Menteng Dalam, Jakarta Selatan
Sebanyak 185 bangunan liar di atas saluran air sepanjang 500 meter di Jalan Menteng Pulo, RT 05 RW 14, Menteng Dalam, Jakarta Selatan, ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

9. Kali Krukut, Jakarta Pusat
Ratusan bangunan liar yang berdiri di bantaran kali Krukut, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, dibongkar paksa petugas Satpol PP pada Rabu 30 September 2015.

Pembongkaran lebih dari 250 bangunan liar ini sengaja dilakukan Pemprov DKI, guna menormalisasi kali Krukut yang selama ini dipenuhi sampah akibat banyaknya bangunan liar.

10. Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan
Pada hari Rabu (28/9), Pemprov kembali menggusur ratusan bangunan lain milik warga di RW 9, RW 10, RW 11, RW 12, Kelurahan Bukit Duri, karena dianggap ilegal. Hanya 11 bangunan di RW 10 yang tidak digusur.

Sebanyak 314 kepala keluarga terdampak penggusuran pun hanya bisa pasrah. Tidak ada perlawanan fisik yang dilakukan warga.

11. Pasar Ikan, Jakarta Utara
Penertiban kawasan Pasar Ikan dilakukan pada 30 Maret- 1 April 2016. Kawasan ini direncanakan akan dibangun menjadi kawasan wisata maritim.

Warga Pasar Ikan direlokasi ke Rusunawa Marunda, Jakarta Utara dan Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta Timur.

Penggusuran kawasan permukiman Luar Batang ini, selain karena dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) soal pembangunan, Gubernur Ahok berencana membangun kawasan itu menjadi tempat wisata bahari dan religi di sekitar Masjid Luar Batang.

Penggusuran dilakukan di tiga lokasi di kawasan Luar Batang, yakni Kampung Akuarium, Pasar Ikan, dan sekitar Museum Bahari.

12. Kalijodo, Jakarta Utara
Penggusuran ini dilakukan pada 18-19 Januari 2016 dengan alasan kawasan ini peruntukannya adalah jalur hijau. Jadi akan dibangun jalan beton sepanjang Jalan Kepanduan yang akan dijadikan sebagai jalur joging dan futsal. Juga akan dibangun ruang terbuka hijau.

Warga direlokasi ke Rusunawa Marunda, Cilincing, Jakarta Utara dan Rusunawa Pulogebang, Jakarta Timur.

Rencana penggusuran dalam waktu dekat
1. Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan
Penggusuran ini sempat pernah mau dilakukan beberapa waktu lalu, namun ratusan warga Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan berjaga di depan rumah masing-masing untuk menghadapi penertiban oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kawasan ini akan ditertibkan karena Pemprov DKI ingin mengembalikan ini sebagai jalur hijau. Warga akan direlokasi ke Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara.

2. Penertiban seluruh Kawasan Luar Batang, Jakarta Utara
http://www.beritasatu.com/megapolitan/389284-selama-menjadi-gubernur-dki-ahok-telah-lakukan-12-penggusuran.html
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.