Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Aksi Kopassus gigit dan minum darah ular di depan Menhan AS

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (kelima kanan) bersama Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis (keenam kanan) bersiap memeriksa pasukan sebelum pertemuan bilateral di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/1/2018).
Tentara Komando Pasukan Khusus (Kopassus) unjuk kekuatan ketika Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis, berkunjung ke Markas TNI di Cilangkap, Jakarta, Rabu (24/01/2018). Atraksi menggigit ular dan meminum darahnya, hingga memecahkan balok di atas perut.

Mattis sudah sering melihat atraksi tentara di penjuru dunia. Ia pun mengira atraksi yang bakal diperagakan Kopassus hanya rutinitas seperti aksi pembebasan sandera. Ternyata, pertunjukkan para prajurit Indonesia jauh dari sekedar acara seremoni dan teatrikal.

Kantor berita Reuters mengisahkan atraksi mencekam Kopassus itu. Seorang tentara yang ditutup matanya, lalu menembak balon yang berada di antara kaki rekannya. Sedikitnya satu tembakan terlewat, meski tidak ada yang terluka.

Dengan diiringi tabuhan drum, tentara Indonesia melakukan serangkaian teknik bela diri olah kanuragan. Mereka memecahkan batu bata beton dengan kepala. Mereka juga menghancurkan tumpukan balok yang terbakar dengan tangan. Ada juga tentara dengan kepala tertutup mengiris mentimum yang ada di mulut rekannya.

Dari semua atraksi itu, mungkin yang menjadi sorotan adalah demonstrasi ular. Pasukan Indonesia menebar ular yang jaraknya hanya beberapa meter dari Mattis. Ular King Kobra.

Para prajurit kemudian menangkap dan menggigit kepala ular hingga putus. Setelah itu para tentara saling meminumkan darah segar yang mengucur dari ular buntung itu.

Pada akhir demonstrasi, barulah pasukan Indonesia menunjukkan operasi penyelamatan sandera. Reuters menulis, bahwa Mattis menikmati tontonan itu.

"Ular itu! Apakah Anda melihat cara mereka menaklukannya, "kata Mattis. "Anda bisa membayangkan betapa kerasnya tentara itu berlatih sehingga bisa melakukannya. Jika mereka bisa melakukan banyak hal kecil dengan sempurna, bisa Anda bayangkan mereka juga bisa mengerjakan hal-hal besar bersama-sama."

Di Cilangkap, Mattis bertemu dengan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto membahas kerja sama bidang teknologi dan pengembangan alat utama sistem pertahanan, transfer ilmu teknologi, serta peningkatkan kemampuan prajurit masing-masing negara.

Dilansir laman TNI, Panglima TNI mengatakan hubungan tentara Indonesia dengan Amerika Serikat bersama-sama saling membangun dan terus dijaga guna menghadapi dinamika perkembangan dunia.

Mattis berkunjung ke Indonesia selama tiga hari pada 22-24 Januari 2018. Sebelum ke Cilangkap, Mattis bertemu dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Ryamizard mengatakan Mattis berjanji akan membantu agar pemerintah Donald Trump mencabut sanksi untuk Kopassus.

"Kopassus menerima sanksi dari Amerika Serikat. Beliau akan berusaha agar itu dicabut," kata Ryamizard usai pertemuannya dengan Mattis di Kementerian Pertahanan RI, Selasa (23/1/2018).

Amerika Serikat menjatuhkan embargo senjata terhadap Indonesia pada 199 karena kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia di Timor Leste yang terkenal kasus Santa Cruz 1991. Pada November 2005 Amerika Serikat secara resmi mencabut embargo senjata terhadap Indonesia.

Meski embargo telah dicabut, Amerika belum memberikan bantuan dan kerja sama penuh. Pada 2010, Menteri Pertahanan AS Robert Gates pernah menyampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa embargo militer untuk Kopassus dicabut.
Special forces in Indonesia demonstrates to Mattis their ability to eat snakes. [URL="https://S E N S O RI24p5adzsG"]pic.twitter.com/I24p5adzsG[/URL]
— Paul D. Shinkman (@PDShinkman) January 24, 2018 Drinking snake blood, rolling in glass, breaking bricks with their heads.This is how the Indonesian military demonstrated their unique skills for US Secretary of Defense Jim Mattis. [URL="https://S E N S O RjkJs62wVLU"]pic.twitter.com/jkJs62wVLU[/URL]
— Al Jazeera English (@AJEnglish) January 24, 2018 Indonesian special forces put on an elaborate counterterrorism demonstration for the visiting U.S. Secretary of Defense Mattis in Jakarta Wednesday. [URL="https://S E N S O RuDe9bQlwhD"]pic.twitter.com/uDe9bQlwhD[/URL]
— The Voice of America (@VOANews) January 24, 2018


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...epan-menhan-as

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Badai e-KTP dan suara Golkar yang terdongkrak pada Pemilu 2019

- Konflik internal Hanura cuma seumur jagung

- Pulau Jawa bagian barat kembali diguncang gempa

anasabila
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26.2K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.