Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marijuananikmatAvatar border
TS
marijuananikmat
28 Januari Memperingati "World Leprosy Day"
Tahukah agan kalo di Indonesia sudah ada komunitas-komunitas yang peduli dengan orang-orang yang terkena lepra atau yang lebih dikenal dengan sebutan kusta.

Untuk mengetahui apa itu kusta lebih lengkap dan tidak rancu, agan dapat baca di:
http://www.lccui.com/search/label/Info%20Kusta

Hebatnya komunitas ini justru awalnya inisiatif orang Jepang gan, beliau datang ke Indonesia untuk membantu dan kampanye mengenai penyakit kusta disaat orang Indonesia sebagian besar masih takut dan diskriminasi terhadap orang dengan kusta maupun penyintasnya.

Beberapa pengalaman ane nih gan saat ketemu langsung dengan penyintas lepra:

1. Awalnya bingung, takut, dan merasa aneh

Ane tahun 2016 mendapatkan kesempatan ikut workcamp yang diadakan LCC tersebut gan sebagai volunter. Sejujurnya ane ga gitu paham apa itu kusta cuma nyokap pernah cerita bahwa itu penyakit menular dan berbahaya. Orang-orang tersebut dianggap berbahaya karena menular untuk itu mereka diasingkan.
Dapet cerita gitu kan ane agak ngeri-ngeri ya, tapi setelah mendapatkan materi yang disharingkan akhirnya ane memantapkan diri untuk ikut itu acara.

2. Saat pertama kali menyentuh penyintas

Sampe deh ke desa tempat tinggal penyintas yang merupakan desa bentukan pemerintah, selain itu ada rumah sakit rehabilitasi kusta di sana gan.
Masuk ke rumah mereka dan menyapa penyintas dengan bersalaman, hmmm ane merasakan jari-jari mereka yang kiting meskipun dari awal sudah diberitahukan untuk bersikap biasa saja tapi tetap saja dalam hati merasa aneh.

3. They are human too

Seminggu di sana ane berbagi dan bekerja sama hingga menjadikan kami seperti sebuah keluarga. Mereka cerita mengenai pengalaman diusir dari tempat tinggal hingga akhirnya melalui tahap rehabilitasi dan dinyatakan sembuh. Sebagai penyintas ada yang tidak mau lagi kembali kepada keluarga karena takut penolakan atau mereka terlanjur sakit hati dengan perlakuan orang sekitarnya.

Bertepatan dengan memperingati hari lepra sedunia, ane berharap tidak ada lagi diskriminasi terhadap orang yang terkena kusta sehingga Indonesia segera bebas dari kusta.

emoticon-Cendol Gan
0
1.2K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.