Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Sesukses Apa Para Rekrutan Mahal di Musim Dingin?

Credit: FourFourTwo

Bursa transfer musim dingin liga-liga sepak bola di Eropa tahun ini dihiasi cukup banyak nama besar. Bahkan salah satunya sukses memecahkan rekor, yakni kepindahan Philippe Coutinho ke Barcelona. Kemudian ada Virgil Van Dijk yang menjadi bek termahal di dunia setelah didatangkan Liverpool dari Southampton.

Belum lagi pertukaran antara Alexis Sanchez dan Henrikh Mkhitaryan. Sanchez kini berseragam Manchester United, sementara Mkhitaryan akan membela Arsenal. Ada juga pemain yang kembali ke pelukan mantan klubnya, seperti Diego Costa yang kembali berkarier bersama Atletico Madrid.

Beberapa nama yang disebutkan di atas tadi bisa dibilang berharga mahal. Coutinho diangkut dengan harga 120 juta Euro. Van Dijk ditebus Liverpool seharga 78,8 juta Euro. Kemudian uang sebesar 66 juta Euro harus dikeluarkan Atletico untuk membawa pulang kembali Costa.

Lalu apakah para pemain mahal tersebut akan langsung memberi efek instan untuk klub barunya?


Credit: Mirror

Dari transfer-transfer yang pernah terjadi di musim dingin tentu tidak semua berakhir menyenangkan. Salah satu contoh nyatanya adalah kepindahan Fernando Torres dari Liverpool ke Chelsea pada Januari 2011. Padahal ketika itu Torres menjadi pemain termahal di bursa transfer musim dingin dengan harga 58,5 juta Euro.

Torres tak bertahan lama di Stamford Bridge. Pada Agustus 2014, El Nino hengkang ke AC Milan dengan status pinjaman sebelum dipermanenkan pada Januari 2015. Selama di Chelsea Torres hanya mampu mencetak 20 gol dari 110 laga. Jika dibandingkan dengan apa yang dilakukannya selama di Liverpool -65 gol dari 102 laga- tentu transfer ini bisa dikatakan gagal.


Credit: Teamtalk

Lain lagi cerita Juan Mata. Gelandang asal Spanyol tersebut didatangkan Man United pada Januari 2014, ketika David Moyes menjadi manajer The Red Devils. Juan Mata yang ketika itu tak masuk skema Jose Mourinho di Chelsea didatangkan dengan harga 44,73 juta Euro.

Berseragam Man United, Mata berhasil menjadi bagian penting dari pasukan Old Trafford, baik saat masih ditangani Moyes, Louis van Gaal, bahkan ketika dirinya bereuni dengan Mourinho. Mata kerap memegang peran penting di sebuah laga ketika Man United menemui kebuntuan. Sejauh ini, Mata sudah menyumbangkan gelar Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa.

Kepindahan pemain di musim dingin tak hanya bisa dilihat dari sukses atau tidaknya sang pemain berlaga di klub barunya. Tapi ada juga pemain yang terkesan hanya mengejar pundi-pundi uang. Misalnya saja, Oscar.


Credit: Evening Standard

Pada bursa transfer musim dingin musim lalu, Oscar hengkang dari Chelsea menuju Liga Super Tiongkok untuk bermain bersama Shanghai SIPG. Tak tanggung-tanggung, biaya transfernya saat itu menyentuh angka 60 juta Euro! Tapi apa yang terjadi setelah itu? Nama Oscar seolah menghilang dari dunia sepak bola dan harus rela kehilangan satu tempat di lini tengah Tim Nasional Brasil.

Tentunya masih banyak nama-nama pemain lain yang bisa dibahas kala membicarakan bursa transfer musim dingin. Tapi ketiga nama di atas –Torres, Mata, dan Oscar- di ambil karena mereka masuk dalam 10 transfer termahal di musim dingin, melansir situs Transfermarkt.

Patut ditunggu kiprah dari Coutinho, Van Dijk, Costa, Alexis, Mkhitaryan, dan banyak pemain lainnya. Apakah kepindahan mereka bisa membawa efek positif untuk klub barunya, atau sebaliknya? Atau malah mereka pindah hanya karena uang?


Credit: Teamtalk


*****

Referensi Tulisan
Click for another thread
0
8.2K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.