Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sorrynotsorryAvatar border
TS
sorrynotsorry
7 Cara Menjadi Lebih Produktif Ala Elon Musk


Mau tau cara menjadi manusia yang lebih produktif ala Elon Musk? Simak 6 langkah yang dilakukan oleh CEO dan pendiri perusahaan teknologi Tesla ini.

Siapa sih yang tidak mengenal sosok Elon Musk, seorang genius yang berhasil membawa perusahaan Tesla menjadi salah satu perusahaan teknologi terdepan. Bahkan belum lama ini Elon Musk juga berhasil membuat pesawat luar angkasa swasta pertama lewat perusahaan yang dia dirikan, SpaceX.

Dari buku yang ia tulis, Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future, kita tak hanya bisa membaca bagaimana perjuangan ia menuju sukses, kita juga dapat mendapat key takeawaysuntuk bagaimana menjadi seseorang yang lebih produktif dan tentunya akan menunjang kesuksesan kita. Berikut rangkuman 10 cara menjadi lebih produktif menurut buku ini:

1. Awali hari dengan pekerjaan yang paling penting


Sebagai petinggi tiga perusahaan teknologi yang menjadi pemimpin di bidangnya, yakni Tesla, SpaceX, dan Neuralink, Elon Musk memiliki kesibukan yang teramat sangat. Itulah mengapa ia selalu memulai harinya dengan pekerjaan yang menurut ia paling penting. Ia ternyata selalu membaca dan membalas email penting pada jam 7 pagi tepat. Dalam hal ini ia memastikan bahwa hanya masalah-masalah paling penting saja yang akan dia tangani pada pagi hari itu.
Pagi hari dirasa merupakan saat yang paling tepat karena otak manusia masih fresh dan bisa lebih fokus.
"Jangan memulai hari untuk membuang waktu dan melakukan hal yang tidak dapat membuat hidup menjadi lebih baik"

2. Sukai kritikan pedas


Kritik yang bernada negatif, menurut Elon Musk, adalah sebuah anugerah yang patut kita syukuri. Ketika banyak orang yang mengejek atau menghina keputusan kita, terima dengan tangan terbuka dan jadikan itu sebagai bahan pembelajaran dan pemacu untuk menjadi lebih baik. Elon Musk mengakui bahwa ia lebih memilih untuk mempekerjakan mereka yang kerap memberi kritikan pedas ketimbang mereka yang gemar memuji.
Dalam kehidupan bersosial, Elon juga mengaku bahwa ia lebih memilih berteman dengan mereka yang jujur dan tak tanggung-tanggung dalam memberikan kritik. Ia lebih menyukai apa yang orang tak suka darinya ketimbang apa yang mereka sukai darinya.
"Meskipun menyakitkan di awal, kritik negatif biasanya akan membawa anugerah yang jauh lebih besar di masa depan."

3. Akal dan pertimbangan adalah kunci


Diceritakan bahwa bagaimana seorang Elon Musk bisa mencetuskan ide mempelopori perusahaan SpaceX yang berencana akan membawa manusia ke planet Mars di masa datang. Ia melakukan riset mengenai berapa harga roket, kemudian menanyakan berapa harga bahan-bahan untuk membuat roket. Ternyata harga bahan pembuatan roket hanya berkisar 2% dari harga jual roket, dari situlah Elon memutuskan untuk membuat perusahaan yang dapat membuat roket sendiri.
Hal pertama yang harus dilakukan dalam melakukan pertimbangan adalah mencari akar permasalahan dan kemudian memecahkannya ke dalam elemen-elemen kecil.
"Lihat masalah secara mendasar dan bangun pertimbangan untuk mengetahui bisa berhasil atau tidak"

4. Pentingnya komunikasi yang baik


Dalam pekerjaan, terutama mereka yang bekerja di kantoran, email merupakan salah satu sarana penting dalam berkomunikasi. Dalam hal ini ada beberapa saran yakni:
* Usahakan menulis email secara singkat padat dan jelas
* Hindari kata-kata yang menunjukkan keraguan seperti "kayaknya" "sepertinya" "mungkin", dsb
* Highlight nama-nama yang menurut kalian penting dan diharapkan untuk membalas
* Jangan pernah mem-forward email thread tanpa memberikan rangkuman dari percakapan-percakapan sebelumnya yang menurut kalian penting
"Orang akan lebih semangat dan bekerja dengan lebih baik ketika mereka mengetahui tujuannya apa dan mengapa"

5. Kumpulkan tugas-tugas serupa dalam satu paket


Multi task menurut penelitian biasanya justru dapat membuat pekerjaan lebih lama selesainya karena otak kita tidak bisa bekerja secara efektif jika kita kerap melakukan beberapa hal berbeda secara berganti-gantian. Akan tetapi kita dapat melakukan multi taksing asal sebelumya kita harus memastikan bahwa hal-hal yang akan kita kerjakan dalam waktu yang bersamaan merupakan hal-hal yang mirip satu sama lainnya untuk memastikan otak kita fokus. Pekerjaan penting juga bisa kita lakukan pada saat kita makan siang.
"Tanpa melakukannya (melakukan beberapa hal dalam sekali waktu), pekerjaan mungkin tak akan terselesaikan secara tepat waktu"

6. Pengembangan diri dimulai dari mindset


Tak pernah puas adalah mantra untuk selalu berkembang dan mengejar tujuan-tujuan baru dalam hidup kita. Elon Musk menyatakan seberapa hebatnya pun kita, pasti masih ada ruang untuk menjadi lebih baik. Selalu ada jalan untuk kita menjadi lebih baik, lebih cepat, dan menemukan cara yang lebih hemat dan efisien dalam menyelesaikan sesuatu. Yang harus kita lakukan adalah menemukan jalan itu.
"Kegagalan adalah sebuah pilihan (yang harus diambil). Jika tidak ada yang namanya kegagalan, berarti kita masih kurang berinovasi"





"Saya rasa bukan hal yang tak mungkin untuk orang biasa memilih untuk menjadi luar biasa"

Stay inspired gansis!


Spoiler for sumur::


Diubah oleh sorrynotsorry 29-01-2018 04:12
0
14.1K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.