• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Alasannya Kenapa Penting Untuk Pahami Apa Itu Terms Of Service

jeansobekAvatar border
TS
jeansobek
Ini Alasannya Kenapa Penting Untuk Pahami Apa Itu Terms Of Service


Dulu waktu daftar jadi pengguna kaskus baca term of servicenya tidak ? Atau langsung agree saja.

Penting untuk kita memahami apa yang namanya terms of service dalam suatu layanan, karena dengan begitu kita akan tau syarat syarat apa saja yang harus di patuhi atau tidak boleh di langgar.

Baru baru ini ramai di beritakan tentang sebuah organisasi yang mana mereka mengungkapkan kekecewaannya kepada sebuah platform social media ternama dengan cara melakukan protes di depan kantor perwakilannya di Negeri ini.

Kekecewaan tersebut datang karena terlalu sering mereka mendapati akun di social media tersebut terkena pemblokiran. Tentu pemblokiran tersebut tak lepas dari adanya sebab.

Apakah sebuah layanan misalnya seperti kaskus akan secara sepihak memblokir sebuah akun? Tentu jawabanya tidak, karena bisa bisa kaskus terkena tuntutan dari pengguna yang di blokir secara sepihak tersebut.

Sebuah layanan seperti misalnya kaskus memiliki yang namanya terms of service, atau ketentuan layanan yang sebelum menjadi pengguna kita akan secara sadar menyetujui semua itu.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita memahami atau paling tidak membaca keseluruhan ketentuan penggunaan layanan tersebut jika di masa masa yang akan datang tiba tiba akun kita kena blokir maka secara sadar kita dengan sendirinya tau penyebab kenapa sampai di blokir.

Ada juga yang namanya pedoman komunitas atau ketentuan dalam berkomunitas di sebuah forum atau grup kita juga wajib mematuhinya.

Sebagaimana contoh umumnya bila kita pernah bergabung dalam sebuah komunitas atau grup di sebuah platform forum atau social media dan tanpa memperhatikan aturan yang tertulis di sana dan suatu ketika kita tanpa sadar melanggar salah satu ketentuan di grup tersebut lalu akun kita kena blokir maka yg pertama terpikir di benak kita adalah kebingungan.

Padahal selama memiliki akun di platfom social media atau forum tersebut kita tidak pernah melakukan kesalahan seperti tindakan penghinaan atau ancaman dan lain sebagaianya.

Tapi karena mungkin di grup atau forum tersebut ada aturan yang menyatakan tidak di perbolehkan untuk posting yang mengarah ajakan atau hasutan ke hal hal negatif maka secara otomatis ketika ada kata kata yang mengandung hal hal di atas terposting di grup tersebut maka akun pun langsung terkena blokir.

Di sebuah platform ternama biasanya ada filter kata kata atau kalimat untuk konten negatif yang bertentangan dengan isi dari terms of service yang mereka miliki. Jadi dengan begitu jika terdeteksi maka secara otomatis akun yang menulis atau mempublikasikan salah satu kata atau kalimat yang bertentangan tersebut akan langsung terblokir.

Jadi, penting bagi kita untuk memahami apa itu terms of service di setiap layanan baik yang ada di jagat maya maupun jagat non maya.

Demikian thread sederhana ini, kalau sulit di pahami mohon di baca berulang ulang dan kalau lelah nanti tak cendolin emoticon-Big Grin

Terima kasih

0
10.3K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.