Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan

Kebakaran, musibah yang bisa bikin mimpi kita musnah dalam sekejap. Api yang nggak terkendali ini bisa melahap segala harta benda, bahkan korban luka hingga kematian Gan. Kebakaran terjadi nggak mengenal tempat GanSist, bisa terjadi di manapun kapanpun. Salah satu tempat yang rawan terjadi kebakaran adalah rumah sakit.

Kenapa rumah sakit?

Rumah sakit ternyata punya resiko kebakaran yang bukan hanya mengancam para pasien, tapi juga karyawan dan pengunjung yang ada di lingkungan rumah sakit. Bahkan Gan, menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, rumah sakit itu masuk resiko golong 6 yang artinya kategori cukup rawan. Apalagi mayoritas orang yang ada di rumah sakit itu adalah yang lagi dirawat jadi secara fisik perlu bantuan saat evakuasi.

Berikut beberapa kejadian kebakaran yang pernah terjadi di rumah sakit Gan:

1. Rumah Sakit Sejong, Miryang, Korea Selatan

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
Kim Dong-Min/Yonhap, via Associated Press

Kebakaran ini baru aja terjadi hari ini, Jumat, 26 Januari 2018 pukul 7.30 waktu setempat. Api pertama kali terlihat di ruang gawat darurat gedung utama rumah sakit. Menurut NY Times, setidaknya 41 orang tewas dan lebih dari 70 orang terluka dalam kebakaran rumah sakit ini. Sementara kebanyakan korban adalah para pasien dan penghuni panti jompo, karena rumah sakit ini memang punya panti jompo.

2. Kebakaran Rumah Sakit di Jazan, Arab Saudi

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
Saudi Press Agency

Kebakaran yang terjadi pada Kamis (24/12/2015) pagi ini menewaskan 25 orang dan lebih dari 100 orang lainnya terluka. Penyebab kebakaran ini diduga karena adanya gangguan arus listrik. Menurut lembaga pertahanan sipil Arab Saudi, awalnya api berasal dari ICU dan juga bangsal bersalin.

3. Kebakaran Rumah Sakit AMRI di Kolkata, India

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
BBC

Sebanyak 93 orang tewas (termasuk 4 karyawan rumah sakit) dalam kebakaran yang terjadi pada 9 Desember 2011 sekitar pukul 03.00 dini hari waktu setempat. Kebakaran diduga berasal dari lantai bawah gedung rumah sakit yakni tempat penyimpanan bahan-bahan kimia yang mudah terbakar, padahal seharusnya diperuntukkan untuk parkir. Kebanyakan korban tewas akibat kesulitan bernafas saking tebalnya asap yang dengan cepat memenuhi lantai atas.

4. Kebakaran Ruang Tabung Chamber di RSAL Mintohardjo, Jakarta

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
Kriminalitas.com

Pada 14 Maret 2016 kebakaran dipicu oleh korsleting listrik di ruang tabung chamber Pulau Miangas, Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) RSAL Mintohardjo. Berawal dari percikan api di dalam kapsul, operator langsung membuka fire system namun api dalam kapsul langsung membesar dengan cepat serta tekanan di dalam naik. Akibatnya safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Sebanyak 4 orang pasien yang sedang menjalani terapi meninggal dunia akibat kebakaran ini, yakni mantan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira; anggota DPD RI sekaligus Ketua PGRI, Sulistiyo; Edi Suwandi; dan seorang dokter bernama Dimas.

5. Kebakaran Ruang Pusat Data RSU Pamekasan, Madura

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
Ilustrasi kebakaran: OTV

Kebakaran yang terjadi setelah karyawan menggelar upacara apel pagi pada Senin (11/1/2010) ini mengakibatkan seluruh data pasien, karyawan dan data penting seperti Askes serta RTM (rumah tangga miskin) habis terbakar. Selain itu, 1 unit server rusak berat dan 3 unit PC terkena busa pemadam dan tidak bisa digunakan lagi. Diduga penyebab kebakaran adalah karena hubungan arus pendek listrik.

5 Rumah Sakit Ini Pernah Dilanda Kebakaran Gan
Jakartafire.net

Kebakaran di rumah sakit ini emang punya karakteristik beda dengan tempat lainnya GanSist. Selain sifat penghuninya beragam, tingkat kepanikan yang tinggi, bahan terbakar juga tinggi serta bangunannya ditempati 24 jam. Sehingga perlu banget dilakukan manajemen bahaya kebakaran yang terencana. Bukan cuma sediain alat pemadam atau latihan pemadaman aja, tapi harus ada pengelolaan keadaan darurat GanSist. Mulai dari preventif atau tindak pencegahan, penanggulangan dan juga rehabilitasi pasca kebakaran.

Semoga dengan adanya manajemen bahaya kebakaran yang baik, kebakaran bisa dicegah dan ditanggulangi dengan baik untuk meminimalisir kerugian serta jatuhnya korban jiwa akibat kebakaran. Sementara buat kita nih, kita juga harus tau dasar-dasar penanganan kebakaran. Kuncinya adalah jangan panik dan jika api masih kecil, segera padamkan. Setelah itu, carilah bantuan ke luar dan juga langsung menelepon petugas pemadam kebakaran.

emoticon-Nyepi

Sumur: 1 2 3 4 5 6
Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 26-01-2018 09:14
0
5K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.