Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kwawakaaAvatar border
TS
kwawakaa
Mainan SNI Dibatasi Jumlah, Kolektor: Kalau Lego Bagaimana Hitungnya?
Jakarta - Jumlah mainan impor yang wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) sepakat dibatasi. Hal tersebut merupakan kesepakatan antara Kementerian Perindustrian dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Pada intinya, disebut bahwa maksimal 5 buah barang yang dibawa penumpang alias handcarry atau 3 buah barang yang dikirim melalui ekspedisi, bisa bebas pengurusan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca juga: Mainan Impor Dibatasi Demi SNI, Kolektor 'Teriak'

Yang jadi masalah adalah, aturan ini juga berlaku untuk impor mainan, dalam satu seri mainan yang diimpor ternyata terdiri dari 5 unit mainan.

"Saya dana beberapa teman kolektor sudah berkomunikasi dengan pihak Bea Cukai. bagaimana kalau satu paket mainan, power ranger misalnya. Kan ada 5 unit di dalamnya, itu bagaimana?" kata Bosni Gondo Tambunan kepada detikFinance, Rabu (24/1/20180.

"Mereka (Bea Cukai) jawab, itu tetap dihitung 5," lanjut Bosni.

Baca juga: Mainan Impor China dan Taiwan Berlabel SNI di Pasar Gembrong
Baca juga: Deretan Meme Lucu Mainan Impor Wajib SNI


Hal itu menurutnya justru menjadi janggal. Karena bila hal tersebut diterapkan pada semua mainan, akan banyak mainan yang sulit masuk RI akibat aturan tersebut.

"Misalnya Lego (merek mainan jenis blok susun). Itu bagaimana hitungnya?" sebut dia.

Ia menyarankan, kalau pun ingin dibatasi, sebaiknya pemerintah lebih merinci dan mempertegas batasan impor mainan yang dimaksud.

"Misalnya kalau dia (mainan) berada dalam satu kemasan ya dihitung saja satu. Toh itu bukan akal-akalan kita, memang dari sananya pengemasannya sudah jadi satu," tandas Bosni. (dna/ang)

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3831269/mainan-sni-dibatasi-jumlah-kolektor-kalau-lego-bagaimana-hitungnya
0
4.1K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.