Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Taj Mahal, ikon India via wallpaper-gallery.net

Indiahe...acha...acha...

Pasti kita akrab banget sama yang namanya India. Dari dulu, film-film India –yang artinya juga lagu dan tariannya- selalu hadir di layar kaca. Siapa tak kenal Shahrukh khan, Amita bachan, Kareena Kapoor, Kajol, dan sederat aktor-aktris terkenal lainnya yang sampai saat inipun nama mereka masih besar diberbagai negara. Bahkan, demam drama India di televisi sejak dua-tiga tahun lalu masih awet sampai saat ini.

Dari film-film itu pula, India mempromosikan dirinya, dari mulai budaya, sejarah, kuliner, dan termasuk objek wisata. Kekayaan yang dimiliki negara berpopulasi terbesar kedua di dunia ini nyatanya memang sangat menarik perhatian. Mereka –orang-orang India- bahkan masih cukup bertahan dengan tradisi dan budaya mereka yang menjadikan India selalu tampil khas.

Menariknya lagi, saat ini penerbangan dari maskapai yang terkenal dengan low budgetnya, membuka penerbangan ke beberapa kota di India via KL dengan tarif yang seringkali promo. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi pecinta wisata apalagi pecinta India.

Tapi yang masih sering dikhawatirkan dari negara satu ini ialah soal keamanannya bagi wisatawan, apalagi perempuan. Banyak kabar yang mengatakan bahwa India kurang ramah bagi turis terutama wanita lebih utama lagi jika sendiri. Kasus pemerokasaan turis yang sempat heboh beberapa tahun lalu cukup menjadi bukti bahwa kewaspadaan wajib hukumnya diterapkan. Selain itu, kasus penipuan, copet, dan tindak kriminal lain juga menjadi masalah tersendiri bagi turis kalau ke India.

Bagaimanapun, nyatanya puluhan juta wisatawan mancanegara selalu datang ke India setiap tahunnya. Ini artinya pesona yang diberikan oleh negara Hindustan ini jauh lebih kuat magnetnya dibanding segala kabar buruk tentangnya. Dan memang India tidak seburuk itu, asalkan kalian paham dan berhati-hati, India siap membuat kamu jatuh cinta.

Nah, bagi kamu cewek yang memang berencana ke India, saran paling utama ialah usahakan pergi dengan teman cowok. Jika tidak, usahakan tidak sendirian, tapi jika memang harus sendirianpun tidak masalah, sekali lagi asal tetap terus waspada dan mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Seperti beberapa tips pamungkas berikut, bagi kamu cewek yang mau plesiran ke India.


1. Persiapkan Semua Hal Sebelum Sampai India
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via indianexpress.com

Tips ini sebenarnya berlaku untuk semua gender. Tapi bagi cewek hal ini menjadi jauh lebih penting lagi. Menyiapkan segala keperluan penting seperti uang Rupee contohnya. Kenapa? Hal ini penting agar ketika sampai kalian tidak perlu tampak bingung mencari-cari counter penukaran uang. Meskipun dibandara aman, tetapi namanya juga mencari tentu bisa saja menarik perhatian. Dan ditambah lagi, ada juga pengalaman teman yang tiba tengah malam di Bandara Kolkata, namun justru di counter bandara pun tarif penukaran Dollar ke Rupee jauh lebih mahal dari semestinya. Hal ini tentu akan sangat merugikan, bukan?

Tak hanya soal uang, jika memungkinkan hal-hal lain juga baiknya sudah disiapkan selagi tidak akan memberatkan bawaan. Hal ini kembali agar kalian tidak perlu bersusah payah membeli sana-sini apalagi adakalanya terjadi penipuan harga ketika pedagang tahu kita adalah turis.

Begitupun dengan itinerary. Pastikan kamu sudah mengatur dengan baik jadwal dari berbagai sumber. Pastikan juga kamu sudah tahu lokasi dan jaraknya serta perkiaraan biaya transportasi.


2. Jadilah Biasa, Jangan Terlalu Mencolok
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via thenanfang.com

Ya, apapun itu yang mencolok tentu akan mengundang perhatian. Biar kamu gak jadi sasaran para peniat jahat, ada baiknya kamu bersikap dan berpakaian biasa-biasa saja. Tak perlu menunjukkan kamu adalah turis. Kalaupun harus bawa backpack yang besar, setidaknya penampilan umum tidak mengundang perhatian seperti menenteng-nenteng dslr misalkan. Termasuk juga dalam bersikap, bertingkahlah sebagaimana sopannya, misalkan jangan tertawa berlebihan.


3. Berpakaian Sopan dan Sewajarnya
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via thetravelhack.com

Senada dengan itu, berpakaian juga utamakan yang sopan. Standar sopan di negeri Bollywood ini kurang lebih sama seperti Indonesia. Kamu cewek lebih baik berpakaian longgar alias tidak ketat, hindari juga pakaian you can see agar sekali lagi tidak mengundang otak mesum orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya juga gunakan celana panjang untuk memudahkan gerak dan antisipasi cepat.


4. Perlu Bangat Bertanya? Carilah Polisi atau Wanita
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via ndiatimes.com

Jika kamu memang perlu banget bertanya, ada baiknya kamu segera mencari polisi, baik itu polisi lalu lintas yang berpakaian biru putih ataupun polisi masyarakat yang berpakaian coklat. Tapi jika memang tidak menemukan polisi, lebih baik bertanya kepada sesama wanita saja, setidaknya hal ini lebih aman dibanding kalian harus bertanya pada pria. Bukan berarti suuzon sih, tapi kenyataanya pria-lah yang menjadi aktor utama tindak kriminalitas. Jika kamu pernah mendengar kasus pemerkosaan turis wanita yang heboh beberapa tahun lalu di India, hal itu juga diawali karena sang turis wanita bertanya kepada pria. Sikap ramah pria itu ternyata berhasil menjebak si turis asal eropa tersebut. Jadi, lebih baik mencegah, dong?


5. Jangan Mudah Percaya dan Ramah pun Sewajarnya Saja
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via thehindubusinessline.com

Lagi-lagi bukan suuzon, namun menghindari percaya kepada orang tak dikenal adalah hal wajib, tidak hanya di India sih, tapi kadar kewaspadaannya memang harus lebih kalau di negara ini. Banyak pria-pria berniat jahat di India memiliki sikap dan kata-kata yang manis. Mereka terkesan ramah dan siap membantu segala keperluan, dan inilah yang harus kamu hindari.

Termasuk buat diri kita sendiri, kalau biasanya kita berusaha selalu ramah dengan orang-orang lokal ketika pergi ke suatu kota atau negara, maka kalau di India sebaiknya tidak perlu terlalu murah senyum –gak berati galak juga ya-. Tersenyumlah seperlunya saja terutama buat pria, karena keisengan dan otak nakal pria bisa saja berawal dari senyum kalian.


6. Simpan Uang dan Barang Berharga Seaman Mungkin
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Money belt via trailssupply.com

Lebih baik mencegah dari pada terlanjur kejadian. Lebih baik kamu membeli Money belt sebelum ke India. Simpan barang-barang berharga seperti paspor, kartu kredit, atm, dan simpanan uang jumlah besar disana. Selain itu, lebih baik uang yang kamu bawa disimpan di banyak tempat dan untuk uang pecahan kecil atau untuk keperluan umum, simpan di tempat yang mudah dijangkau saja agar tidak ribet dan selalu membuka tas.


7. Mau Wisata Malam? Hm... Pikir Lagi, deh!
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Ilustrasi via statisticbrain.com

Batas aman bagi turis cewek berkeliaran di malam hari ialah sekitar jam 8-9 malam. Lebih dari itu, artinya kamu harus benar-benar punya nyali dan dibekali kemampuan bela diri. Ya, bukan isapan jempol, tapi memang malam bukan waktu yang aman bagi cewek. Cukup banyak gerombolan pria-pria malam yang mabuk atau memang sekedar usil, hingga yang memang pelaku kriminal yang mencari mangsa.

Lagian sebenarnya untuk tempat wisata memang tidak buka saat malam. Jadi wisata malam cukup dinikmati dengan makan malam lalu kembalilah ke penginapan dan istirahat. Kalaupun harus keluar malam, teruslah mencari keramaian kota, jangan ambil resiko melewati gang yang sepi.


8. Jangan Asal Pilih Hotel
Kalau kamu seorang backpacker, jangan menganggap bahwa penginapan budget di India masih cukup layak huni. Banyak kenyataannya bahwa penginapan mereka jauh dari kata pantas. Jadi lebih baik pertimbangkan untuk memilih penginapan murah. Ada baiknya memilih hotel yang setidaknya berbintang 3 atau lebih. Memesan terlebih dahulu di aplikasi juga sangat disarankan, selain itu pastikan kamu sudah memastikan kondisinya termasuk review dari banyak orang.


9. Santai dan Nikmati-lah Setiap Langkah
KATANYA INDIA GAK AMAN BUAT TRAVELER CEWEK? INI TIPS PAMUNGKASNYA!
Via india.com

Meskipun kewasapadaan ekstra harus diperhatikan, tetapi yang juga jangan dilupa ialah untuk tetap santai dan menikmati perjalanan. Hal ini penting untuk memberikan aura positif bagi tubuh sehingga semoga juga tidak mengundang orang-orang negatf untuk mendekat. Bersikap santai juga sangat membantu agar terlihat percaya diri.

Jangan sampai juga rasa was-was terlalu berlebihan karena justru akan membuat ekspresi diri tampak cemas dan mengundang perhatian. Apalagi India terlalu eskotis dan memiliki banyak keunikan budaya, jadi nikmatilah!

SUMBER



















0
3.6K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.