Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jawamotorsportAvatar border
TS
jawamotorsport
Sejarah Honda GL series yang pernah ada di Indonesia


Selamat pagi...siang..malam...sore... agan-agan kaskuser semuanya....
Sesuai judulnya, kali ini ane bakal bahas tentang motor legendaris buatan Honda yang pernah dijual di Indonesia ini... Yup... Honda GL mulai dijual oleh Honda di Indonesia sekitar tahun 70an gan dengan kapasitas 100cc dan 125cc khusus untuk pasar asia. Nama GL sendiri adalah singkatan dari Gin Linamoto, yaitu kakek moyang dari Soichiro Honda. Siapa itu Soichiro Honda? Yup Dialah sang pendiri Honda di Jepang sono gan. GL adalah seorang samurai hebat. Honda memberikan penghormatan kepada moyangnya dg memakai inisial moyangnya di motor besar flagship Honda : Gold Wing (GL1000, GL1200, GL1500, dst).



Namun motor GL dengan cc besar tersebut gak masuk ke pasar Indonesia gan, karena kemahalan, mungkin ada sih beberapa unit moge GL tersebut yang masuk ke Indonesia, tapi milik orang-orang kaya banyak duit gan. Kembali ke varian GL cc kecil di Indonesia adalah penerus dari generasi CB series.


Honda GL 100



Setelah sukses dengan varian CB series, Honda di Indonesia mengeluarkan varian GL pertamanya yaitu GL 100 dengan basis mesin mirip seperti CB 100, tetapi ketika mesin dinyalakan akan terasa bedanya, suara lebih halus, dan power lebih besar meskipun mesinnya mirip.
Dalam kurun waktu penjualan dari tahun 1979 hingga 1994an lupa tepatnya tahun berapa GL 100 terakhir dijual Honda emoticon-Bingung (S) ada beberapa ubahan yang dilakukan seiring dengan perkembangan jaman.

Honda GL tahun 1979 sampai dengan 1981 mempunyai ciri khas antara lain :
- Lampu Utama berbentuk bulat
- Speedometer berbentuk bulat
- Lampu belakang mirip dengan Honda CB
- Lampu sein belakang letaknya menempel di behel belakang
- Bentuk kaca spion masih bulat
- Pengapian Platina
- dan rem cakram depan masih memakai sistem mekanis dengan menggunakan kabel

Pada tahun 1982 dikeluarkan facelift Honda GL ini. Beberapa perubahannya antara lain :
- Lampu utama berbentuk kotak
- speedometer berbentuk kotak
- spion kotak
- Bentuk dudukan lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein
- Lampu sein berbentuk kotak
- Sistem pengapian memakai CDI (1985)









Honda GL 125



Selain GL 100, Honda juga menjual sepaket dengan versi 125cc nya, yaitu GL 125. Mesin yang dipakai sih mirip CB 125 single dan tampilan antara GL 100 dan 125 seperti gak ada bedanya. Sayangnya GL 125 dihentikan penjualannya pada tahun 1985 sedangkan GL 100 masih lanjut hingga 1994. Mungkin karena kurang laris gan....



Meskipun tergolong uzur namun saat ini peminat dari motor 100 dan 125cc ini masih banyak. Durabilitas dan ketahanan mesinnya memang sudah tidak diragukan lagi. Kebanyakan yang beredar dimodifikasi menggunakan body Honda CB dan menggunakan komponen mesin dari Honda Tiger yang kapasitas mesinnya jauh diatasnya.

Untuk spesifikasi dari GL100 dan GL125 adalah sebagai berikut

Spesifikasi Honda GL100 dan GL125
Jenis Sepeda Motor
Tipe GL100 / GL125
Mesin : 1 silinder OHC pendingin udara
Bore X Stroke : 52 x 49,5 mm (GL100), dan 56,5 x 49,5 mm (GL125)
Sistem Bahan Bakar : Karburator
Transmisi : Manual 5 Speed
Wheelbase : 1200 mm
Panjang : 1900 mm
Lebar : 735 mm
Tinggi : 1017 mm

Sekedar informasi, Honda GL100 dan GL125 ini terkenal kuat lho gan materialnya daripada penerusnya GL-Max, GL-Pro, hingga Tiger GL200 sekalipun. Karena tangkinya gak gampang bocor gan, meskipun ada sih yg bocor tapi lebih awet daripada tangki GL-max/Pro, Megapro, Tiger yang tipis.


Honda GL-Max 125



GL-Max pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1983 dan terakhir dijual tahun 2005 gan. Berarti panjang umur juga ya, dengan desain yang lebih kekar daripada GL100/125 GL-Max ini memiliki power yang lebih oke daripada pendahulunya. Motor ini memiliki beberapa perubahan siring berjalannya waktu, tapi sayangnya desainnya gak berubah dari pertama kali dijual, hanya mesinnya aja yg berubah. Diawali kemunculannya dengan GL Max Platina yang memiliki sistem pengapian platina kemudian dilanjutkan dengan generasi berikutnya, GL Max CDI White engine tahun 1985, lalu GL-Max Black Engine yang muncul atau GL Max Mesin Hitam yang diproduksi tahun 1987 sampai dengan tahun 1994 dan dilanjutkan oleh generasi terbaru, GL Max Neotech, di tahun 1995 sampai tahun 2005 yang menjadi tahun produksi terakhir Honda GL Max.


GL-Max Platina


GL-Max Black enjin


GL-Max Neotech


Engine
OHC, 4 Tak

Kapasitas Engine
124,1 cc

Bore x Stroke
56,5 x 49,5 mm

Rasio Kompresi
9,2 : 1

Sistem Pendingin
Udara

Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery

Baterry
12 V – 4 Ah

Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9

Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)

Kopling
Manual, Wet & double clutch

Starter
Kick



Honda GL-Pro All series



Honda GL-Pro pertama kali dijual di Indo tahun 1982 atau 1983 dan sampai sekarang tetap dijual, tapi dengan nama Megapro. Untuk lebih jelas tentang detail GL-Pro sendiri mulai dari 105cc, 145cc, 160cc, dan 150cc sudah ane buatin thread sendiri gan, silahkan dibaca:
http://www.kaskus.co.id/thread/54ddb...o-di-indonesia



Next update di posting berikutnya gan, Halaman 2
Sumber dari segala sumber di internet digabung dan diedit jadi satu.
Diubah oleh jawamotorsport 05-01-2016 09:54
feraldi2001
BlueGuy.BuleGay
BlueGuy.KASKUS
BlueGuy.KASKUS dan 4 lainnya memberi reputasi
5
145.2K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.