Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Perbandingan Militer Indonesia vs Belanda Hari Ini, Bagaikan Bumi dan Langit

christomatAvatar border
TS
christomat
Perbandingan Militer Indonesia vs Belanda Hari Ini, Bagaikan Bumi dan Langit



Sebelum membandingkan kekuatan kedua negara, ada baiknya menengok terlebih dahulu seberapa kuat militer Si Negeri Tulip hari ini.



Menengok Kekuatan Militer Belanda yang Sekarang Sangat Ecek-ecek


Quote:


Jumlah Personel Militer yang Sedikit

Tentara Belanda Saat Ini

Belanda memang bukan negara besar dan sedang tidak dalam keadaan darurat militer. Mungkin karena itu mereka santai saja meskipun hanya memiliki personel militer lima puluh ribu jiwa saja. Toh, wilayah cakupannya juga sangat sempit. Sisi buruknya, jika mendadak muncul gerakan separatis atau teroris dengan jumlah yang cukup banyak, militer Belanda akan kekurangan tenaga untuk menghalaunya. Apalagi mengingat Belanda adalah negara yang lebih bebas daripada Amerika Serikat dan sangat terbuka pada wisatawan serta pelajar asing.

Pertahanan Angkatan Darat Abal-abal

Angkatan Darat Belanda

Sama seperti negara lain, Belanda juga memiliki kendaraan tempur. Itu hal biasa. Tapi jika dibandingkan jumlahnya, Belanda terlihat seperti negara yang sedang main-main. Hanya ada sekitar seribu kendaraan tempur personal saja yang dimiliki oleh tentara angkatan darat. Jangan tanya tentang tank. Mereka tidak punya sama sekali! Persenjataan yang ada benar-benar sangat minim.

Angkatan Laut pun Biasa Saja

Kapal Angkatan Laut Belanda

Melihat foto jajaran kapal tempur milik angkatan laut bisa membuat kita bergidik karena takut. Sayangnya itu tidak akan terjadi jika kita melihat pertahanan laut Belanda. Kapal tentara mereka memang kelihatan keren sih. Tapi kekuatannya nggak seberapa. Jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari! Miris sekali karena sebelum Perang Dunia II, armada laut Belanda cukup gahar dan mengintimidasi negara lain.

Kekuatan Angkatan Udaranya Lumayan

Helikopter Angkatan Udara Belanda

Jika dibandingkan dengan pertahanan angkatan darat dan laut yang seperti mainan, kekuatan angkatan udara Belanda cukup bikin musuh berpikir dua kali untuk menyerang. Cukup masuk akal mengingat musuh bisa lebih mudah menyerang lewat udara dibanding lewat darat. Sejak awal berdiri di tahun 1913, tentara angkatan udara Belanda memang dikenal kuat dan berani. Ini juga yang menjadi andalan negeri oranye ini saat Perang Dunia II.

Quote:





Kini Saatnya Melihat Perbandingan Militer Ke-2 Negara





Tentara Belanda vs TNI


Quote:


Indonesia Menang Telak Soal Jumlah Tentara

Tentara Belanda vs Indonesia

Bukan bermaksud untuk sombong, namun pada kenyataannya kalau soal tentara kita jauh lebih unggul dari Belanda. Tak hanya dilihat dari jumlahnya saja, tapi juga kualitas yang dimiliki. Tentang jumlah, Indonesia memiliki tentara yang jauh lebih banyak alias berlipat- lipat dari Belanda. Ya, hari ini mereka hanya memiliki sekitar 50 ribuan tentara aktif, sedangkan kita mempunyai 476 ribu serdadu siap perang.

Tak hanya jumlah, Indonesia juga unggul soal kualitas. Hal ini terbukti dari beragam prestasi yang ditorehkan oleh para tentara kita di berbagai ajang dunia. Belanda mungkin juga cukup berprestasi, namun masih kalah jauh dibanding Indonesia. Tak hanya lewat prestasi, bukti kualitas tentara kita juga dilihat dari begitu banyaknya pasukan elit yang dimiliki, macam Denjaka, Sat-Bravo, Kopaska, dan lain sebagainya yang masing-masingnya sudah mendapatkan pengakuan dunia.

Kekuatan Darat Indonesia Jauh Lebih Tangguh

Ankatan Darat Belanda vs Angkatan Darat Indonesia

Soal tank misalnya, Indonesia memiliki sekitar 468 buah, sedangkan Belanda sama sekali tidak punya. Serius, kalau tidak percaya silakan telusuri datanya di Global Fire Power. Meskipun begitu, Belanda memiliki sekitar 979 buah kendaraan taktis. Namun, kita tetap unggul di situ karena memiliki sekitar 1.089 buah dan masih bisa produksi lebih banyak lagi.

Kekuatan Udara Kita Setara dengan Mereka

Pesawat Angkatan Udara Belanda

Misalnya pesawat tempur, Belanda ternyata unggul dari kita dengan jumlah 66 buah sedangkan Indonesia hanya 58 saja. Pun demikian dengan helikopter serbu, mereka memiliki 27 buah dan Indonesia hanya 5 saja. Meskipun demikian, kita cukup unggul untuk pesawat transportasi dengan memiliki 170 buah sedangkan mereka hanya 45 saja.

Kekuatan Laut Kita dan Mereka Cukup Berimbang

Kapal Angkatan Laut Belanda vs Angkatan Laut Indonesia

Sama halnya seperti kekuatan udara, dalam hal daya laut ternyata kita dan mereka cukup berimbang walaupun Indonesia bisa dibilang lebih unggul sedikit. Kalau dilihat dari alutsistanya, beberapa kita unggul. Misalnya jumlah Corvette yang totalnya 10 buah sedangkan mereka 0 alias tak punya, serta kapal patroli yang mana kita memiliki 66 buah sedangkan mereka hanya 4 saja.

Meskipun unggul, tapi Indonesia kalah jumlah kapal selam. Ya, mereka ternyata memiliki 4 buah, sedangkan Indonesia hanya 2 saja. Walaupun demikian, rencananya pemerintah bakal menganggarkan dana untuk kapal selam. Sehingga dalam waktu dekat jumlahnya mungkin akan sama dengan Belanda atau bahkan lebih.

Quote:




Sumber 1
Sumber 2
Diubah oleh christomat 27-01-2018 21:49
nona212
nona212 memberi reputasi
1
29.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.