powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Inilah Bukti Orang Indonesia Masih Banyak Yang Hilang Kesadaran

HOT THREAD KE 109
*22 Januari 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sadar memiliki arti insaf, merasa, tahu dan mengerti. Berdasar pengertian tersebut, saat ini masih banyak di antara masyarakat kita yang belum memiliki kesadaran penuh. Ada yang hanya sekedar tahu dan mengerti tapi tak merasa, pun begitu juga sebaliknya.

Padahal dalam hidup, di perlukan kesadaran penuh agar tak menabrak norma - norma yang berlaku dalam masyarakat. Juga agar terhindar dari segala sesuatu yang meruhikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.



Kesadaran berlalu lintas.


Dalam hal berlalu lintas, masyarakat kita masih sangat acuh tak acuh akan keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain di jalan raya. Contoh sederhana, mereka mau menggunakan helm saat naik sepeda motor, bukanlah karena ingin melindungi kepalanya dari benturan jika sewaktu - waktu terjadi kecelakaan yang tak di inginkan, tapi motivasinya hanya karena takut di tilang polisi. Alhasil karena motivasi yang salah pula, saat tak ada polisi, atau saat bersepeda motor di jalan kampung , meskipun ia bawa helm, helmnya tak di pakai di kepala tapi justru di pakai di dengkul atau dicantolin begitu saja.



Kesadaran buang sampah pada tempatnya.


Pernah suatu saat, saya menulis di forum Kaskus tercinta ini, kebiasaan buang sampah sembarangan ini salah satunya di pengaruhi oleh kebiasaan dan juga tingkat intelektualitas. Meski belum melalui riset yang mendalam, namun dari pandangan orang awam, jika seseorang dari kecilnya sudah di biasakan untuk buang sampah pada tempatnya, maka dia akan terus melakukannya sampai ia dewasa bahkan tua sekalipun. Masih menurut pandangan awam pula, semakin tinggi tingkat intelektualitas seseorang, maka semakin dia punya kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, meski tak berlaku sepenuhnya juga, tergantung pribadi masing - masing.



Sadar akan pentingnya toleransi.


Budaya negeri kita yang sudah terkenal sejak nenek moyang kita salah satunya yaitu keramahtamahannya. Bahkan orang - orang bule pun kagum dengan budaya kita yang satu ini. Seiring dengan pesatnya perkembangan jaman, rasa ramah tamah ini mulai memudar, antar sesama warga komplek tak lagi saling bertegur sapa jika bertemu di jalan, bahkan tetangga pun tak saling mengenal. Akibatnya, toleransi yang juga merupakan buah keramahtamahan tadi, sedikit demi sedikit ikut terkikis pula. Jika dulu, kita mahfum jika ada orang yang tak sependapat dengan kita, sekarang banyak di antara kita yang merasa pendapatnya paling benar, tak mau mendengar pendapat orang lain dan sebagainya. Apalagi jika menyangkut ke hal - hal yang berbau politik dan agama.



Sadar bayar pajak tepat waktu.


Pajak merupakan salah satu instrument negara yang di gunakan untuk pembiayaan sebuah negara. Pajak di pungut oleh negara kepada masing - masing wajib pajak berdasarkan ketentuan undang - undang. Ada berbagai macam jenis pajak, mulai dari pajak kendaraan bermotor, pajak pertambahan nilai (PPn), pajak penghasilan (PPh), pajak bumi dan bangunan (PBB) dan masih banyak lagi lainnya. Kesadaran masyarakat membayar pajak terutama oleh pengusaha di negara kita cukup rendah. Terbukti saat adanya program pengampunan pajak tahun lalu, banyak pengusaha yang berbondong - bondong mengikuti tax amnesty.



Kesadaran bahwa kita tak bisa lepas dari politik.


Banyak orang beranggapan politik itu kotor, politik itu jahat, politik itu tak beradab. Mungkin mereka tak salah tapi tak sepenuhnya benar juga. Jika itu yang mereka jadikan alasan tak mau berkecimpung bahkan tak mau bersentuhan dengan politik, akhirnya menjadikan kita apatis akan segala hal yang berhubungan dengan politik. Mungkin mereka belum sadar, bahwa mau tak mau, mereka pun akan tetap menerima konsekuensi politik itu. Contohnya saat pemilihan kepala daerah seperti tahun ini, jika kita golput dan tak mau memilih satu di antara beberapa kandidat yang ada, maka kita tetap akan menanggung apapun kebijakan sang pemenang nantinya.




Beberapa kesadaran di atas, masih banyak yang belum memilikinya. Semoga dengan hadirnya thread ini, bisa menyadarkan kita sebagai warga negara akan pentingnya berpartisipasi membangun negara kita tercinta. Di mulai dari buang sampah selalu pada tempatnya, memakai alat keselamatan diri saat berkendara, membayar pajak tepat pada waktunya, dan berbagai hal positif lainnya. Sampai jumpa di thread selanjutnya..

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Pengamatan dan Opini Pribadi TS
Sumur Gambar : Om Google




Diubah oleh powerpunk 22-01-2018 09:30
0
15.2K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.