Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Jual Beli Bitcoin Dilarang Bank Indonesia
Jual Beli Bitcoin Dilarang Bank Indonesia

Jakarta – Di tengah euphoria masyarakat tentang bitcoin yang semakin meningkat, Bank Indonesia (BI) mengeluarkan pengumuman terkait bitcoin tersebut. Isi pengumuman BI itu menyebutkan, bahwa alat tukar virtual termasuk bitcoin yang tengah jadi perbincangan dunia itu, tidak diakui sebagai alat pembayaran sah di Indonesia.

Hal itu, seperti disebutkan dalam pengumuman tersebut, sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang (UU) No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. “UU itu, menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, atau kewajiban lain yang harus dipenuhi dengan uang, atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan Rupiah,” demikian siaran pers BI.

Dalam siaran pers yang diterima fakta.news, pada Sabtu (13/1) itu, BI menyatakan, betapa alat tukar virtual seperti bitcoin berisiko tinggi terhadap pencucian uang maupun pendanaan terorisme.

“Tidak ada otoritas yang bertanggung jawab, tidak terdapat administrator resmi, tidak terdapat underlying asset yang mendasari harga virtual currency, serta nilai perdagangan sangat fluktuatif sehingga rentan terhadap risiko penggelembungan,” Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman melalui keterangan pers resminya menerangkan.

Jual beli bitcoin, lanjut Agusman, bisa berdampak terhadap kestabilan sistem keuangan dan merugikan masyarakat. Karena itulah, BI pun mengimbau masyarakat untuk tidak jual beli bitcoin dan alat tukar virtual lainnya.

Sumber: https://fakta.news/berita/jual-beli-...bank-indonesia
0
1.6K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.