Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fundingofficerAvatar border
TS
fundingofficer
Perjalan Karir Funding Officer (FO) Bank BRI
Halo Agan/Sista SELINDO

Sebelum memulai topiknya, izinkan ane membuka thread ini karena sebelumnya ane sudah cek thread sejenis di kaskus dan ini belum pernah dibahas untuk karir funding officer khususnya di Bank BRI.

Sedikit informasi, tentang posisi Funding Officer dan Account Officer di BRI itu berbeda, di mana Funding = penghimpun dana, Account Officer/Leading = menyalur pinjaman/kredit. Jd bisa dikatakan, bahwa dana yg tadi sudah dicari/dikumpulkan funding, akan di kelola oleh leading dalam bentuk pinjaman dll.

Perkenalkan ane sudah 6 bulan bergabung menjadi funding officer dikota ane, posisi penempatan ane di kantor cabang, di bawahi langsung oleh pimpinan cabang (di kota ane ga ada AMP/MP) dan ane juga punya satu rekan kerja dibawah ane yaitu SP (Sales Person).

Jobs Dest Funding Officer BRI dikota ane mungkin berbeda dengan jobs desk Funding Officer BRI di kota2 lain, tergantung seberapa banyak Funding officer/sales person/Manager Pemasaran dikota tersebut. Semakin lengkap bagian2 yg ada, semakin dipermudah pekerjaan funding officer tadi.

Berikut Pekerjaan Funding Officer BRI dikota ane:

1. Akuisis : membuat/menyusun program pemasaran produk BRI, disini kita di tuntut sekreatif mungkin mencari ide supaya program tersebut bisa mendatangkan massa dan mendatangkan fee base income buat BRI.

Contoh akusisi: kita diberikan anggaran sekian dari kantor pusat, anggaran tadi kita kelola untuk membeli souvenir, spanduk, baliho, dan biaya lain2 yg dikeluarkan untuk membuat suatu program. Setiap anggaran itu harus pas perhitunggannya dan setiap program ada target jumlah produk yg harus terjual (untuk menutupi anggaran tadi).

2. Retensi : sama seperti di atas, kita di beri anggaran dana untuk membuat program, tapi bedanya pada retensi ini, FO ditugaskan untuk meningkatkan jumlah dana yang tersimpan di cabang dengan program retensi.

Contoh: FO diminta unk mengumpulkan nasabah yg sudah memiliki tabungan di BRI minimal 10jt-500jt, lalu FO diminta untuk membuat program sesuai anggaran yg ada. Setiap nasabah yang awalnya punya saldo 10jt, Akan di ikutkan retensi dan mendapatkan hadiah langsung sesuai dengan jumlah top up dana. Ex. Nasabah A tabungan awal 10jt, ikutan retensi dengan top up tabungan menjadi 100jt dan di blokir selama minimal 3 bln serta mendapatkan hadiah langsung yg ditentukan oleh bank

3. Loyalti. Ini berbeda dengan akuisisi dan retensi, loyalti adalah bagaimana supaya nasabah yg sudah ada tadi akan tetap loyal terhadap BRI. Ada anggarannya juga untuk membuat program

Contoh:
1. Nasabah berulang tahun diberikan hadiah/kue ulang tahun
2. Nasabah ada hajatan/berduka dikirim karangan bunga
3. Memberikan gift/souvenir

Sifat loyalti ini mempertahankan yang sudah ada tanpa mewajibkan untuk penambahan dana di rekening nya. Dan bertujuan supaya hubungan antar FO dan nasabah menjadi semakin dekat/kekeluargaan.

Itu di atas adalah tugas pokok Funding officer di BRI. Nah tugas lainnya masih ada selain dari tugas pokok, sama2 wajib harus dilaksanakan.

4. Harus bisa Jual semua produk BRI tanpa terkecuali (EDC, KARTU KREDIT, MOCASH, TABUNGAN, DEPOSITO, GIRO, DLL)

5. dari produk yg sudah terjual tadi, fo wajib me-maintenen perkembangannya.

Contoh: berhasil memasarkan mesin EDC, mocash, mobile banking, kartu kredit, maka harus di cek minimal 1 minggu 1x transaksi2 yg sudah dilakukan, jika dari produk di atas transaksi blm ada digunakan sama nasabah,fo wajib follow up nasabahnya supaya bisa menggunakan fasilitas yg telah diberikan bri. Fo melakukan kunjungan ke lapangan untuk memantau EDC yg ga kepake lebih dari 30 hari.

6. Follow up nasabah besar giro/deposito, jika satu hari itu ada deposito yg jatuh tempo atau penarikkan giro dalam jumlah besar, maka fo harus turun lapangan sebagai yang terdepan meminta orang tersebut "membatalkan" penarikan, sebisa mungkin minta diperpanjang bahkan ditambah nominalnya saldonya. Disini posisi fo sangat rentan, harus bisa negosiasi suku bunga deposito/memberi ining2 hadiah dll. Kalau terpaksa keluar juga ya siap2 pimpinan bakal ngomel2 (jawaban ya mau gmana lagi pak, uang2 mereka, dan mereka lg butuh uangnya juga)

7. LAPORAN. nah itu tugas paling berat FO, laporan. Selesai menjalankan semua program2 di atas, buat laporan pembukuan dana2 yg dipake, kwitansi2 pembelian sampai sisa anggaran harus lengkap, di BRI, kehilangan 1 Rupiah pasti ketahuan. Jadi disini FO di minta membuat semua laporan sendiri dng terperinci

Semua jobs desk diatas jika fo nya kewalahan bisa minta bantuan sama SP (sales person). Tetapi tidak semua bisa dibantu sama SP, karena SP punya target tersendiri yang harus dikejar. Jadi jika SP sibuk maka FO yg turun lapangan mengerjakan semuanya.

Sedikit jobs desk FO yang dapat saya jabarkan. Perlu diketahui bahwa jobs desk di atas bisa berbeda2 antara FO cabang lain. Semua tergantung kondisi dilapangan dan kebijakkan pimpinan anda.

- Funding Officer BRI Kantor Cabang

- Target 15M/Tahun. Jika tercapai jadi
pegawai tetap ak organik. Jika tidak di cut.

- Gaji 4jt (3.9jtaan)

- Fasilitas yang diberikan Motor dan uang minyak dan ada beberapa cabang bri lain yg di fasilitasi mobil. Itu tergantung dng potensi dana di daerah masing2. Dan ada beberapa cabang yang tidak mendapatkan fasilitas apapun.

- Jam kerja mulai 7.15Am - SELESAI (biasa diatas jam 8/9 mlm) *tergantung lokasi masing2 dan kebijakan pimpinan cabang. Penempatan di Cabang tidak mengenal awal bulan dan akhir bulan, semua hari2 terasa akhir bulan.

-Siap lahir batih. Jadi marketing di bank bri harus bisa bekerja dibawah tekanan. Sebab marketing funding adalah tombak utama di BRI. Posisi ini yang berbicara ANGKA, jika anda cakep, wangi, bersih, jika angka2 anda tidak ada sama aja bohong, ga ada yabg bisa membela anda, anda harus siap di tekan. Tanpa ada toleransi dari atasan (tergantung atasan anda sifatnya lembut, keras atau lainnya)

Sekian yang dapat ane share di mari, kenapa ane pengen share dimari karena selama ini yang ane dapatkan info belum ada pembahasan khusus tentang funding officer di bri secara rinci.

Bagi teman2 yang pengen masuk sebagai funding bri, maka pikir2 lah dahulu, jika anda tidak memiliki jiwa tantangan, kesabaran tinggi dan semangat kerja yang lebih besar. Mending teman2 memilih pekerjaan lain. Karena di bri, jika teman2 berani coba2 maka yang rugi nanti teman2 juga. Ruginya apa? Ijazah di tahan selama kontrak, resign/keluar semasa kontrak masih ada, denda 25jt plus ditambah gaji X sisa kontrak (totalin dah).

Karir FO BRI itu sangat kecil kemungkinan kita bisa naik lebih tinggi, kenapa? Karena jika kita menjadi FO BRI organik berarti kita dinilai sudah lulus melewati tahapan/tantangan dari serangkaian jobs desk yg diberikan selama ini, termasuk target tercapai. Jadi bagi BRI, kita adalah aset besar, jika kita dipindahkan kebagian lain, belum tentu nanti penganti kita seterusnya bakal berprestasi seperti kita (minimal mempertahankan dana2 yg ada di kanca).

Biasanya karir FO mentok di MP (Manager Penasaran). MP ini bertugas hampir sama dengan FO, cuma MP ini membawahi langsung beberapa FO dibawahnya.

Begini formasi jabatan sesungguhnya di BRI yang mempunyai potensi besar di wilayahnys (formasi ini bisa berbeda/beberapa di kurangi juga, sama seperti ditempat ane)

PIMPINAN CABANG > Manager Pemasaran > Funding Officer > Sales Person

Jika ada pertanyaan seputar funding officer di bri silahkan komentar dibagian bawah. Sebisa mungkin ane membantu jawab.
Diubah oleh fundingofficer 04-11-2015 16:23
rusdi925
rusdi925 memberi reputasi
1
83.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.