Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
Kebijakan Impor Beras Sarat Muatan Politik
Kebijakan Impor Beras Sarat Muatan Politik

Jakarta, Gatra. com 
- Kebijakan impor beras 500 juta kg yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan wajib dipertanyakan. Kebijakan ini terkesan dipaksakan karena waktu datangnya beras ke Indonesia pada Februari mendatang bertepatan dengan masa panen. 


 

 “Sesuai informasi yang didapat dan didukung data yang bisa dipertanggungjawabkan bahwa surplus beras sudah dapat dicapai dan dipertanggungjawabkan. Faktanya, Januari 2018 stok beras masih ada dimana-mana. Bahkan harga baik menjelang Lebaran dan Natal-Tahun Baru juga dapat terkendali,” tegas Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Firman Soebagyo dalam pesan elektronik yang diterima wartawan, Sabtu, (13/1), petang. 

 

Firman kecewa dengan langkah pemerintah ini karena berdampak langsung dengan harga beras yang dijual petani ke pasar. Kebijakan ini, apalagi jelang momen politik Pilkada, juga bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu. 

 

“Sangat janggal. Impor beras harusnya merujuk pada UU Pangan, bilamana produk nasional dan stok nasional tidak tercukupi maka baru diperbolehkan impor. Itu pun harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Pertanian,” terangnya.

 

Kemendag harusnya berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian sebelum melakukan impor beras. Apalagi, selama ini disebutkan stok beras nasional dalam kisaran aman. 

 

“Pernyataan Kementan stok pangan nasional lebih dari cukup. Bahkan dijelaskan bahwa pada Januari dan puncaknya Februari akan terjadi panen raya di wilayah tertentu.Oleh karena itu kebijakan impor yang dilakukan Mendag akan semakin menyengsarakan petani dan tidak sejalan dengan nawacita presiden Joko Widodo,” ujar Firman.

https://www.gatra.com/nusantara/nasi...muatan-politik
0
2.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.