Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Filipina Adalah Kembaran Indonesia Yang Sesungguhnya ! Bukan Malaysia

christomatAvatar border
TS
christomat
Filipina Adalah Kembaran Indonesia Yang Sesungguhnya ! Bukan Malaysia
FILIPINA DAN INDONESIA SEPERTI "SAUDARA KEMBAR"

Quote:



Bendera Indonesia & Filipina

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Negara-Negara di Asia Tenggara memiliki banyak persamaan. Seperti persamaan nasib yang sama-sama pernah dijajah oleh bangsa asing dan penduduknya sama-sama rumpun ras Mongoloid, Indonesia sendiri sering diklasifikasikan ke dalam Negara Rumpun Melayu bersama dengan Malaysia. Tapi kenyataannya, Indonesia dan Malaysia justru sangat berbeda. Mulai dari kebiasaan masyarakatnya, tata pemerintahannya, geografisnya, dan perekonomiannya. Indonesia pun kini sudah jauh tertinggal.
Padahal dulu, Malaysia tidak ada apa-apanya dibanding negara kita. Kita justru sering melupakan Filipina, Negara tetangga yang terletak di sebelah utara Indonesia.

Ternyata, negara yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah ini memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia.

-------------------------------------------------------------

1. Indonesia dan Filipina sangat mirip dari Segi Geografis

Peta Indonesia & Filipina

Indonesia dan Filipina adalah negara kepulauan. Kepulauan Indonesia membentang secara horizontal (melebar), sementara Kepulauan Filipina membentang secara vertikal (memanjang). Jumlah pulau di Filipina mencapai 7000 pulau, sementara jumlah pulau di Indonesia mencapai 13.000 pulau. Bentuk negara yang kepulauan ini menjadikan penduduk kedua negara banyak yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Hasil laut Indonesia dan Filipina pun cukup melimpah. Selain sama-sama negara kepulauan, Indonesia dan Filipina juga memiliki lahan yang subur. Hal ini dikarenakan baik Indonesia maupun Filipina memiliki banyak gunung api.
Banyaknya gunung api aktif mengakibatkan Indonesia dan Filipina sering dilanda gempa vulkanik. Kedua negara ini juga terkenal akan padinya. Bahkan di Manila, terdapat International Rice Research Institute (IRRI) yang didirikan khusus untuk meneliti tanaman padi.

-------------------------------------------------------------

2. Penduduknya sangat Mirip dari segi Fisik

Mirip muka Orang Indonesia, bukan ?

Sekilas, orang Filipina dan orang Indonesia sulit untuk dibedakan. Kulit sawo matang, mata dengan ukuran normal, rambut hitam, dan tinggi sedang. Dari beberapa blog yang berisi tentang pengalaman penulisnya yang pernah jalan-jalan ke Filipina, mereka sering diajak berkomunikasi dengan bahasa Tagalog. Penduduk lokal mengira para pelancong asal Indonesia tadi adalah warga Filipina. Dan yang uniknya lagi, Baik Indonesia maupun Filipina adalah penyedia tenaga kerja terbesar di dunia.

-------------------------------------------------------------

3. Jakarta dan Manila, Bak Kakak-Adik

Jakarta & Manila

Macet, polusi, sampah, dan gelandangan adalah pemandangan biasa yang terjadi di Ibukota kedua negara ini. Manila, walaupun sudah memiliki LRT dan MRT namun jalanan di sana masih saja macet. Sementara Jakarta, walaupun sudah memiliki transportasi BRT (TransJakarta), namun kemacetan masih saja terjadi apalagi ketika jam pulang kantor. Pembangunan di Jakarta dan Manila memang sangat pesat. Keduanya masuk ke dalam daftar kota metropolitan terbesar di dunia. Namun, di balik semua pembangunan itu, kedua kota ini memiliki masalah yang sama, yakni kriminalitas dan kemiskinan. Gedung-gedung pencakar langit sering kali bersanding dengan perumahan kumuh. Banyak rumah semi permanen yang dibangun di bantaran sungai. Dan para turis yang melancong ke Manila maupun Jakarta harus ekstra berhati-hati, karena kriminalitas di Kota ini sangat tinggi. Namun, bukan berarti kedua kota ini tidak layak untuk dikunjungi. Di Jakarta terdapat banyak tempat wisata yang menarik seperti Museum Nasional, Gereja Katedral, Kota Tua Jakarta dll. Sementara objek wisata terkenal di Manila adalah Kota Tua Intramuros, Rizal Park, dan Manila American Cemetery and Memorial.

-------------------------------------------------------------

4. Kosakata Bahasa Tagalog banyak kemiripan dengan Kosakata Bahasa Indonesia

Beberapa kosa kata dalam bahasa Tagalog yang mirip dengan bahasa Indonesia dan Jawa

Bahasa Indonesia dan Tagalog atau bahasa Filipino memiliki cukup banyak kesamaan atau hampir mirip dalam Kosa kata dan Pengucapan. Tak heran karena kedua bahasa ini berasal dari akar yang sama yaitu Malayo-Polynesian language family. Hal ini tentunya membuat orang Indonesia relatif mudah mempelajari Bahasa Tagalog dan begitu juga sebaliknya.

-------------------------------------------------------------

5. Pemerintahan di Kedua Negara

Presiden Indonesia (Joko Widodo) Mantan Presiden Filipina (Benigno Simeon Cojuangco Aquino)

Indonesia dan Filipina menganut sistem pemerintahan Presidensil, dimana Presiden menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan dan panglima tertinggi angkatan bersenjata. Bentuk pemerintahan Indonesia dan Filipina adalah Negara Kesatuan, sementara bentuk Negaranya adalah Republik. Presiden dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Jika di Indonesia Presiden menjabat untuk 5 tahun bakti, maka di Filipina presiden menjabat untuk 6 tahun masa bakti.

-------------------------------------------------------------

6. Kalau di Indonesia ada Angkot, di Filipina ada Jeepney

Jeepney VS Angkot

Jeepney adalah transportasi umum paling terkenal di Filipina. Jeepney bisa ditumpangi 7-8 orang. Apabila ingin turun, maka penumpang harus mengetuk atap Jeepney dan membayar ke supirnya. Hal ini mengingatkan kita dengan angkot yang ada di Indonesia. Hampir setiap kota di Indonesia pasti terdapat Angkutan Kota (Angkot). Cara naik/turunnya pun hampir sama dengan Jeepney di Filipina.

-------------------------------------------------------------

7. Keadaan Ekonominya pun Hampir Mirip

Sawah di Filipina dengan latar belakang Gunung Mayon

Indonesia dan Filipina adalah negara agraris dan terkenal akan hasil alamnya. Kedua negara ini masih bertumpu pada sektor primer. Angka kemiskinan dan pengangguran di kedua negara ini cukup tinggi. Pendapatan perkapita penduduk kedua negara ini juga masih tergolong menengah ke bawah. Berbeda dengan negara tetangga kita, Malaysia yang pendapatan perkapitanya tergolong menengah ke atas. Data tahun 2013 menunjukkan bahwa pendapatan perkapita Indonesia adalah $3592, sementara di bawah Indonesia terdapat Filipina dengan angka $2614.

-------------------------------------------------------------

8. Jika Indonesia punya Pulau Jawa, Maka Filipina punya Pulau Luzon

Pulau Luzon

Pulau Luzon adalah salah satu pulau utama di Filipina. Hampir separuh dari total populasi di Filipina, hidup di Pulau Luzon. Di pulau inilah terdapat Ibukota Manila dan kota Quezon, kota dengan penduduk terbanyak di Filipina. Di Pulau ini juga terdapat kota-kota besar lainnya seperti Taguig City, Makati, dan Antipolo. Hal ini mengingatkan kita dengan Pulau Jawa di Indonesia. Dimana separuh dari penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa. Di pulau Jawa juga terdapat Ibukota Jakarta dan Kota-kota besar seperti Surabaya, Bandung, dan Semarang

-------------------------------------------------------------

9. Alay VS Jejemon

Jejemon

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Alay adalah sebuah istilah yang merujuk pada sebuah fenomena perilaku remaja di Indonesia. "Alay" merupakan singkatan dari "anak layangan"atau "anak lebay. Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup norak atau kampungan. Selain itu, alay merujuk pada gaya yang dianggap berlebihan (lebay) dan selalu berusaha menarik perhatian. Seseorang yang dikategorikan alay umumnya memiliki perilaku unik dalam hal bahasa dan gaya hidup.

Dalam gaya bahasa, terutama bahasa tulis, alay merujuk pada kesenangan remaja menggabungkan huruf besar-huruf kecil, menggabungkan huruf dengan angka dan simbol, atau menyingkat secara berlebihan.

Dan ternyata, di Filipina pun terdapat fenomena serupa dengan anak Alay yang disebut dengan JEJEMON. Sama seperti anak Alay di Indonesia, kaum Jejemon sering mengombinasikan huruf kapital dan huruf kecil dalam menulis di sosial media.

Namun berbeda dengan Indonesia, pemerintah Filipina menanggapi serius fenomena Jejemon ini. Menurut pemerintah Filipina, fenomena Jejemon harus dilawan karena dapat merusak kemampuan berbahasa Inggris para pemakainya, Nah, kalo Alay diadu sama Jejemon, kira-kira siapa ya yang menang? Haha

-------------------------------------------------------------

10. Yang Membedakan Indonesia dan
Filipina adalah agama yang dianut oleh mayoritas penduduknya


Mayoritas Penduduk Filipina beragama Katolik

Sepertinya, yang membedakan Filipina dan Indonesia hanyalah soal agama. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, sementara mayoritas penduduk Filipina memeluk Agama Katolik. Sangat mudah untuk menemukan gereja di Manila. Namun di Jakarta, hampir di setiap jalan dapat ditemukan masjid dengan mudahnya.


-------------------------------------------------------------

11. Penghasil Atlet Tinju Terbaik

Chris John & Pacman

Indonesia menghasilkan Chris John, raja Kelas Bulu WBA, Sedangkan Filipina menghasilkan Manny Pacquiao yang malang melintang di kancah tinju dunia.

-------------------------------------------------------------

Yang membedakan keduanya soal kemampuan berbahasa Inggris, Filipina Jauh Lebih Unggul Dari Indonesia !

SUMBER
Diubah oleh christomat 17-01-2018 01:36
pakisal212
pakisal212 memberi reputasi
1
72.9K
298
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.