Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

parlentengAvatar border
TS
parlenteng
Protes Aturan Wajib Berhijab, Perempuan Iran Ditahan


Otoritas Iran telah menangkap perempuan kedua yang menggelar aksi protes kewajiban berhijab di muka publik.

Pekan lalu, aparat menahan Vida Movahed, seorang perempuan Iran, yang melepas hijab dan mengibarkan kerundungnya di atas salah satu kotak telepon umum di Jalan Enghelab, Ibu Kota Iran, Teheran.

Identitas Vida diketahui setelah pengacara HAM terkemuka di Iran, Nasrin Stoudeh, mengonfirmasi bahwa perempuan 31 tahun itu telah ditahan akibat aksinya. Melalui akun Facebook, Stoudeh kemudian mengatakan Vida telah dibebaskan pada Minggu pekan lalu.



Aksi Vida tersebut mendorong solidaritas dari kaum perempuan lainnya.

Pada Senin (29/1), sejumlah gambar yang menunjukkan tiga wanita Iran berdiri di atas kotak telepon di jalanan Teheran beredar di media sosial.

Gerakan tersebut merupakan salah satu aksi solidaritas kaum wanita di negara Timur Tengah itu menentang aturan negara yang mengharuskan mereka menutup kepala hingga ujung kaki mereka kecuali wajah.

Kepada The Guardian, Stoudeh mengatakan wanita kedua yang menggelar aksi serupa telah ditahan sekitar pukul 11.00 pagi waktu Teheran pada awal pekan ini.



Dua wanita lainnya yang ikut merekam aksi solidaritas itu juga ikut ditangkap meski belum jelas apakah akhirnya mereka juga ikut ditahan.



Sejumlah gambar yang diunggah di medsos menunjukkan bahwa perempuan yang ditahan itu adalah Narges Hosseini yang mengenakan gelang tangan hijau aksi Revolusi Hijau 2009 lalu.

"Pesannya jelas bahwa perempuan sudah muak dengan aturan berhijab secara paksa. Biarkan wanita memutuskan sendiri mengenai tubuh mereka sendiri," kata Stoudeh.

Vahid Online, salah satu saluran populer di Telegram, media sosial terpopuler di Iran, ikut mengunggah serangkaian gambar yang menunjukkan sejumlah wanita lainnya melepas hijab dan mengibarkannya dengan tongkat.



Salah satu gambarnya menunjukkan satu buket bunga diletakkan di atas boks telepon umum tempat Vida dan Narges menggelar aksi protes dan kemudian ditangkap.

https://m.cnnindonesia.com/internasional/20180130151952-120-272636/protes-aturan-wajib-berhijab-perempuan-iran-ditahan
0
2.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.