Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaninanindityaAvatar border
TS
kaninaninditya
Hapus Tato Gratis, Peserta: Haram, Saya Juga Mau Umrah
Sebanyak 250 orang mengikuti kegiatan hapus tato gratis di halaman Masjid Cut Meutia, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu siang. Agama menjadi alasan sejumlah peserta mau menghapus seni rajah tubuh itu dari badannya.

Bachtiar, 54 tahun, asal Tangerang mengaku punya tiga tato di tubuhnya. Satu tato bergambar bajak laut di lengan kiri, dua tato bergambar macan dan orang di dadanya. Tato itu dibuat pada 1990-an. "Dulu ikut-ikutan aja, kan masih muda," kata pria beranak tiga itu di halaman Masjid Cut Meutia, Sabtu, 27 Januari 2018.

Bachtiar mengatakan, dirinya ingin menghapus tato karena sedang memperdalam agama. “Tato haram, saya juga akan berangkat umrah tahun ini,” ujar Bachtiar. Dorongan menghapus tato, ujar Bachtiar, berdasarkan informasi anak bungsunya.

Si bungsu, kata Bachtiar, menilai sudah tak pantas orang setua dirinya memiliki tato. "Udah tua, Pak, hapus kek," kata Bachtiara menirukan ucapan si bungsu. Bachtiar dapat giliran menghapus tato sekitar pukul 13.00 WIB.


Di dalam tenda yang didirikan di halaman Masjid, tato Bachtiar dihapus menggunakan mesin berteknologi laser. Proses penghapusan butuh waktu sekitar 20 menit. Proses menghapus tato meninggalkan hasil melepuh di atas kulit yang dilaser.

Bachtiar mengaku menghapus tato lebih sakit daripada saat membuatnya. "Waktu bikinnya kan saya nnggak sadar, jadi ga sakit," kata Bachtiar.

Senada dengan Bachtiar, Andre (19) ingin menghapus tato dari tubuhnya karena alasan agama. Punya tato sejak SMA, Andre mengaku menyesal membuat tato. "Mumpung sekarang ada yang gratis," kata Andre.

Penyelenggara hapus tato gratis mengatakan acara ini berlangsung hingga Ahad, 28 Januari 2018. "Hari ini ada 120 orang peserta, besok ada 130 orang. Yang mendaftar sebenarnya sampai 1.100 orang," kata humas penyelenggara hapus tato, Neneng Fitri Fitriyah, di lokasi kegiatan.

Neneng mengatakan, ada sejumlah syarat bagi peserta yang ingin menghapus tato. Antara lain, calon peserta harus berusia di atas 18 tahun. Peserta juga harus melampirkan surat cek kesehatan yang menyatakan peserta bebas penyakit menular seperti HIV/Aids dan Hepatitis B.

Selain itu peserta hapus tato juga harus dinyatakan bebas dari penyakit gangguan pernafasan, gangguan ginjal, hipertensi, dan tekanan darah rendah. "Itu untuk mencegah penularan dan menjaga kondisi peserta," kata Neneng.


https://metro.tempo.co/read/1054663/hapus-tato-gratis-peserta-haram-saya-juga-mau-umrah

tidak masalah kok mas bertato juga emoticon-Smilie
0
4.5K
39
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.