thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Berbagai Kejadian di Balik Tanggal 11 Januari


Sebelas Januari Bertemu
Menjalani Kisah Cinta Ini
Naluri Berkata Engkaulah Milikku
Bahagia Selalu Dimiliki
Bertahun Menjalani Bersamamu
Kunyatakan bahwa Engkaulah jiwaku


Siapa sih yang nggak tau lagu 11 Januari-nya Gigi? Lagu ini emang punya arti sendiri buat vokalis band Gigi, Armand Maulana untuk istrinya, Dewi Gita. Tapi ternyata selain kisah cinta Armand Maulana dan istrinya, ada beberapa hal yang juga terjadi di tanggal 11 Januari loh GanSist. Apa aja ya kira-kira?

11 Januari 1787


Foto: Pinterest

Uranus, planet ke-7 dari matahari di tata surya kita ini punya 27 bulan/ satelit yang mengorbit. Di tanggal 11 Januari 1787, astronomer William Herschel menemukan 2 bulan Uranus yakni Oberon dan Titania. Tapi, nama kedua bulan Uranus ini diberikan oleh anaknya, John, di tahun 1847 dan 1852.

11 Januari 1942


Foto: NSCnews Online

Tepat hari ini, 76 tahun lalu sekitar 20ribu pasukan Jepang ingin merebut Pulau Tarakan di Kalimantan Timur. Kenapa? Pasukan Jepang ini menguasai Tarakan yang kaya akan ladang minyak dan sedang dikuasai oleh pasukan Belanda. Belanda pun kalah dan Jepang berhasil menguasai Tarakan. Kejadian ini dikenal dengan nama Pertempuran Tarakan.

11 Januari 1942


Foto: Wikipedia

Bukan hanya Pulau Tarakan, Kuala Lumpur di Malaysia juga berhasil direbut oleh pasukan Jepang dari tentara Inggris. Oh iya, waktu itu Kuala Lumpur juga masih jadi ibukota Negara Bagian Selangor, bukan jadi Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan ibukota Malaysia kayak sekarang.

11 Januari 1935


Foto: bbc.co.uk

Pernah denger nama Amelia Earhart? Dia adalah pilot perempuan pertama Amerika Serikat yang berhasil melintasi Samudera Atlantik. Di tanggal 11 Januari 1935, Amelia terbang sendiri atau solo dari Oahu, Hawaii menuju Oakland, California. Dengan ini, dia jadi orang pertama yang terbang sendiri melintasi Hawaii dan benua Amerika.

11 Januari 1972


Foto: sindonews

Di tanggal 16 Desember 1971, tentara Pakistan di Pakistan Timur menandatangani Instrument of Surrender dan negara Bangla Desh (Negara Bengal) didirikan hari berikutnya. Saat itu, hanya beberapa negara yang mengakui secara diplomatik. Negara baru ini akhirnya ganti namanya jadi Bangladesh pada tanggal 11 Januari 1972 dan menjadi negara demokrasi parlementer.

11 Januari 1979


Foto: Wikimedia

Cindailah mana tidak berkias
Jalinnya lalu rentah beribu
Bagailah mana hendak berhias
Cerminku retak seribu


Penyanyi lagu Cindai, Siti Nurhaliza berulang tahun hari ini Gan. Penyanyi asal Negeri Jiran ini ternyata udah berusia 39 tahun hari ini. Kabarnya sekarang Siti Nurhaliza lagi hamil, wah semoga sehat terus ya ibu dan calon bayinya.

11 Januari 1987


Foto: Allkpop

Salah satu aktor dan model dari Korea Selatan Kim Young-kwang juga berulang tahun ke 31 hari ini. Bukan cuma terkenal di Korea, Kim juga pernah mondar mandir di runaway desainer kelas internasional, sebut aja Alexander McQueen, Vivienne Westwood dan bahkan jadi model Asia pertama yang jadi bagian shownya Dior Homme. Drama yang dia perankan juga banyak loh, mulai dari Pinocchio sampai Lookout. Saengil chukha-hamnida, Kim!

Ternyata ada banyak hal yang terjadi di tanggal 11 Januari ya GanSist. Agan di sini ada nggak yang ulang tahun hari ini?

emoticon-Selamat

Sumur
Diubah oleh thatwasfun 11-01-2018 07:20
0
16.1K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.