Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cedromeAvatar border
TS
cedrome
Jangan Pusing Sama Keadaan Sekarang. Karena Agan Adalah...
Jangan Pusing Sama Keadaan Sekarang. Karena Agan Adalah...

Apakah agan sudah merasa gelisah dengan perkembangan zaman yang begitu cepat berkembang? Atau sebaliknya, agan-agan mulai excited?

Emang sekarang ini dunia udah mulai memasuki Revolusi Industri 4.0 Kalo ditelaah nih, Revolusi Industri 1.0 ketika mesin uap ditemukan dan menjadi lead buat penemuan mesin-mesin berikutnya. Revolusi Industri II ketika peralatan yang menggunakan besi mulai digantikan dengan baja, juga munculnya teknologi listrik, pesawat dsb. Revolusi Industri 3.0 identik dengan munculnya komputer. Sedangkan Revolusi Industri 4.0 ini adalah yang sedang kita jalani saat ini dimana semuanya serba digital.

Manusia itu emang ciptaan Tuhan yang luar biasa. Ketika kita udah ada di peradaban yang mendukung, maka segalanya bisa berubah begitu cepat. Agan merasa ga, misalnya, umur agan baru 20 - 30 tahun tapi agan sudah merasa begitu tua, ketika melihat anak-anak zaman sekarang begitu berbeda, bukan seperti ketika agan berada di usia mereka? Mainan mereka serba canggih, komunitas mereka kekinian, tempat nongkrong mereka mahal. Sedangkan agan harus nunggu 10-20 tahun dulu biar bisa seperti itu.

Jangan Pusing Sama Keadaan Sekarang. Karena Agan Adalah...

Apakah itu berarti agan dulu miskin? Jawabannya tidak. Apa artinya dulu agan cupu? Enggak, bahkan dulu ketika agan berhasil ngreampas kelereng punya temen agan dengan sekali sentil agan udah merasa paling keren kan? Hehe

Terus apa?

Ya karena zaman sudah berubah. Lalu muncul lah istilah yang (menurut ane udah membosankan bahas ini) agan sebut generasi Zaman Now dan Zaman Old. Kalo mau tau, udah banyak thread yang bahas beginian, silahkan cari sendiri hehe.

Tapi yang ingin ditekankan adalah, situasi sekarang ini bukan untuk diperbandingkan. Situasi semacam ini sudah siklus dari turunnya Nabi Adam ke bumi, atau sejak perang Romawi. Perkembangan gaya hidup, fashion, komunitas, selalu berubah.

Jangan Pusing Sama Keadaan Sekarang. Karena Agan Adalah...

Ketika dulu orang akan dilihat sangat prestisius ketika punya buku cetak dengan sampul kulit di rumahnya, lalu tingkat kelas sosial mereka berubah ketika sebuah rumah memiliki telepon rumah atau televisi yang segede gaban. Lanjut kesini orang akan dipandang "wah" ketika pake barang branded dari mulai pakaian hingga kendaraan. Semua berubah begitu cepat. Dulu mungkin ada istilah "you are what you think" tapi kini berubah menjadi "you are what you wear".

Lalu apakah itu salah? Enggak. Dumia memang sedang berada di level seperti itu. Hanya saja, kita sudah diberi berkah freedom. Kita bebas memilih akan jadi seperti apakah kita. Mau tetep konvensional, silahkan. Mau modern, monggo. Atau konvensional tapi modern, ya bebass... Terserah agan.

Identitas kita adalah kita yang memilih. Apakah kita akan tenggelam dengan tren yang sering dipost orang-orang di sosial media, atau tetap berada di jalur yang agan bikin sendiri. Diri kita lah yang paling tau bagaimana menjadi keren untuk diri sendiri.
Diubah oleh cedrome 20-01-2018 03:26
0
2.7K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.