sambal.ijoAvatar border
TS
sambal.ijo
Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tiba-tiba Berhenti Berotasi?

Apa Yang Terjadi Jika Bumi Tiba-tiba Berhenti Berotasi?



Welcome Back To My Thread

:welcome :terimakasih


Hot Thread Ke #19
Pada tanggal 29 Januari 2018




Bumi selalu berputar dengan gerakan yang konstan. Gerakan tersebut biasa dibilang dengan rotasi bumi. Rotasi adalah aktivitas atau kegiatan berputar pada porosnya. Rotasi biasa dilakukan oleh planet, asteroid dan beberapa benda langit. Bumi berotasi sangat cepat dan seluruh mahluk hidup tak bisa merasakan putaran tersebut. Banyak dari kita yang tidak menyadari betapa banyak kehidupan sangat bergantung pada rotasi bumi, seperti terjadinya perubahan waktu siang dan malam serta masih banyak lagi.

Tapi pernah nggak sih agan dan sista kebayang bagaimana kalau bumi ini tiba-tiba berhenti berotasi?? Apa yang bakal terjadi pada bumi dan seisinya?? Bagi agan dan sista yang penasaran maka dari itu langsung saja kita bahas bersama-sama permasalahan ini, okee? Langsung saja menuju ke tkp
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir




1. Semua benda termasuk manusia akan terbang ke arah Timur dengan kecepatan yang sangat tinggi

sumber gambar
Seperti yang sudah ane jelaskan sebelumnya, Bumi berotasi sangat cepat hingga kita tidak bisa merasakannya. Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam.

Ibarat kita sedang mengendarai sepeda dan dikayuh dengan kecepatan yang sangat cepat lalu tiba-tiba di rem dengan mendadak, apa yang terjadi pada kita?? Pastinya kita akan jatuh dan terpental dari sepeda tersebut. Sama halnya dengan Bumi ini, Bumi berotasi ke arah timur dengan kecepatan yang sangat tinggi dan tiba-tiba rotasi bumi berhenti maka semua yang ada di permukaannya akan tercabut dari tanah dan terbang ke arah timur dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya jatuh kembali. Itu menurut menurut Sten Odenwald, salah satu anggota dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Khusus untuk daerah khatulistiwa, kecepatannya akan menjadi yang terbesar. sekitar 1.000 mil per jam. Sementara di wilayah kutub kecepatannya mencapai 800 mil per jam. Nasib Indonesia gimana ya? :insomnia





2. Berbagai bencana alam akan terjadi

sumber gambar
Hal kedua yang terjadi jika Bumi tiba-tiba berhenti berotasi adalah terjadinya berbagai bencana dimuka bumi ini. Efek berhentinya rotasi Bumi akan menyebabkan air di laut bergerak membentuk tsunami yang sangat dahsyat, yang akan mengarah ke timur dan menyapu bersih kota-kota pesisir dari permukaan Bumi.


sumber gambar

Selain itu juga aka terjadi badai dahsyat, letusan gunung berapi, dan gempa bumi yang merusak akan terjadi di mana-mana. Itu semua terjadi karena kekuatan kinetik Bumi yang besar dan momentumnya mengguncang planet ini sampai ke intinya. Duhh nggak kebayang gimana jadinya Bumi tercinta kita ini kalau seperti itu.:ceyem




3. Siang dan malam akan lebih lama

suumber gambar
Masalah yang ketiga adalah lamanya pergantian siang dan malam. Kalau sehari-hari biasanya pergantian siang dan malam itu selama 24 jam karena berhenti berputar, setengah hari akan sangat panas dan selalu terang benderang dengan suhu tertinggi di khatulistiwa. Sementara belahan bumi lainnya akan menjadi kerajaan malam yang kekal dan dingin.

NASA memiliki versi lain, jika Bumi berhenti berputar sama sekali, akan ada siang selama 6 bulan yang diikuti oleh malam dengan waktu yang sama.




4. Semua mahluk akan mati.

sumber gambar
Setelah berbagai bencana alam terjadi, Bumi tercinta kita ini tidak mungkin bisa untuk dihuni lagi. Sudah bisa dipastikan semua mahluk yang ada di dalamnya akan mati. Sekalipun ada yang bisa bertahan saat bumi berhenti berputar, kehidupan setelahnya akan sulit dijalankan.

Jika ada manusia yang bertahan hidup, maka mereka hanya bisa tinggal di bawah tanah dan akan keluar ke permukaan menggunakan baju khusus untuk menangkal radiasi. Selain itu, manusia hanya bisa hidup di 'perbatasan' antara siang dan malam.:tepar




Sekian thread dari ane kali ini, mohon maaf apabila ada salah kata. Jangan lupa untuk komen ya gansistemoticon-Om Telolet Om!
Jangan lupa untuk dirate 5 juga
emoticon-Rate 5 Star


Tulisan ini hasil pemikiran ts sendiri dan didukung dengan berbagai data yang ada
Diubah oleh sambal.ijo 31-01-2018 15:22
0
29K
169
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.