Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fauzulfaqihAvatar border
TS
fauzulfaqih
6 Pribahasa Familiar di dalam Kopi
Banyak ilmu dan teknik di dalam dunia kopi sama hal nya, kopi pun punya pribahasa nya masing masing, dan kadang banyak yang nggak kita mengerti
Nah berikut beberapa pribahasa di dalam dunia kopi


1. RASIO
Rasio adalah perbandingan antara air dan kopi, contoh jika kita ingin membuat segelas kopi (Manual Brew) kita harus membutuhkan rasio yang tepat. ada beberapa pilihan rasio misalnya seperti 1/12, 1/15 sampai 1/17.
Apa maksudnya ini? singkat nya begini, contoh kita mau pakai rasio 1/15 jadi perhitungan nya adalah "setiap 1gr biji kopi itu diimbangi dengan 15ml air"
Nah jadi kalau kita punya 15gr biji kopi, kita harus membandingkan dengan 225ml air.


2. CUPPING
Cupping ini adalah dimana kita nyeduh kopi dan mencatat segala rasa yang ada di dalam kandungan kopi tersebut, bahasa mudah nya ya nyobain karakter kopi sih, dan hal ini adalah yang paling sering diakukan barista barista atau pencinta kopi untuk menguji sebagaimana enak nya kopi yang mereka dapatkan.


3. ROASTING
Roasting atau sangrai adalah proses dimana kita memanggang atau menggoreng kopi dengan kematangan tertentu, nah mereka yang melakukan hal ini dinamakan Roaster dan mereka pun harus memiliki alat tertentu untuk memanggang atau menggoreng kopi mereka.


4. TASTING NOTES
Tasting notes ini bisa disebut juga sebagai catatan rasa kopi, segala informasi yang ada di dalam kandungan kopi yg di roasting tercatat di sini (Biasanya tercatat di bagian packaging kopi Biji yang kalian beli) dan inilah salah satu objek dimana sang roaster bisa mencantumkan kenikmatan kopi nya di catatan tersebut.


5. COFFEE SNOB
Nah ini dia, Coffee Snob adalah Orang Kopi yang Sombong, contoh nya kaya "Dimana mana kalau ngopi itu nggak pakai gula, biar keren" kira kira seperti itu ciri ciri coffee snob yang mulai banyak berkeliaran di Kedai Kopi disekitar kita.


6. PENDEKAR
Pendekar ini tergolong seperti Coffee Snob, namun pendekar lebih terlihat sok tau dan lebih annoying banyak permintaan nya kalau mau ngopi, contoh "Mas, tolong saya mau kopi saya digiling di grindsize 4 dan suhu air 92c agar taste nya lebih dapet yah" kurang lebih seperti itu

Kurang lebih seperti itu beberapa pribahasa di dalam dunia kopi yang lagi Familiar sekarang, semoga bermanfaat untuk kita semua ya emoticon-Big Grin
0
7.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.