Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zeropromosiAvatar border
TS
zeropromosi
Begini Caranya Bikin Nasi yang Enak
Nasi buat orang Indonesia adalah makanan pokok yang pasti disantap tiap hari. Oleh karena itu, penting juga memperhatikan cara-cara bikin nasi yang enak, dari hal yang paling kecil sampai besar ini:

1. Beras Baru

Ketika membeli, usahakan memilih beras yang masih baru. Beras yang masih baru memiliki karbohidrat yang masih tinggi serta masih menahan jenis vitamin yang belum terkontaminasi. Beras baru umumnya berwarna putih, baunya harum khas beras, dan masih utuh panjang.

2 Kenali Jenis Beras

Secara garis besar jenis beras bisa dibedakan menjadi beras pulen, sedang, dan pera. Jenis yang pulen bisa dikenali dari hasil nasi yang lebih empuk, agak lengket dan cenderung basah, serta gurih. Sebaliknya jenis yang pera bisa dipastikan lebih keras dan rasanya hambar. Biasanya nasi pulen bisa didapat dengan harga per liter di atas 9000-an.

3 Perhatikan Takaran Air

Takaran air untuk membuat beras berbeda-beda. Takaran standar air yang normal adalah dua kali tinggi nasi yang umumnya bisa diukur melalui panjang telunjuk tangan. Hanya saja, untuk yang pulen sebaiknya takaran air sedikit dikurangi, sedangkan yang pera justru ditambah. Karena beras pulen lebih cepat menyerap air dibanding pera.

4 Nasi yang Gurih

Untuk memberikan sedikit rasa pada nasi bisa dilakukan dengan sedikit memberikan garam ketika nasi dimasak. Maksudnya untuk menambah selera ketika sedang makan dan bau yang dihasilkan pun bisa lebih harum. Bukan haya itu, nasi juga bisa ditambah berbagai macam isian seperti jenis nasi liwet dari Sunda.

5 Nasi Wangi dan Pulen

Jika ingin menghasilkan jenis nasi yang wangi, bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa lembar daun salam atau daun pandan pada saat memasak nasi. Untuk membuatnya pulen (untuk jenis nasi sedang dan pera) bisa dilakukan dengan mencampur bubuk agar-agar putih melalui perbandingan 2:1.

6 Nasi Tahan Lama

Membuat nasi enak tetap tahan lama bisa dilakukan dengan cara membiarkan uap nasi mengering terlebih dulu, lalu menutupnya dengan serbet bersih baru setelahnya ditutup.

:terimakasih
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.6K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.