Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Domestik
  • Di Balik Kemegahan Candi Borobudur Yang Tidak Banyak Diketahui Wisatawan.

bhekaAvatar border
TS
MOD
bheka
Di Balik Kemegahan Candi Borobudur Yang Tidak Banyak Diketahui Wisatawan.



Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia. Candi termegah yang ada di dunia itu memiliki beberapa hal yang menakjubkan untuk ketahui. Daya tarik wisatawan asing ke Borobudur masih kalah dengan kunjungan wisatawan asing ke Angkor Wat.

Padahal, Kementerian Pariwisata mencanangkan program 10 Bali baru yang salah satunya adalah Borobudur. Singkatnya, Bali baru dibentuk hanyalah untuk merangsang jumlah wisatawan untuk datang ke Indonesia dan mengunjungi Borobudur.

Ya, intinya seperti Bali yang selalu mendantangkan devisa negara dan menggaet turis asing untuk berkunjung ke sana! Jika Anda tahu, ada beberapa fakta menarik tentang Borobudur.


The Diversity of Indonesia, Dari Sabang Sampai Merauke.



Borobudur selalu menjadi tempat sakral pada saat perayaan Waisak. Bisa Anda hitung berapa banyak biksu yang hadir untuk sembahyang di sana. Mereka tak hanya datang dari Indonesia saja, melainkan dari berbagai negara salah satunya dari Thailand.

Fakta lainnya, dialami oleh para turis dari China dan Thailand yang merasa kagum terhadap megahnya candi Borobudur ini. Mereka terkesan dan berkata bahwa Borobudur lebih megah dari pada Angkor Wat. Masyarakat Indonesia harusnya bangga karena candi megah ini ada di negara Anda. Salah satu aset berhatga untuk mendatangkan wisatawan dari mancaneara lho!

Borobudur dulunya ditemukan oleh Raffles saat dia menjajah Indonesia. Gubernur Jenderal Inggirs ini pun menuliskan penemuannya dalam bukunya yang berjudul The History Of Java.




Banyak sekali versi yang berkaitan dengan Borobudur. Raffles sendiri pun mengartikan Borobudur dalam 3 versi nama, Borobudur yang bermakna Buddha Agung (Boro=Agung, Budur=Buddha), sebagai tempat kuno (Boro=nama daerah, Budur=kuno), dan berarti banyak Buddha (Boro=Banyak, Buddur=Buddha). Lain halnya dengan Raffles, situs Direktorat Jendral Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengartikan lain, sebagai pohon kehidupan yang subur di sekitar candi

Candi Borobudur tertelak di tempat yang strategis dengan diapit oleh dua buah gunung yaitu gunung Merapi dan gunung Merbabu, gunung lainnya adalah Sumbing dan Sindoro. Tak luput Pegunungan Menoreh yang ikut bagian untuk menjaga candi Borobudur. Anda pun tahu bahwa di sekitar Candi Borobudur terdapat sungai yaitu Progo dan Elo yang mengelilingi candi itu.

Tahu kah Anda, kalau tumpukan batu yang menyusun Candi Borobudur adalah terbuat dari balok vulkanik yang tidak disertakan bahan pelekat.

Relief pada candi Borobudur berjumlah 2.672 dari 1.212 relief dekoratif dan 1.460 relief kisah. Anda bisa menikmatinya saat berkunjung ke sana.

Jika Anda perhatikan relief yang ada di dinding candi Borobudur merupakan kisah kehidupan Buddha lho. Apa pernah Anda tahu bahwa daratan Kedu di sekitar Borobudur adalah danau purba? Hal ini salah satu penemuan kontroversial yang diungkapkan oleh seniman dan arsitektur Buddha W.O.J Nieuwenkamp. Uniknya dia mengatakan bahwa Borobudur adalah sebuah bunga teratai yang megapung di atas air.




Untuk sampai ke Borobudur Anda bisa mengambil penerbangan ke Yogyakarta, jika ada penerbangan langsung. Namu, bila tidak Anda bisa transit dulu di Jakarta, Kemudian melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.

Yogyakarta bisa menjadi tempat transit terbaik dan terdekat ketika Anda ingin pergi ke Borobudur. Meskipun Anda menggunakan transportasi darat sekalipun. Dari Yogyakarta Anda bisa melanjutkan menggunakan bus hingga sampai ke Magelang untuk sampai di Borobudur.

Anda tak perlu bingung mencari penginapan di sekitar Candi yang megah itu. Banyak sekali penginapan yang bisa Anda pilih sesuai kantong dan kemampuan dana masing-masing. Mulai dari hotel yang bintang satu hingga bintang lima.

Saat datang ke Borobudur, usahakan memakai busana yang sopan, ya! Di sana Anda pun bisa menyewa pemandu wisata untuk menceritakan sejarah Borobudur. Kalau Anda beruntung Anda bisa menikmati pertunjukan tarian tradisional. (Pesona.travel)


The Diversity of Indonesia, Dari Sabang Sampai Merauke.



Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
http://instagram.com/barrykusuma(Inspiring Photos through the Lens)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
Diubah oleh bheka 26-12-2017 03:13
0
22.5K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.