rudy.psikologiAvatar border
TS
rudy.psikologi
Shopee lebih berpihak pada seller (dan kebetulan sellernya nakal)
Kronologis Pembelian Barang di Shopee yang bermasalah.


Pada Tanggal 10/1/2018 saya menemukan produk PSU Komputer Corsair RMX1000 di Shopee yang hendak saya beli, saya menghubungi toko online lestarishop121via Hubungi Penjual:



Setelah dilakukan chat, maka kami melakukan penawaran karena shopee kan memiliki fasilitas menawar:



Kemudian seller menolak untuk ditawar:



Kemudian akhirnya kami membuat pesanan dan melakukan pembayaran:



Setelah dilakukan pembayaran, keesokan harinya (11/1/2018) Seller mengatakan bahwa barang yang kami pesan telah habis dan hendak diganti dengan merk lain:



Kemudian kami melakukan beberapa pertanyaan seputar spek dan pengganti yang lain:



Kemudian, karena tidak ada respon, kami melakukan pembatalan pesanan, tetapi seller menolak pembatalan pesanan.





Kemudian ketika dikonfrontasi mengapa pembatalan ditolak?, apakah karena barangnya ada? Namun pertanyaan kami tidak dijawab sama sekali oleh seller.

Setelah Seller melakukan penolakan pembatalan pesanan, kami menghubungi Shopee (Help Centre) Layanan Pelanggan di 1500702, kami menceritakan kronologis yang terjadi.

Oleh Help Centre, dikatakan bahwa paling lambat tanggal 13/1 Seller harus memasukan resi sehingga jika tidak dilakukan, maka pesanan batal secara otomatis.

Pada Tanggal 13/1, saya melakukan pengecekan status transaksi saya, dan diketahui bahwa Seller menginput AWB 020110009183318


Yang mana AWB tersebut tidak sah karena sudah pengiriman yang sudah terjadi dan bukan ke Alamat saya:



Kemudian pada Tanggal 13/1/2018 malam, kami menelepon Help Centre kembali dan setelah pihak Shoppe melakukan penelusuran, maka diketahui bahwa AWB tersebut dikirimkan kepada Risa Febrianti dan barang dikirimkan tanggal 9/1 dan sudah diterima tanggal 10/1 oleh Risma. Pihak Shoppe meminta waktu kepada kami sampai tanggal 16/1 agar seller mengirimkan AWB yang benar. Ini berarti pada tanggal 17/1 kami sudah menerima kembali dananya, apabila Seller tidak mengirimkan AWB yang benar. Kami meminta jaminan/pegangan dari shopee dan dikatakan oleh penelepon, bahwa jaminannya adalah nomor pelaporan.

Laporan ini diproses oleh Fadlan, dengan nomor laporan: 7163410

Kemudian pada Tanggal 14/01 sore kami ditelepon oleh team dari Shopee (Fadlan) yang mengatakan bahwa terjadi kesalahan manusia, dimana waktu agar transaksi terbatalkan otomatis adalah tanggal 17/1/2018 sehingga dana akan masuk pada tanggal 18/1/2018. Kami meminta jaminan/pegangan dari shopee dan dikatakan oleh penelepon, bahwa jaminannya adalah Fadlan, bahwasanya percakapan ini direkam. Tetapi ketika penelepon menelepon kami, tidak ada pernyataan di awal (inform consent) bahwa percakapan telepon ini direkam. Oleh karena ini, telepon ini kami anggap tidak ada, karena tidak ada bukti perekaman.

Pada Tanggal 14/01 malam, saat kami membuat kronologis ini dalam bentuk tulisan, saya menemukan di website (yang berarti merupakan sistem dari shopee) bahwasanya:



Perhatikan beberapa point yang saya lingkari. Pertama nomor AWB 020110009183318 yang tidak valid tertera di bagian pengiriman, tetapi status belum dikirimkan, karena memang AWB tersebut cacat/tidak sah/invalid.

Kemudian perhatikan notifikasi: Menunggu Penjual mengirimkan produk. Penjual harus sudah mengirimkan produk sebelum 13-01-2018 Silakan konfirmasi tanggal pengiriman dengan Penjual.

Ini berarti, karena AWB tidak sah, maka penjual belum mengirimkan barang dan itu berarti jika tanggal 13/1 belum dikirimkan maka pesanan dianggap batal otomatis dan dana kembali tanggal 14/1.

Kemudian, kami menelepon kembali Help Centre dan kembali melakukan followup nomor laporan 7163410, dengan mengemukakan temuan ini. Pihak Help Centre Shopee mengatakan bahwa memang benar notifikasinya seperti itu, tetapi secara sistem dana baru bisa masuk kembali tanggal 17/1 seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Kemudian saya juga menanyakan , bagaimana jika seller memasukkan AWB baru? Dikatakan bahwa seller sudah tidak dapat memasukan AWB dan pesanan pasti akan batal secara otomatis.

Pada Tanggal 14/01/2018 (21.16) saya menegaskan kembali apa yang sudah kita bicarakan dengan menggunakan email:

Spoiler for Email ke Help Centre (saya ke Shopee):


Kemudian pada Tanggal 15/01/2018 kami mendapat jawaban sebagai berikut:
Spoiler for Email dari Help Centre:


Dan kami jawab:

Spoiler for Email ke Help Centre (saya ke Shopee):


Spoiler for Email ke Help Centre (saya ke Shopee):


Kemudian dijawab oleh pihak Shopee sebagai berikut:

Spoiler for Email dari Help Centre:


Karena ada beberapa hal yang meragukan, saya mengajukan pertanyaan kembali kepada Shopee:

Spoiler for Email ke Help Centre (saya ke Shopee):


Pertanyaan tersebut tidak dijawab dan pada tanggal 16/01/2018 saya mengirimkan kembali email kepada shopee dengan dilampiri kronologi terakhir (kronologi ini sampai tanggal 15/1/2018):

Spoiler for Email ke Help Centre (saya ke Shopee):


Kemudian dijawab oleh team shopee:
Spoiler for Email dari Help Centre:


Jika memang resi tidak terverifikasi, mengapa diperlakukan berbeda dengan tidak mengirim resi sama sekali. Kemudian jika seller diam, tidak membalas chat, mengapa Shopee tidak mengambil tindakan dengan membatalkan pesanan.
Diubah oleh rudy.psikologi 17-01-2018 05:30
CleverZie
CleverZie memberi reputasi
1
31.1K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.