iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
Aubameyang, 4 Striker Afrika Arsenal, Cuma 2 yang Sukses


Transfer musim dingin kembali bergairah Gan-Sis. Setelah saga transfer Alexis Sanchez dari Arsenal ke MU selesai, sekarang giliran mantan klubnya itu yang memanaskan suasana. Bagaimana tidak, pasalnya Arsenal dikait-kaitkan dengan salah satu striker tertajam di Eropa bahkan dunia. Pasti para Gooners lagi harap-harap cemas nih.

Ya, siapa lagi kalau bukan Pierre-Emerick Aubameyang. Dilansir dari Sky Sport melalui Goal.com (25/01/2018), the Gunners sudah mengajukan penawaran resmi 50 juta pound, tapi pihak Dortmund, klub pemain asal Gabon itu, meminta 10 juta pound lebih tinggi, yaitu 60 juta pound.

Jika jadi ke Arsenal, Aubameyang akan menjadi salah satu mega bintang asal benua Afrika kesekian yang berkiprah di klub asal London Utara itu. Setidaknya ada 4 penyerang asal benua tersebut yang pernah berseragam Arsenal. Siapakah mereka?

Nwanko Kanu



Penggemar Arsenal tahun 90-an dan awal 2000-an pasti tak asing dengan striker yang satu ini. Sebelum masa Alex Iwobi kini, dialah striker asal Nigeria yang pertama kali di Arsenal. Tinggi menjulang, bagus dalam penyelesaian akhir melalui sundulan dan memiliki dribel yang brilian, Nwanko Kanu adalah bagian dari masa keemasan Arsenal. Berhasil memenangkan 2 gelar liga (2002 dan 2004) dan 2 piala FA (2002 dan 2003), seperti dilansir Planetfootball.com (25/09/2017).

Emanuel Adebayor



Striker ini masih aktif dan bermain di liga Turki bersama Istanbul Basaksehir. Sempat manjadi pujaan Gooner selama 4 musim (2006 hingga 2009), karena ketajamannya yang mampu menambal kepergian Thiery Henry. Justru tak lama kemudian jadi musuh publik Emirates Stadium. Pasalnya, ia pindah ke Manchester City dengan alasan uang dan yang paling parah ia merayakan gol dengan reaksi berlebihan ke fans Arsenal dalam pertandingan melawan Manchester City. Lihat videonya di bawah.



Meski begitu, ia termasuk penyerang asal Afrika yang sukses di Arsenal, dan pernah menjadi top skor kedua Liga Inggris musim 2007/2008 dengan 24 gol seperti dilansir Telegraph.co.uk (18/09/2009).

Gervinho



Namanya sekilas seperti nama Brasil dengan akhiran "inho" seperti Juninho, Ronaldinho, atau Sylvinho. Tapi ia ternyata adalah pemain Pantai Gading, duet dari Didier Drogba di lini depan. Nama lengkapnya adalah Gervais Lombe Yao Kouassi. Didatangkan Arsenal setelah bermain apik di Piala Dunia 2010 dan membawa Lille juara Ligue 1. Saat itu ia adalah duet maut Eden Hazard, bintang Chelsea saat ini. Saat bergabung ke Arsenal tahun 2011, ia bermain cukup reguler meski tidak memuaskan Wenger dengan hanya mengoleksi 9 gol selama dua musim dalam 49 pertandingan. Akhirnya ia dilepas ke AS Roma seharga 8 juta pound tahun 2013 seperti diberitakan Reuters (19/08/2013).

Marouane Chamakh



Sama seperti Gervinho, penyerang asal Maroko ini kurang sukses. Bahkan bisa dikatakan lebih parah karena dia sangat paceklik mencetak gol. Hanya mencetak 8 gol dari 40 pertandingan di dua musim setengannya di Arsenal. Padahal di Bordeaux dia produktif dengan berhasil mencetak 56 gol dari 230 penampilan dilansir 90min.com (19/02/2017). Akibatnya, ia menjadi pemain pinjaman singkat ke West Ham (2013) lalu dijual ke Crystal Palace tahun itu juga.

Kalau akhirnya Aubameyang jadi hengkang, apakah akan sukses bahkan lebih moncer, mengikuti jejak Kanu atau Adebayor? Atau justru Gervinho dan Chamakh? Tenggelam dan menurun performanya. Kita lihat saja nanti ya, Gan-Sis.
Diubah oleh iqbalawal 26-01-2018 10:57
0
13.6K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.