Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.nona.Avatar border
TS
.nona.
Pohon Di Tengah Stadion Sepak Bola


Estadio Nacionale de Chile atau Stadion Nasional Chili di kota Santiago, Chili , Amerika Selatan.



Stadion ini merupakan kebanggaan negara Chili ini pernah menghebohkan dunia pada tahun 2003 silam karena ada hal tak lazim di tengah stadion. Yah stadion dengan sebatang pohon Magnolia setinggi 10 meter berdiri kokoh tepat di garis tengah lapangan hijau.



Jika biasanya lapangan sepak bola hanya ditumbuhi rumput saja, kali ini ada yang unik di negara Chile. Lapangan sepak bola yang berada di dan terletak di distrik Nunoa, Santiago ini terdapat sebuah pohon setinggi 10 meter. Tanaman tersebut berada tepat di tengah-tengah lapangan sepakbola terbesar di Chile tersebut. Tak ada alasan mitos atupun keramat yang melatarbelakangi pohon ini tak boleh ditebang. Justru pada kenyataannya pohon magnolia tersebut sengaja ditanam di tengah stadion untuk memperingati peristiwa penyiksaan tahanan politik. Para tahanan politik tersebut mengalmi penyiksaan oleh diktator Pinochet pada 1973. Tercatat lebih dari 40.000 tahanan menghabiskan waktunya di sana



Pada bagian lapangan dan galeri digunakan untuk tempat tahanan pria. Tahanan wanita ditempatkan di ruang ganti kolam renang dan bagian dalam gedung. Seluruh kamar ganti dan juga koridor stadion digunakan sebagai bagian dari fasilitas penjara. Sedangkan interogasi dilakukan di velodrome.



Biasanya setelah pohon tersebut ditanam, pintu stadion akan dibuka untuk umum. Selama satu minggu penuh, pengunjung dan penduduk sekitar dapat menikmati kemegahan dan keindahan stadion Nasional Chile tersebut. Pengunjung yang datang juga diminta untuk mengenang jiwa-jiwa yang sempat menjadi tawanan disana. Sebuah pertandingan juga pernah digelar di lapangan tersebut selama peringatan ini berlangsung. Adanya sebuah pohon di tengah-tengah lapangan membuat pertandingan sepak bola yang dihadiri kurang lebih 15.000 penonton ini menjadi sangat menghibur.



Referensi:

cnnindonesia.com/olahraga/20150704194709-142-64363/stadion-final-copa-america-pernah- dijadikan-penjara

nextnature.net/2009/03/green-soccer/

thenamelessdead.wordpress.com/2010/06/15/a-football-pitch-as-memorial/

emoticon-Angel

Diubah oleh .nona. 30-01-2018 06:17
0
16.4K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.