Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bertanding dengan Keterbatasan Penglihatan dalam Olahraga Goalball

davis166Avatar border
TS
davis166
Bertanding dengan Keterbatasan Penglihatan dalam Olahraga Goalball


Meski memiliki keterbatasan, teman-teman tuna netra juga bisa berkarya, salah satunya melalui olahraga Goalball. Goalball adalah sebuah olahraga yang dirancang khusus untuk orang yang memiliki hambatan penglihatan. Olahraga ini mulanya dirancang untuk membantu rehabilitasi para pejuang yang kehilangan penglihatan pada Perang Dunia II. Penggagasnya adalah Austria Hanz Lorenzen dan Jerman Sepp Reindle. Goalball resmi menjadi cabang olahraga di Paralympic (olimpiade untuk difable), di Toronto, Kanada pada 1976.

Cara Bermain Goalball




Olahraga Goalball dimainkan oleh dua tim, yang setiap timnya terdiri dari 3 orang. Setiap pemain harus memakai kacamata Google untuk menutup mata. Lapangan Goalball memiliki luas 18 x 9 meter persegi dengan gawang sepanjang 9 meter dan tinggi 1.3 meter. Yaa kira-kira cuma setengah dari tinggi gawang sepak bola.

Untuk meraih skor, pemain harus memasukkan bola ke gawang lawan dengan cara melemparkan bola. Bola yang digunakan adalah bola karet seukuran bola basket yang di dalamnya terdapat lonceng. Dalam mempertahankan gawangnya, pemain nggak boleh maju melebihi 3 meter dari gawang. Oh, plus nggak boleh berdiri tegak juga, melainkan harus jongkok atau berdiri dengan lututnya. Di sini nih tantangannya.

Dalam permainan ini para pemain hanya mengandalkan indera pendengarannya untuk membaca arah bola. Saat bermain Goalball, pemain dan penonton dilarang bersuara. Kudu sepi banget deh kayak lagi di perpustakaan. Soalnya biar pemain bisa lebih berkonsentrasi sama datangnya arah bola. Lama waktu 1 permainan Goalball cuma 24 menit aja. Ini juga udah terdiri dari 2 babak yang masing-masing berlangsung selama 12 menit. Selama waktu itu, tim yang mencetak skor lebih tinggi adalah pemenangnya! Nah, tapi kalau salah satu tim sudah memimpin sebanyak 10 angka dibandingkan tim yang lain, maka permainan berakhir dengan kemenangan tim yang unggul emoticon-Selamat.

Nih, ane kasih lihat video pertandingannya, Gan.



Pertandingannya seru banget kan? Kalau Agan pengen nonton secara langsung, pas banget nih! Goalball bakal jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Para Games 2018. Kalau Agan ingin menonton dan mendukung atlet Indonesia, nantikan Asian Para Games 2018 aja Gan, soalnya Indonesia jadi tuan rumahnya nih, tepatnya ibu kota kita yang lain dan tak bukan kota Jakarta tercinta.



Yuk Gan kita dukung turnamen keren ini, agar atlet-atlet Indonesia semakin semangat untuk mencetak prestasi, dan mengharumkan nama Indonesia juga. Kalau Agan mau kasih dukungan seperti apa untuk #NyalakanSemangatatlet-atlet Asian Para Games? Silakan komen ya!

#NyalakanSemangat
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh davis166 02-01-2018 04:21
0
10.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.