akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Ada Apa dengan Santiago Bernabeu?

Credit: Wikipedia

Jelang musim 2017-18 bergulir pada Agustus tahun lalu, Real Madrid jelas menjadi salah satu favorit untuk mendapatkan gelar dari semua kompetisi yang mereka ikuti. Modalnya sangat jelas, gelar Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Akan tetapi musim ini ternyata tak berjalan semudah yang dibayangkan bagi tim asuhan Zinedine Zidane. El Real memang berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub untuk kedua kali secara beruntun dan melaju ke fake knock-out Liga Champions. Mereka juga masih tampil di Copa del Rey. Tapi, bagaimana dengan La Liga?


Credit: Talk Sport

Hingga pekan ke-18, Cristiano Ronaldo dkk. masih tertahan di posisi keempat klasemen, meskipun masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan. Real Madrid tertinggal dari Barcelona, Atletico Madrid, dan Valencia yang berada di tiga besar klasemen.

Ada satu hal menarik yang mungkin bisa menjadi alasan di balik kurang apiknya performa dari Real Madrid, yakni Santiago Bernabeu.

Apa yang salah dari stadion berkapasitas 85 ribu lebih penonton tersebut? Memang stadion tak bisa berbuat apa-apa, tapi nyatanya magis dari Santiago Bernabeu seolah berkurang pada musim ini, paling tidak hingga Januari 2018.

Uniknya, Santiago Bernabeu masih cukup menyeramkan bagi lawan-lawan El Real di pentas Liga Champions. Real Madrid berhasil meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang saat menjamu lawan-lawan mereka di kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut, baik musim ini dan musim lalu.


Credit: Tribunnews.com

Tapi hasil tersebut cukup bertolak belakang saat mereka berlaga di La Liga dan Copa del Rey. Seolah lawan-lawan Real Madrid tak lagi ketakutan saat bertanding di depan puluhan ribu Madridista.

Hasil paling nyata terjadi di ajang Copa del Rey. Musim lalu Real Madrid selalu memenangi pertandingan Copa del Rey mereka di Santiago Bernabeu hingga babak 16-besar. Sementara pada musim ini, mereka harus menelan dua hasil imbang. Terlebih lagi lawan yang berhasil menahan mereka adalah tim yang berlaga di luar La Liga. CF Fuenlabrada yang bermain di kasta ketiga sepak bola Spanyol dan Numancia yang berlaga di La Liga 2.

Selanjutnya di La Liga, Real Madrid juga bisa dibilang tak maksimal saat bermain di depan publik mereka sendiri. Dari sembilan pertandingan kandang yang sudah mereka lakukan, memang hasil kemenangan masih lebih banyak ketimbang hasil imbang dan kalah. Rinciannya, lima kemenangan, dua hasil imbang dan dua kekalahan.


Credit: Daily Mirror

Akan tetapi jika dibandingkan dengan apa yang mereka raih pada musim lalu, dengan jumlah pertandingan kandang yang sama, hasilnya jauh lebih baik. Sembilan pertandingan kandang pertama di La Liga, Real Madrid meraih tujuh kali kemenangan dan hanya dua kali imbang, tanpa menelan kekalahan sekalipun. Bahkan, sepanjang satu musim, mereka hanya kalah satu kali saat menjamu lawan di pentas La Liga, yakni pada laga El Clasico.

Musim memang masih setengah jalan, bukan tidak mungkin Santiago Bernabeu akan kembali menemukan keangkeran mereka bagi para tamu. Atau justru semakin bersahabat bagi para lawan El Real.

*****

Rerefensi Tulisan: Marca
Click for another thread
0
15K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.