Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Telaga Rambut Monte di Blitar yang Airnya Bening Banget
Telaga Rambut Monte di Blitar yang Airnya Bening Banget
Via backpackerjakarta.com



Lebih dikenal karena ritual pesugihannya, kawasan Gunung Kawi ternyata mempunyai objek wisata yang indah, bersejarah, sekaligus mistis.

Adalah Telaga Rambut Monte, objek wisata berupa sebuah telaga super bening yang luar biasa indahnya. Letaknya berada tepat di lereng gunung, di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Spoiler for Rambut Monte:

Pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan telaga ini. Keunikan Rambut Monte adalah adanya mata air yang membentuk sebuah telaga. Airnya jernih. Seolah pepohonan bisa bercermin dan pantulannya membuat air tepian telaga berwarna hijau mengelilingi pusat mata airnya yang biru. Telaga ini memang tidak terlalu luas, tapi kejernihan airnya yang membias menjadi toska berhasil memancing kedatangan para wisatawan.
Spoiler for Rambut Monte:

Air bening yang terkumpul dalam telaga ini sebenarnya berada dekat sisa-sisa bangunan sebuah candi. Meskipun kini, hanya meninggalkan bagian kakinya saja.

Menurut informasi dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Blitar, candi tersebut memiliki nilai historis Kerajaan Majapahit. Sayangnya sampai saat ini belum ada literatur lengkap yang mengulas tentang sejarahnya.
Spoiler for Rambut Monte:

Telaga ini juga dihuni oleh ratusan ikan langka asli Indonesia yang dikeramatkan oleh penduduk setempat, yaitu ikan Sengkaring. Mereka menyebutnya ikan dewa.
Spoiler for Rambut Monte:

Bukan tanpa alasan ikan itu dikeramatkan. Konon, menangkap ikan itu hanya mendatangkan kutukan dan malapetaka.
Spoiler for Rambut Monte:

Ikan-ikan di sini juga katanya memiliki jumlah yang tetap, tidak berkurang, dan tidak bertambah. Apa benar? Bagaimana mungkin ikan-ikan ini masih bisa bertahan populasinya sampai sekarang jika tidak berkembang biak? Tentu saja, mitos ini boleh kita percaya atau tidak.
Spoiler for Rambut Monte:

Terlepas dari mitos yang ada, kita tetap tidak boleh mengganggu hewan-hewan langka tersebut. Karena keberadaannya serta aura mistis dan nilai sejarah di tempat ini lah yang berperan penting untuk menjaga kelestarian daerah wisata ini.


Baca juga:


0
4K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.