Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA
Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA
Ingvar Kamprad
Banyak figur publik yang disebut legenda kala mereka telah tiada. Ingvar Kamprad, pendiri IKEA adalah salah satu yang pantas disebut legenda.

Bukan hanya karena caranya menjual furnitur, tapi juga bagaimana ia mencipta jenama ritel global yang hingga embusan napas terakhirnya masih berdiri kokoh.

Dari rilis yang diterima Beritagar.id, Kamprad meninggal dunia di kediamannya di Smaland, Swedia pada Sabtu (27/01/2018). Usianya 91 tahun, ia meninggal setelah sakit belum lama ini.

Berikut kami paparkan fakta-fakta tentang Kamprad yang melegenda.

Kamprad dibesarkan dalam kondisi miskin. Sejak usia lima tahun, anak petani ini sudah menunjukkan keterampilan usaha. Membeli korek api, pensil dan benda-benda lain dari Stockholm dan menjualnya di kampung halamannya, Smaland.

Pada usia 17 tahun, ia memulai IKEA. Nama IKEA diambil dari inisial namanya, I dan K dan inisial peternakan tempatnya di besarkan Elmytard dan desa Agunnaryd.

Pada 1948, Kamprad menjual furnitur dengan mencontoh desain meja dapur pamannya.

"Saat itu saya mulai bertanya-tanya hanya orang kaya yang mampu memiliki furnitur bagus," tutur Kamprad dalam wawancaranya dengan New York Times. Lima tahun kemudian, ia menambah ragam produk furniturnya.

IKEA berdiri sebagai ruang pamer furnitur pada 1953. Toko yang didirikan Kamprad inilah yang jadi cikal bakal toko IKEA pada 1958 di kota Almhult, Swedia.

Sepanjang tahun '60-an, IKEA melebarkan sayap ke penjuru Swedia, Denmark, dan Norwegia. Ekspansi ini berlanjut hingga pada 1970 IKEA buka toko di Kanada dan Swiss, baru kemudian merambah Amerika Serikat pada tahun '80-an, juga Rusia dan Tiongkok pada tahun 2000. Kini IKEA punya 412 toko di 40 negara, termasuk Indonesia.

Furniture flat-pack yang khas IKEA adalah hasil pemikiran Kamprad. Ide revolusioner ini didapatnya kala melihat seorang pegawai mencopot kaki meja agar dapat dimuat di dalam mobil pelanggan.

Desainer furnitur Jeff Banks dinukil BBC.com mengatakan, kreasi Kamprad telah mengubah bagaimana orang membuat dan mendesain produk untuk rumah. "Banyak orang mencoba meniru tapi tidak sukses," tutur Banks.

Setiap produk di IKEA memiliki nama. Nama-nama itu dibuat karena Kamprad adalah penderita disleksia yang kesulitan mengingat kode.

Penamaan produk toko furnitur ini pun unik. Misal, untuk produk kamar mandi digunakan nama-nama danau di Swedia dan hal-hal yang berhubungan dengan air. Untuk nama produk anak, IKEA menggunakan nama mamalia, juga burung.
Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA

Sepanjang hidupnya, Kamprad yang kemudian menjadi biliuner hidup sederhana. Laki-laki konsisten ini membeli hampir seluruh pakaiannya di pasar loak lokal.

Menurut mantan asisten eksekutifnya, Johan Setenebo, Kamprad ingin dilihat layaknya orang biasa pada umumnya.

Faktanya, Kamprad pernah jadi orang terkaya nomor delapan di dunia. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai 57,8 miliar Dolar AS. Ia punya properti besar di Swedia, kebun anggur di provence, juga bungalow di Swiss.

Selama bertahun-tahun ia masih menggunakan mobil Volvo keluaran 1993, meski di garasinya Kamprad punya Porsche.

Dalam wawancaranya dengan stasiun televisi Swedia, TV4, pengiritan ibaratnya sudah mendarah daging di Smaland--kampung halamannya. "Misalnya sekarang, saya rasa pakaian yang saya kenakan tidak ada yang tidak dibeli di pasar loak," ujar Kamprad kala itu.

Dalam pengumuman di situs IKEA, Kamprad dideskripsikan sebagai sosok pengusaha hebat tipikal Swedia selatan, baik, pekerja keras dan keras kepala, sekaligus hangat.

Walau sudah tidak memiliki peran operasional di IKEA sejak 1988, Kamprad masih menjabat penasihat senior. "Ia bekerja sampai akhir hayatnya, tetap berpegang pada moto diri bahwa masih banyak hal yang harus dilakukan.

Dinukil Forbes, kita pun bisa belajar banyak dari manifesto Kamprad tentang sukses, seperti dituturkan CEO IKEA Denmark, Dennis Barslev.
Memimpin dengan memberi contoh. Di IKEA para manajer berusaha menciptakan kesejahteraan dan mengharapkan hal yang sama dari rekan kerja mereka.Senantiasa haus akan pembaruan. Dari sini tercipta solusi inovatif yang berkontribusi pada kehidupan sehari-hari yang lebih baik di rumah.Kebersamaan dan antusiasme. Kebersamaan memunculkan kekuatan untuk memecahkan masalah yang tampaknya tidak terpecahkan.Sadar biaya. Untuk menciptakan produk murah, ongkosnya juga harus rendah. Jadi ada kepuasan tersendiri saat menciptakan hasil bagus dengan sumber daya yang kecil.Berusaha untuk realistis. Tetaplah memikirkan solusi praktis untuk mengembangkan, memperbaiki dan membuat keputusan berdasarkan kenyataan.Kerendahan diri dan tekad bulat. Bekerja dengan saling menghormati. Dengan tekad kita pasti bisa menyelesaikan pekerjaan.Berani beda. Senantiasa mempertanyakan solusi lama dan mengembangkan gagasan yang lebih baik, serta bersedia untuk berubah.Menerima dan mendelegasikan tanggungjawab. Mempromosikan rekan kerja berpotensi dan memacu mereka untuk melampaui ekspektasi.Kesederhanaan. Gunakan pendekatan santai dan terus terang saat memecahkan masalah, berurusan dengan orang atau menghadapi tantangan.Senantiasa bergerak maju. Tinjau lagi apa yang telah dilakukan hari ini dan bertanya apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik besok, sehingga bisa menemukan ide dan inspirasi baru.Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...d-pendiri-ikea

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA Empat serangan Kabul dan tiga isu dalam kunjungan Jokowi

- Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA Indonesia Fashion Week 2018 rambah pasar daring

- Fakta menarik mendiang Ingvar Kamprad, pendiri IKEA TNI tegaskan lagi ingin ikut tangani terorisme

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
9.3K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread741Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.