Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Muslimah Jadi Imam Shalat Jum'at Di India


Seorang Muslimah memimpin shalat Jum'at lah kok bisa ?? Entahlah hal ini terjadi di India.



Bahkan karena tindakannya yang membuat orang geleng-geleng kepala iapun diancam akan di bunuh.

Wanita Muslim ini lengkapnya bernama Jamida Beevi, asal Negara Bagian Kerala, India. Banyak ancaman pembunuhan ia terima usai dirinya menjadi imam shalat Jumat dengan jumlah makmum laki-laki dan perempuan yang mencapai puluhan orang.

Jamida Beevi sendiri, dikutip The Guardian, menjadi imam shalat Jumat di tempat ia bekerja, kantor Al-Quran Sunnat Society, beberapa pekan silam. Bahkan tak cuma menjadi imam shalat Jumat, Jamida Beevi juga diketahui menjadi khatib dan menyampaikan ceramah berisikan kesetaraan gender.

Alhasil ketika selesai menjadi imam shalat Jumat tersebut, wanita berusia 34 tahun itu dilaporkan mendapat ancaman pembunuhan daru sejumlah anggota organisasi Islam. Maklum saja organisasi radikal memang sudah jamak ada yang bernafaskan Islam, zaman dahulu disebut khawarij.

Jamida sempat menulis di laman medsosnya “Ancaman pembunuhan saya terima melalui Facebook, YouTube, dan WhatsApp, tapi saya sama sekali tidak takut. Mereka yang mengancam saya adalah ekstrimis yang tidak bisa menerima reformasi apapun,” ungkapan Jamida di medsos.



Jamida Beevi pun disebut sebagai wanita pertama di India yang menjadi imam shalat Jumat bagi jamaah laki-laki dan perempuan.

Keyakinan Jamida akhirnya terungkap ia pun menuturkan “Saya percaya Al Quran mengajarkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Diskriminasi terhadap perempuan itu ulah manusia, dipaksakan oleh ulama laki-laki, dan saya berkeinginan untuk merubahnya,” keyakinan ini juga ada di negeri ini yang sering disebut Qur'anist.

Jamida Beevi juga diketahui merupakan anggota Quran Sunnat Society, sekte kecil yang hanya percaya pada Al Quran saja, tidak pada hadits.

“Dasar Islam itu Al Quran, bukan hadits, yang diciptakan setelah kematian nabi. Selama 1400 tahun, laki-laki yang membuat keputusan. Kini, sudah saatnya berubah,” tutur Jamida.

Nishat Hussain, kepala organisasi perjuangan hak perempuan Muslim Bharatiya Muslim Mahila Andolan (BMMA) di Jaipur memberikan pandangan soal aturan perempuan menjadi imam shalat Jumat.
Saya mendukung gagasan kesetaraan, tapi di dalam Al-Quran dikatakan, seorang perempuan dapat memimpin perempuan lain dalam salat tapi tidak dapat mengimami laki-laki. Namun, jika dia menentang peraturan ini, akan sulit baginya untuk mendapat dukungan dari orang-orang.



Tadinya saya pikir kristen ortodox suriah yang memakai jilbab, hingga cara ibadahpun hampir mirip namun ternyata seorang muslimah, nampaknya semakin banyak pemahaman manusia di dunia ini, maklum saja beda kepala beda rasa, beda isi dan beda keyakinan. Mau sampai kapan kita berbeda ?? Entahlah yang penting tetap Bhineka Tunggal Ika.

Bagaimana menurutmu kawan ?? Serupuutt dolo gan...



emoticon-coffee

Referensi

https://www.theguardian.com/world/20...s-kerala-india

:nyantai




Diubah oleh c4punk1950... 03-02-2018 03:25
0
2.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.