Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

serujambi.comAvatar border
TS
serujambi.com
Akhir Perjalanan Zumi Zola; dari Artis, Bupati, Gubernur hinga Tersangka KPK
Akhir Perjalanan Zumi Zola; dari Artis, Bupati, Gubernur hinga Tersangka KPK

SERUJAMBI.COM, Jambi – Zumi Zola Zulkifli (ZZZ), kini mengalami cobaan sangat berat. Gubernur Jambi periode 2016-2021 ini, pada Jumat 2 Februari 2018, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Jambi. Berikut perjalanan karir Zola -sapaan akrab Zumi Zola Zulkifli-.

Artis Sinetron

Zola, pria kelahiran 1980 ini, awalnya berprofesi sebagai aktor yang membintangi sinteron dan film sebelum aktif di dunia politik. Wajahnya yang menawan, membuat Zola jadi idola sejak tahun 2004. Ia pernah bermain di sinetron Tersanjung 6, Kehormatan 2, dan Si Cecep pada 2004.

Nama Zola kian terkenal ketika menjadi pemeran utama dalan sinetron Culunnya Pacarku pada 2004. Suami Sherrin Tharia ini berperan sebagai Mahmudin, pemuda tampan dan kaya dari Banten yang berkuliah di Jakarta.

Sinetron itu hanya satu tahun mengudara, yaitu sampai 2005. Setelah itu, Zumi tetap melanjutkan karier sebagai aktor dengan membintangi berbagai sineron.

Berbagai sinetron Zumi di antaranya adalah Ku t’lah Jatuh Cinta, Bawang Merah Bawang Putih, Disini Ada Setan, Sweet 17 dan Surga Untukmu.

Aktor keturunan Jambi itu juga sempat beraksi dalam layar lebar melalui Disini Ada Setan (2004), kimpoi Laris (2009) dan Merah Putih (2009).

Bupati Tanjung Jabung Timur

Bila diperhatikan, politik sebenarnya bukan barang baru dalam kehidupan Zumi. Ayahnya, Zulkifli Nurdin, merupakan gubernur Jambi pada periode 1999-2004 dan 2005-2010. Tak heran, bila Zumi ingin terjun ke dunia politik dan menjadi gubernur Jambi.

Pada tahun 2011, Zumi Zola mencoba peruntungan di dunia politik. Berdampingan dengan Ambo Tang, Zumi Zola-Ambo Tang berhasil memenangkan Pilkada Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Zola menjadi bupati satu periode (2011-2015).

Gubernur Jambi

Lalu, pada Pilkada Serentak 2015, Zola kembali mencoba peruntungannya di dunia politik. Ia berpasangan dengan Fachrori Umar (FU). FU ialah Wakil Gubernur semasa Gubernur Jambi dijabat Hasan Basri Agus (HBA).

Bersama FU, Zola menantang HBA di Pilkada Serentak tahun itu. Hasilnya, Zola-FU berhasil memenangkan pertarungan melawan HBA-Edi Purwanto.

Pada tanggal 12 Februari 2016, Zumi Zola resmi dilantik oleh Presiden Jokowi bersama 6 pasang Gubernur terpilih lainnya di Kompleks Istana. Zola-FU semestinya menjabat dari 2016 hingga 2021.

Tersangkut Kasus Dugaan Suap RAPBD 2018

Pada Rabu 28 November 2017, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI membuat gempar Jambi. Tim KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di siang Rabu itu. Belasan orang tersangkut OTT ini langsung diamankan. Sebagian di Jambi sebagian lagi di Jakarta.

BACA JUGA: Berikut Kronologis Lengkap OTT KPK di RM Pak Ndut Jambi

KPK memproses kasus dugaan uang pelicin ketuk palu itu. Hasilnya, empat orang ditetapkan sebagai tersangka. Yakni, Asisten I Setda Provinsi Jambi kala itu Saifudin, Plt Kepala Dinas PU Pera saat itu Arfan, Anggota DPRD Provinsi Jambi Supriono dan Plt Sekda Provinsi Jambi kala itu Erwan Malik.

Sejak ditetapkan sebagai tersangka, posisi ke tiga pejabat Pemprov Jambi itu langsung digantikan orang baru. Zola masih aman.
Namun, di awal Januari 2018, nama Zola mulai diseret-seret dalam kasus itu. Ia beberapa kali diperiksa sebagai saksi atas para tersangka.

Barulah di akhir Januari 2018, Zola kian santer disebut-sebut bakal dijadikan tersangka. Namun, baru hari ini, Jumat 2 Februari 2018, KPK secara resmi mengumumkan status tersangka kepada Gubernur Jambi Zumi Zola.

BACA JUGA: RESMI! KPK Umumkan Status Tersangka Zumi Zola

Profil Zumi Zola

Zumi Zola merupakan anak pertama dari Zulkifli Nurdin dan memiliki 5 saudara yaitu, Zumi Zoftan, Zumisha Nadia Zaquita, Zumi Laza, Amalia Saslika Maharani, dan Amalia Azra Maharani.

Zumi Zola yang memiliki keturunan Melayu Jambi ini merupakan alumni SMAI Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta, ia melanjutkan pendidikan S1 di Institut Pertanian Bogor dan S2 di London Metropolitan University.

Zumi Zola sempat bertunangan dengan Ayu Dewi, namun akhirnya pada tanggal 16 Maret 2012 ia menikah dengan Sherrin Tharia seorang pemain biola dan putri dari Tengku Malinda mantan penyiar TVRI.

Pada tanggal 1 Agustus 2014 Zumi dikarunai anak laki-lakinya, Zameer Zahid Abyadh Zola.
Pada tanggal 22 Juni 2016 Zumi Zola dikaruniai anak kedua yang juga seorang laki-laki bernama Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.(tim/berbagai sumber)

Sumber: Serujambi.com
Diubah oleh serujambi.com 02-02-2018 13:20
0
2.2K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.