Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tiffanysantosoAvatar border
TS
tiffanysantoso
Ini Nih, 5 Fast Food Asli Buatan Indonesia yang Perlu Agan Coba
Halo agan semua emoticon-Big Grin

Disini ane mau share dan ngajak diskusi tentang tempat makan KFC-KFC-an aseli Indonesia.

Indonesia kan penuh sama orang-orang kreatif ya gan, jadi banyak orang bikin restoran fast food ala Amerika dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding yang asli dari sono. Menu utamanya pun dibuat mirip seperti menu fast food ala Amerika, mulai dari ayam goreng, kentang goreng sampai burger. Ini nih beberapa restoran fast food asli Indonesia yang terkenal enak dan memiliki nama yang unik.

1. Yogya Chicken

Spoiler for Yogya Chicken:


Salah satu pilihan utama bagi agan yang mencari rekomendasi fast food lokal adalah Yogya Chicken.

Yogya Chicken lebih dikenal dengan sebutan “Jogcik” di kota asalnya. Sesuai dengan namanya, franchise fast food ini berasal dari Kota Yogyakarta. Tempat makan yang sekarang memiliki dua manajemen --salah satunya bernama Golden Fried Chicken ini berdiri pada tanggal 27 Agustus 1997 ketika krisis ekonomi dan PHK besar-besaran.

Warung pertamanya dibuat dari papan dan bambu dan berlokasi di daerah Gejayan. Saat ini, Jogcik tersebar di seluruh Provinsi DI Yogyakarta, dan bahkan memiliki cabang di Klaten dan Solo. Paket utama yang dijual Jogcik adalah nasi + ayam dan minuman yaitu teh panas, bukan coke. Indonesia banget, ya? Harga per paket dibanderol mulai dari Rp 5.500 sampai Rp 11.000 untuk paket jumbo. Untuk menu lain seperti burger dan kentang goreng, harganya berkisar antara Rp6.000-7.000. Sangat terjangkau, kan?

2. Olive, Popeye, dan Brutus Fried Chicken

Spoiler for Olive Chicken:


Pilihan lain bagi kamu yang membutuhkan rekomendasi fast food yang murah namun enak adalah trio fast food lokal satu ini; Popeye, Olive dan Brutus Chicken.

Tiga tempat makan ala KFC ini meskipun dinamakan dari film kartun yang sama, tapi ternyata pemiliknya berbeda.

Dari pengamatan ane, brand yang paling eksis dari tiga tempat ini adalah Olive. Olive sendiri berdiri jauh setelah berdirinya Jogcik, tapi sekarang pamor Olive lebih tinggi dari Jogcik karena banyak yang bilang rasanya lebih enak. Harganya pun berkisar antara Rp 6.000 untuk paket nasi + ayam + es teh sampai Rp 11.000 untuk paket nasi + ayam + soda.

Kalau bicara tentang Popeye, yang menarik adalah menu-menunya yang lumayan lebih beragam seperti Pop Pop Snack dan Thigh Strips. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu antara Rp 7.500 sampai Rp 9.500 untuk paket nasi + ayam + es teh. Sementara untuk Brutus, brand ini agak kurang terdengar lagi dan katanya sih, sekarang sudah tutup.

3. Klaten Fried Chicken

Spoiler for Klaten Fried Chicken:


Salah satu rekomendasi fast food unik yang bisa agan temukan di sekitar Jogja dan Jawa Tengah adalah Klaten Fried Chicken. Jika agan sedang berada di sekitar Kota Klaten, pastikan kamu mencoba salah satu kuliner unik ini.

Kepanjangan dari KFC ternyata bukan hanya Kentucky Fried Chicken. Indonesia juga punya versi unik dari KFC, yaitu Klaten Fried Chicken.

Klaten Fried Chicken ini adalah warung tenda pinggir jalan biasa yang dibuat oleh Pak Alip. Lokasinya terletak di Jalan Pemuda dekat Alun-Alun Klaten. Untuk harga juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10.000. Kalau penasaran, agan bisa mampir jika lewat sini dari Jogja menuju Solo atau sebaliknya.

4. Rocket Chicken

Spoiler for Rocket Chicken:


Jika inspirasi di atas belum cukup untuk menjadi rekomendasi fast food bagi agan, agan bisa juga coba untuk mengicipi nikmatnya berbagai pilihan menu di Rocket Chicken. Rocket Chicken didirikan pada tanggal 21 Februari 2010.

Agak berbeda dengan warung fast food lokal lainnya, Rocket Chicken tidak cuma menyajikan menu fast food standar seperti burger.

Mereka juga menyediakan menu steak tepung dan chinese food seperti nasi goreng. Cabang Rocket Chicken tersebar di seluruh Jawa mulai dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Jawa Barat. Untuk harga, Rocket Chicken menjual paket nasi + ayam dan es teh mulai dari Rp 7.500. Untuk menu lain seperti paket steak tepung + minum dan nasi goreng + minum dihargai Rp 10.000. Nah, kalau lagi pengen steak dengan harga murah, mungkin agan bisa coba Rocket Chicken.

5. Donald Fried Chicken

Spoiler for Donald Fried Chicken:


Rekomendasi fast food terakhir dari Caption adalah Donald Fried Chicken. Gerai fast food lokal yang berlokasi di Solo ini menjual menu standard fast food seperti ayam goreng dan minuman soda.

Hal yang unik dari gerai ini adalah namanya yang identik dengan tokoh kartun Donald bebek, namun justru tidak menjual menu bebek sama sekali.

Donald Fried Chicken ini memang tida se-terkenal fast food lokal lain, tapi patut dicoba juga karena harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 8.000 untuk menu standar nasi + ayam dan minuman.

Nah, itu dia beberapa fast food lokal Indonesia yang rasanya tidak kalah denga restoran waralaba dari Amerika. Selain nikmat, harga yang terjangkau pastinya membuat fast food lokal diatas menjadi pilihan hemat. Jadi, kalau lain kali agan sedang ngidam ayam KFC di tanggal tua, jangan ragu untuk mengunjungi fast food di atas.

Apa fast food lokal favorit agan sudah masuk daftar rekomendasi di atas? Atau mungkin agan ada rekomendasi lain yang patut kami coba? Share dong di bawah emoticon-Toast

Sumber

Quote:
0
11.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.